BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Statistik Antonio Rudiger, Pantaskah Disebut Bek Tengah Terbaik di Premier League Musim Ini?

22-09-2021 13:35 | Ari Prayoga

Pemain Chelsea Antonio Rudiger. (c) AP Photo
Pemain Chelsea Antonio Rudiger. (c) AP Photo

Bola.net - Rio Ferdinand meyakini bahwa bek Chelsea, Antonio Rudiger merupakan pemain belakang terbaik di Premier League musim 2021/22 ini? Apakah memang benar demikian faktanya?

Musim ini Rudiger selalu dimainkan oleh Thomas Tuchel dalam tujuh laga yang sudah dilakoni Chelsea, termasuk di partai Piala Super Eropa melawan Villarreal Agustus lalu.

Rudiger memang ikut berandil besar dalam gemilangnya performa Chelsea awal musim ini, termasuk ketika ia menyumbang satu gol dalam kemenangan atas Tottenham akhir pekan kemarin.

1 dari 3 halaman

Klaim Rio Ferdinand

Baru-baru ini, Ferdinand lewat kanal YouTube miliknya mengklaim bahwa Rudiger adalah bek tengah terbaik di Premier League musim ini yang sudah berjalan lima pekan.

“Sejak Tuchel datang, saya pikir dia bisa dibilang sebagai bek tengah terbaik. Saya pikir dia dan [Ruben] Dias akan sangat dekat tetapi efek yang dia berikan pada timnya sangat besar," ujar Ferdinand.

“Di bawah Frank [Lampard], terbukti dia bukan menjadi pilihan utama. Dia tidak terlalu menyukainya. Ada desas-desus bahwa mereka mencoba memasukkannya ke pasar untuk dijual,"

"Di Jerman, dia selalu sangat diperhatikan. Tetapi ketika manajer tidak menilai Anda dan Anda bisa merasakannya, saya tidak peduli siapa Anda, kepercayaan diri Anda akan hancur dan sulit untuk tampil."

2 dari 3 halaman

Statistik Antonio Rudiger

Klaim Ferdinand tersebut bisa jadi tidak berdasar jika melihat pada statistik yang ditunjukkan Rudiger di Premier League musim ini, seperti dikutip The Sun.

Rudiger tercatat 'hanya' melakukan tekel sukses sebanyak lima kali, 13 lebih sedikit dari yang dilakukan rekan Rudiger sekaligus kapten Chelsea, Cesar Azpiliueta.

Selain itu, Rudiger juga tercatat 'hanya' sembilan kali memenangi duel udara, berbanding jauh dari 27 kali yang dicatatkan pemain Brighton, Shane Duffy.

3 dari 3 halaman

Catatan Inferior Rudiger

Statistik lainnya menunjukkan bahwa Duffy mencatatkan clearence sebanyak 29 kali dan clearence menggunakan kepala 23 kali, jauh lebih baik dari catatan Rudiger yang 'hanya' 16 dan delapan.

Rudiger tercatat cuma sekali melakukan blok di Premier League, enam lebih sedikit dari rekannya, Thiago Silva dan bek Manchester City, Ruben Dias.

Dari sisi intersep, Rudiger 'cuma' melakukan tiga kali, jauh dari Michael Keane yang tercatat sudah 16 kali melakukan intersep.

Sumber: The Sun

KOMENTAR