Starting XI Pemain Liverpool Usia di Bawah 23 Tahun: Bisa Bersaing dengan Manchester United?

Ari Prayoga | 29 Juni 2022, 16:09
Darwin Nunez. (c) Liverpool FC Official Twitter
Darwin Nunez. (c) Liverpool FC Official Twitter

Bola.net - Semakin menuanya bintang seperti Virgil van Dijk hingga Mohamed Salah mau tak mau membuat Liverpool mendatangkan sederet bintang muda ke Anfield.

Musim panas 2022 ini, Liverpool memboyong Darwin Nunez yang baru berusia 22 tahun dari Benfica. Tak tanggung-tanggung, The Reds menggelontorkan dana super besar untuk merekrut sang bomber.

Liverpool mengamankan tanda tangan Nunez dengan biaya awal senilai 75 juta euro. Biaya tambahan dengan syarat bisa membuat biaya transfer total mencapai 100 juta euro.

Nunez bukan satu-satunya pemain muda yang diboyong Jurgen Klopp pada musim panas ini. Dua nama lainnya adalah gelandang serang Fabio Carvalho dan bek kanan Calvin Ramsay.

Para daun muda ini pun bisa disatukan dalam sebuah tim hebat yang tentu saja memiliki kapabilitas untuk bersaing dengan tim-tim top lain, termasuk Manchester United.

Menukil Planet Football, berikut starting eleven Liverpool dengan materi pemain U-23 selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Kiper

Caoimhin Kelleher membawa Liverpool juara Carabao Cup 2021-22 (c) AP Photo

Caoimhin Kelleher membawa Liverpool juara Carabao Cup 2021-22 (c) AP Photo

Caoimhin Kelleher

Secara perlahan Caoimhin Kelleher berhasil naik tingkat menjadi kiper pilihan kedua Jurgen Klopp menggeser Adrian.

Februari 2022 kemarin, Kelleher pun menjadi pahlawan Liverpool kala menjuarai Carabao Cup, di mana ia menjadi kiper di final dan eksekutor di babak adu penalti.

Beberapa waktu lalu sempat muncul isu yang menyebut Kelleher tengah mempertimbangkan untuk hengkang. Namun, sepertinya ia tetap akan bertahan di skuad The Reds.

2 dari 7 halaman

Bek

Aksi Ibrahima Konate dalam partai final Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Aksi Ibrahima Konate dalam partai final Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold lagi-lagi tampil brilian dengan menyumbang 12 assist di Premier League musim 2021/22 kemarin. Alexander-Arnold meneruskan performa luar biasa yang sudah ia tunjukkan sejak beberapa musim lalu.

Ibrahima Konate

Banyak keraguan yang mengiringi kedatangan Ibrahima Konate di Liverpool. Namun, seiring berjalannya waktu, ia membuktikan kemampuannya di lini belakang The Reds.

Billy Koumetio

Sejak memberi kesempatan debut kepada Billy Koumetio pada Desember 2020 lalu, Jurgen Klopp sudah yakin bahwa bek 19 tahun itu akan memiliki masa depan cerah.

Calvin Ramsay

Posisi asli Ramsay sejatinya adalah bek kanan. Namun, full-back era modern selalu bisa bermain di sisi sebaliknya. Di Liverpool, Ramsay memiliki mentor hebat dalam diri Andy Robertson.

3 dari 7 halaman

Gelandang Tengah

Curtis Jones. (c) AP Photo

Curtis Jones. (c) AP Photo

Tyler Morton

Insting Jurgen Klopp terhadap pemain muda tak perlu diragukan lagi. Keputusannya memberi debut untuk Tyler Morton musim kemarin menjadi bukti bahwa gelandang jebolan akademi The Reds itu akan menjadi pemain hebat di masa depan.

Curtis Jones

Curtis Jones sudah sejak musim 2020/21 lalu naik kelas ke tim utama. Semakin ke sini performanya pun semakin matang di lini tengah Liverpool.

Musim 2022/23 ini, kesempatan bermain bagi Jones dipastikan bakal bertambah banyak karena sejauh ini Liverpool belum menggaet gelandang tengah baru.

4 dari 7 halaman

Gelandang Serang dan Sayap

Aksi Harvey Elliott di laga Liverpool vs Norwich City, Piala FA 2021.22 (c) AP Photo

Aksi Harvey Elliott di laga Liverpool vs Norwich City, Piala FA 2021.22 (c) AP Photo

Harvey Elliott

Cedera parah sempat menghambat perkembangan karier Harvey Elliott di Liverpool. Namun, kini ia siap bangkit dan berharap mendapat kesempatan bermain lebih banyak.

Fabio Carvalho

Pengamatan scout Liverpool benar-benar jeli. Mereka pun berhasil mengamankan tanda tangan Carvalho yang musim lalu bersinar bersama Fulham.

Kaide Gordon

Kaide Gordon pencetak gol termuda kedua dalam sejarah Liverpool ketika ia membobol gawang Shrewsbury pada Januari 2022 lalu. Musim 2022/23 ini Gordon bisa jadi akan semakin sering bermain.

5 dari 7 halaman

Penyerang

Striker Liverpool, Darwin Nunez (c) LFC

Striker Liverpool, Darwin Nunez (c) LFC

Darwin Nunez

Keputusan Liverpool merekrut Nunez memang sangat wajar. Bomber Uruguay itu menciptakan 34 gol dan empat assist dalam 41 laga bersama Benfica musim 2021/22 kemarin.

Secara total, Nunez mencetak 48 gol dari 85 pertandingan bersama Benfica di semua kompetisi dalam dua musim terakhir.

Kini, Darwin Nunez siap memulai petualangan baru bersama Liverpool. Menarik dinanti bagaimana kontribusi penyerang 22 tahun itu untuk The Reds di musim anyar nanti.

6 dari 7 halaman

Starting XI Liverpool U-23

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR