BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Serdadu Terbaik Jose Mourinho: Trio Ronaldo, Ozil, dan Drogba di Lini Depan

04-06-2020 11:12 | Asad Arifin

Jose Mourinho. (c) AP Jose Mourinho. (c) AP

Bola.net - Jose Mourinho punya karir panjang sebagai manajer. Dia pernah melatih Porto hingga kini di Tottenham. Ada banyak pemain yang pernah dilatih, dari Ricardo Carvalho hingga Cristiano Ronaldo.

Jose Mourinho kini menjadi nakhoda Tottenham Hotspur. The Spesial One menggantikan Mauricio Pochettino yang didepak manajemen The Lilywhites.

Pelatih asal Portugal itu diikat kontrak oleh The Lilywhite hingga musim 2022-2023. Satu di antara alasan penunjukkan Jose Mourinho ialah karena prestasinya sebagai pelatih.

Hampir semua tim yang ditangani Mourinho selalu meraih gelar juara. Jose Mourinho total sudah memenangkan 25 trofi selama berkarier di dunia kepelatihan.

Bahkan, dia pernah membawa Inter Milan meraih treble winner pada 2010. Selain Inter Milan, klub-klub seperti FC Porto, Real Madrid, Chelsea, hingga Manchester United pernah merasakan juara bersama Jose Mourinho.

Namun, kesuksesan manajer asal Portugal itu tak lepas dari kualitas pemain yang dimilikinya. Mourinho selalu mempunyai pemain andalan di skuatnya.

Hampir di setiap posisi, Jose Mourinho mempunyai pemain andalan. Siapa saja mereka?

Berikut ini Bola.com merangkum dari Sportbible, 11 pesepak bola yang paling sering dimainkan Jose Mourinho, mulai dari posisi kiper, bek, gelandang, hingga penyerang.

1 dari 4 halaman

Kiper

Petr Cech ketika di Chelsea (c) Bola.net Petr Cech ketika di Chelsea (c) Bola.net

Kiper yang paling sering dimainkan Mourinho sepanjang berkarier sebagai pelatih adalah Petr Cech. Pemain asal Republik Ceska itu bermain sebanyak 195 penampilan saat dilatih Mourinho.

Bahkan, Cech masih memegang rekor clean sheet terbanyak di Premier League, yakni 161 kali.

2 dari 4 halaman

Bek

Ricardo Carvalho (c) AFP Ricardo Carvalho (c) AFP

Jose Mourinho terkenal sering memakai empat bek dalam formasinya. Selama jadi pelatih, bek kanan yang sering dimainkan Mourinho ialah Paulo Fereira, baik saat menukangi Porto atau Chelsea, yakni sebanyak 175 penampilan.

Kemudian untuk full back kiri, pemain yang paling sering mendapatkan kepercayaan ialah Marcelo dengan catatan 113 penampilan. Bek asal Brasil itu sering menjadi andalan di sektor kiri saat Mourinho jadi pelatih Real Madrid.

Sementara itu, dua bek tengah, Jose Mourinho lebih sering memercayakan John Terry dan Ricardo Carvalho. Bersama Mourinho, Terry diturunkan sebanyak 266 kali.

Di sisi lain, Carvalho memiliki catatan yang hampir sama, yakni sebanyak 256 kali. Carvalho selalu menjadi andalan Mourinho di tiga klub berbeda, yakni Porto, Chelsea, dan Real Madrid.

3 dari 4 halaman

Gelandang

Frank Lampard dan Jose Mourinho. (c) IST Frank Lampard dan Jose Mourinho. (c) IST

Untuk sektor tengah, ada tiga pemain yang sering menjadi andalan Jose Mourinho. Ketiga pemain tersebut ialah Frank Lampard, Xabi Alonso, dan Nemanja Matic.

Saat Mourinho menukangi Chelsea, Lampard diberikan kesempatan bermain sebanyak 215 kali, Xabi Alonso mencatatkan 151 penampilan saat Jose Mourinho menjadi juru taktik Real Madrid.

Dari starting XI pemain dengan penampilan terbanyak, hanya Nemanja Matic yang berasal dari Manchester United. Pemain asal Serbia itu tercatat tampil sebanyak 159 kali.

Selain ketiga pemain tersebut, pemain lini tengah lain yang juga sering dimainkan ialah Michael Essien, Claude Makalele, dan Mesut Ozil.

4 dari 4 halaman

Penyerang

Didier Drogba (c) Bola.net Didier Drogba (c) Bola.net

Ada tiga pemain yang kerap medapatkan kepercayaan Jose Mourinho di lini depan. Ketiga pemain itu adalah Angel Di Maria, Didier Drogba, dan Cristiano Ronaldo.

Di Maria selalu menjadi andalan Mourinho saat keduanya berada di Real Madrid. Pemain asal Argentina itu dimainkan sebanyak 137 kali oleh Mourinho.

Kemudian untuk Didier Droga bisa dibilang menjadi satu di antara predator terbaik Jose Mourinho di lini depan. Pemain asal Pantai Gading itu mencatatkan 186 penampilan saat Jose Mourinho menukangi Chelsea.

Selama Mourinho bekerjasama dengan Drogba, kedua orang tersebut sukses mempersembahkan tiga gelar Premier League.

Pemain depan terakhir ialah Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 34 tahun itu tampil sebanyak 164 kali di bawah asuhan Jose Mourinho.

Jose Mourinho dan Cristiano Ronaldo saling bahu-membahu saat keduanya membela klub asal Spanyol, Real Madrid.

Sumber: Sportbible

Disadur dari Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Aning Jati - 4/6/2020)

KOMENTAR