BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Pemain Muda Eropa Terbaik Musim Ini: Ada Marcus Rashford

31-03-2020 10:09 | Aga Deta

Striker Manchester United Marcus Rashford setelah mencetak gol ke gawang Newcastle. (c) AP Photo Striker Manchester United Marcus Rashford setelah mencetak gol ke gawang Newcastle. (c) AP Photo

Bola.net - Sebagian besar kompetisi sepak bola di Eropa harus berhenti akibat pandemi virus corona. Sebelum dihentikan, ada beberapa pemain muda, usia 22 tahun ke bawah, yang mampu mencuri perhatian berkat penampilannya.

Dua pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho dan Erling Braut Haaland, bisa dikatakan yang paling menyedot perhatian publik. Khusus Haaland, penampilannya sudah mengundang decak kagum sejak awal musim bersama RB Salzburg.

Bersama Salzburg, Haaland mampu mengemas 29 gol dari 27 penampilan. Kemudian pada awal paruh musim kedua, Haaland memilih hijrah ke klub Bundesliga, Borussia Dortmund.

Meski berganti klub, Haaland tetap mampu tampil mengesankan. Bersama Die Borussien, pemain asal Norwegia itu sudah menyumbang 12 gol dari delapan pertandingan.

Di usianya yang baru 19 tahun, catatan tersebut tentunya sangat bagus. Bahkan, performa apik tersebut menjadikan Haaland sebagai pemain kelahiran 2000 termahal kedua versi CIES Football Observatory.

Erling Haaland tercatat memiliki harga 101 juta euro atau setara Rp1,7 triliun. Banderol tersebut dianggap sangat tinggi untuk level pemain muda.

Sementara, rekan satu timnya di Borussia Dortmund, Jadon Sancho, menjadi yang termahal pertama dengan harga 198,5 juta euro.

Secara statistik musim ini, kedua pemain bisa dikatakan sangat impresif. Kendati demikian, masih banyak pemain remaja lainnya yang tidak kalah mengesankan dari Jadon Sancho dan Erling Haaland.

Mereka bisa dikumpulkan membentuk skuat yang sangat menakutkan. Berikut ini starting XI pemain U-21 berdasarkan statistik WhoScored seperti dilansir dari Planet Football.

Hanya, ada catatan kecil. Planet Football memilih Predrag Rajkovic yang kini sudah berusia 24 tahun. Kiper Stade de Reims itu jadi satu-satunya pemain di luar usia 22 tahun ke bawah, yang masuk daftar. Sebuah pengecualian.

1 dari 3 halaman

Starting XI Pemain U21 Berdasarkan Statistik

Kiper

Predrag Rajkovic (24 tahun) - 7.0

Kiper Stade de Reims, Predrag Rajkovic, berhasil meraih 12 clean sheet dalam 27 penampilan di Ligue 1 2019-2020. Rajkovic hanya kebobolan 18 gol sepanjang musim ini

Belakang

Achraf Hakimi (21) - 7.3

Achraf Hakimi, pemain Real Madrid yang dipinjamkan ke Borussia Dortmund musim ini. Bermain di posisi bek kanan, Achraf Hakimi turut andil dalam 13 gol Die Borussien dengan perincian tiga gol dan 10 assist.

Dan-Axel Zagadao (20) - 7.1

Perlahan, Dan-Axel Zagadao mampu menunjukkan penampilan apiknya sehingga kerap menjadi pilihan utama Borussia Dortmund. Dalam 13 penampilan di Bundesliga, Zagadao turut membantu menjaga gawang Die Borussien clean sheet sebanyak tujuh kali.

Dayot Upamecano (21) - 7.2

Dayot Upamecano turut membantu RB Leipzig dalam perburuan gelar Bundesliga musim ini. Performa apiknya menjadikan Upamecano sebagai satu di antara bek tengah paling dicari saat ini.

Alphonso Davies (19) - 7.5

Bayern Munchen kerap memasang Alphonso Davies sebagai bek kiri. Padahal, sisi kiri pertahanan bukanlah posisi aslinya. Kendati demikian, Alphonso Davies tetap tampil mengesankan sebagai bek kiri.

2 dari 3 halaman

Tengah

Jadon Sancho (20) - 7.9

Jadon Sancho tampil mengesankan bersama Borussia Dortmund musim ini. Hal itu dibuktikan dengan torehan 17 gol dan 19 assistnya.

Melihat fakta tersebut, wajar tentunya jika Sancho banyak diincar klub-klub besar Eropa.

Martin Odegaard (21) - 7.2

Berstatus pemain pinjaman dari Real Madrid, Martin Odegaard mampu tampil impresif musim ini bersama Real Sociedad. Dari 28 penampilan, Odegaard mampu mengemas 7 gol dan 8 assist.

Christopher Nkunku (22) - 7.5

Mungkin publik sepak bola dunia tak begitu familier dengan Christopher Nkunku. Padahal, musim ini gelandang berusia 22 tahun itu tampil oke bersama RB Leipzig.

Peran Nkunku dalam tim RB Leipzig bisa dikatakan cukup krusial. Ia mampu mengukir 14 assist dengan lima di antaranya mengarah tepat ke Timo Werner.

3 dari 3 halaman

Depan

Marcus Rashford (22) 7.3

Marcus Rashford menjadi satu-satunya pemain dalam starting XI ini yang berasal dari Premier League. Bersama Manchester United musim ini, Rashford sudah mengukir 14 gol dan empat assist.

Kylian Mbappe (21) 8.1

Meski masih muda, kapasitas Kylian Mbappe tentunya tidak perlu diragukan lagi. Musim ini, pemain asal Prancis itu sudah menyumbang 18 gol dan tujuh assist dari 20 penampilan bersama Paris-Saint Germain.

Erling Haaland (19) - 7.7

Erling Haaland tampil menggila musim ini. Hingga kini, Erling Haaland sudah mengoleksi 40 dari 30 pertandingan bersama dua klub berbeda, yakni RB Salzburg dan Borussia Dortmund.

Sumber: Planet Football
Disadur dari: Bola.com/Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Aning Jati
Published: 30 Maret 2020

KOMENTAR