BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Pemain Muslim di Premier League, Penuh Nama-Nama Bintang!

13-04-2021 08:55 | Ari Prayoga

Mohamed Salah melakukan sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Everton di pekan kelima Premier League 2020/2021, Sabtu (17/10/2020) (c) AP Photo Mohamed Salah melakukan sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Everton di pekan kelima Premier League 2020/2021, Sabtu (17/10/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Hampir seluruh kompetisi sepak bola di Eropa memiliki bintang-bintang yang memeluk Islam, tak terkecuali Premier League yang merupakan liga paling terkenal di dunia.

Hampir semua tim papan atas Premier League memiliki lebih dari satu pemain Muslim. Tak jarang pula, mereka adalah pemain andalan di klubnya masing-masing.

Selama satu bulan ke depan dimulai hari ini, para bintang Muslim di Premier League dan liga-liga lainnya bakal mendapat ujian lebih berat karena harus menjalani ibadah puasa di tengah kompetisi.

Dengan formasi 4-3-3, berikut Bola.net sajikan starting eleven pemain Muslim dari Premier League yang bakal cukup tangguh untuk diadu dengan tim lain.

1 dari 12 halaman

Kiper: Edouard Mendy (Chelsea)

Kiper Chelsea, Edouard Mendy (c) AP Photo Kiper Chelsea, Edouard Mendy (c) AP Photo

Chelsea sering dibuat galau oleh performa penjaga gawang mereka, termasuk oleh Kepa Arrizabalaga yang direkrut dari Bilbao dengan nilai 80 juta euro, membuatnya menjadi kiper termahal dunia.

Awal musim ini, Chelsea pun merekrut kiper baru dalam diri Edouard Mendy, yang digaet dari Rennes dengan biaya kurang lebih 22 juta poundsterling.

Secara luar biasa Mendy langsung menunjukkan performa cukup impresif di bawah mistar. Kiper asal Senegal itu mencatatkan 14 kali clean sheet dalam 26 laga.

2 dari 12 halaman

Bek Kanan: Serge Aurier (Tottenham)

Serge Aurier merayakan golnya ke gawang Manchester United pada pekan keempat Premier League 2020/2021 di Old Trafford (c) AP Photo Serge Aurier merayakan golnya ke gawang Manchester United pada pekan keempat Premier League 2020/2021 di Old Trafford (c) AP Photo

Serge Aurier direkrut Tottenham dari PSG pada 2017 lalu. Pada era Mauricio Pochettino, Serge Aurier hanya pemain pelapis di posisi bek kanan dan sempat berniat hengkang.

Peruntungan Aurier mulai berubah sejak kedatangan Jose Mourinho. Musim ini bek asal Pantai Gading itu tercatat bermain sebanyak 20 kali di semua kompetisi dengan menyumbang dua gol dan satu assist.

3 dari 12 halaman

Bek Tengah: Ozak Kabak (Liverpool)

Ozan Kabak (c) Pool AFP via AP Photo Ozan Kabak (c) Pool AFP via AP Photo

Badai cedera yang menyerang lini belakang Liverpool memaksa mereka untuk merekrut bek baru pada Januari lalu. Dua bek tengah pun didatangkan, salah satunya adalah Ozak Kabak.

Kabak pun langsung menjadi starter reguler pilihan Jurgen Klopp di jantung pertahanan Liverpool. Sejauh ini pemain asal Turki tersebut menunjukkan performa yang cukup apik bersama The Reds.

4 dari 12 halaman

Bek Tengah: Kurt Zouma (Chelsea)

Kurt Zouma (c) AP Photo Kurt Zouma (c) AP Photo

Zouma sudah direkrut Chelsea sejak 2014 silam. Namun, ia tak selalu menjadi bagian dari skuad utama The Blues dan sempat dipinjamkan ke Stoke City serta Everton.

Zouma menjadi bagian penting dari tangguhnya lini belakang Chelsea musim ini. Tak hanya itu, Zouma juga tampil cukup tajam dengan sejauh ini sudah mencetak lima gol di Premier League.

5 dari 12 halaman

Bek Kiri: Benjamin Mendy (Manchester City)

Benjamin Mendy (c) Manchester City Benjamin Mendy (c) Manchester City

Sejak direkrut dari AS Monaco pada 2017 silam, Benjamin Mendy sejatinya langsung menjadi pilihan utama di sektor bek kiri Manchester City. Namun, cedera membuatnya kerap harus menepi dari lapangan hijau.

Musim ini Mendy tercatat baru bermain sebanyak 16 kali di semua kompetisi, dengan menyumbang dua gol bagi Manchester City.

6 dari 12 halaman

Gelandang: Paul Pogba (Manchester United)

Duel Serge Aurier vs Paul Pogba dalam laga Tottenham vs Manchester United, Minggu (11/4/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo Duel Serge Aurier vs Paul Pogba dalam laga Tottenham vs Manchester United, Minggu (11/4/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo

Sejak kembali ke Manchester United pada 2016 lalu, Paul Pogba mengalami pasang surut performa. Tak cuma itu, kesetiannya untuk United juga kerap dipertanyakan.

Musim ini performa terbaik Pogba sepertinya sudah kembali. Meski sempat beberapa kali terganggu cedera, akan tetapi pemain asal Prancis itu selalu memberikan kontribusi maksimal ketika dipercaya turun.

7 dari 12 halaman

Gelandang: N'Golo Kante (Chelsea)

(c) AP Photo (c) AP Photo

N'Golo Kante bisa dibilang nyawa di lini tengah Chelsea. Meski beberapa kali sempat ditepikan oleh pelatih, tetapi pemain 30 tahun itu selalu tampil penuh totalitas ketika bermain.

Keberadaan Kante membuat manajer Chelsea, Thomas Tuchel merasa sangat gembira sejak awal kedatangannya di Stamford Bridge.

8 dari 12 halaman

Gelandang: Ilkay Gundogan (Manchester City)

Ilkay Gundogan merayakan golnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-24 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo Ilkay Gundogan merayakan golnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-24 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo

Musim ini bisa dibilang menjadi musim terbaik Ilkay Gundogan bersama Manchester City. Bagaimana tidak, gelandang asal Jerman itu tercatat sudah mencetak 16 gol bagi The Citizens.

Manajer City, Pep Guardiola kerap memberikan pujian kepada Gundogan. Ia menyebut gelandang 30 tahun itu sebagai salah satu pemain paling cerdas yang pernah ia latih di sepanjang kariernya.

9 dari 12 halaman

Penyerang Kanan: Riyad Mahrez (Manchester City)

Riyad Mahrez usai mencetak gol ke gawang Burnley pada pekan ke-10 Premier League (c) AP Photo Riyad Mahrez usai mencetak gol ke gawang Burnley pada pekan ke-10 Premier League (c) AP Photo

Setelah membawa Leicester City menjadi juara Premier League, Riyad Mahrez kemudian hengkang ke Manchester City dan meneruskan sinarnya di sepak bola Inggris.

Meski harus berbagi kesempatan bermain dengan penyerang sayap City lainnya, akan tetapi Mahrez selalu menunjukkan penampilan maksimal ketika dipercaya turun.

10 dari 12 halaman

Penyerang Tengah: Mohamed Salah (Liverpool)

Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pekan ke-32 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pekan ke-32 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo

Salah bergabung dengan Liverpool sejak musim panas 2017 silam ketika direkrut dari AS Roma dengan biaya transfer total mencapai 43 juta poundsterling.

Angka tersebut terbukti jauh lebih murah dari kontribusi yang sudah diberikan Salah kepada Liverpool, termasuk raihan trofi juara Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, hingga Premier League.

Dari 195 penampilan yang sudah ditorehkan Salah bersama Liverpool di semua kompetisi, pemain asal Mesir itu tercatat sudah mempersembahkan 122 gol.

11 dari 12 halaman

Penyerang Kiri: Sadio Mane (Liverpool)

Sadio Mane beraksi di laga Liverpool vs West Brom, Minggu (27/12/2020) malam WIB. (c) Pool PA via AP Photo Sadio Mane beraksi di laga Liverpool vs West Brom, Minggu (27/12/2020) malam WIB. (c) Pool PA via AP Photo

Usai memperkuat Salzburg, Mane hengkang menuju Southampton pada 2014 silam sebelum dua tahun berselang menerima pinangan Liverpool.

Performa gemilang ditunjukkan Mane sepanjang membela Liverpool, termasuk dengan meraih gelar top skorer Premier League musim 2018-19 lalu.

12 dari 12 halaman

Cadangan

Antonio Rudiger (Chelsea)
Caglar Soyuncu (Leicester)
Naby Keita (Liverpool)
Mohamed Elneny (Arsenal)
Adama Traore (Wolverhampton)
Xherdan Shaqiri (Liverpool)
Hakim Ziyech (Chelsea)

KOMENTAR