BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Liverpool di Final Liga Champions 2005, di Mana Mereka Sekarang?

26-05-2020 14:42 | Asad Arifin

Liverpool menjadi juara Liga Champions 2005 usai mengalahkan AC Milan lewat adu penalti. (c) Liverpool Twitter Liverpool menjadi juara Liga Champions 2005 usai mengalahkan AC Milan lewat adu penalti. (c) Liverpool Twitter

Bola.net - Final Liga Champions 2005 menjadi salah satu momen paling penting bagi Liverpool. Sebab, pada duel di Istambul tersebut, Liverpool menjadi juara usai tertinggal 3-0 dari AC Milan di babak pertama.

Milan yang dihadapi Liverpool tengah berada dalam performa terbaik. Rossoneri yang dilatih Carlo Ancelotti punya banyak pemain bintang. Ada nama Kaka, Shevchenko, Andera Pirlo, Alessandro Nesta, dan Paolo Maldini.

Rafael Benitez, pelatih Liverpool kala itu, ingat betul apa yang terjadi saat timnya masuk ruang ganti dengan tertinggal 3-0. Benitez mengobarkan semangat juang Steven Gerrard dan kolega di babak kedua.

"Pesan yang kami sampaikan pada para pemain adalah soal kepercayaan diri. Coba mencetak gol cepat, kembali ke permainan. Itulah yang utama," kenang pelatih asal Spanyol.

Steven Gerrard, Vladimir Smicer, dan Xabi Alonso bergantian mencetak gol ke gawang Milan. Skor menjadi imbang 3-3. Liverpool dan Milan harus berduel hingga adu penalti dan kemenangan menjadi milik The Reds.

Skuad Liverpool musim itu bakal abadi di hati fans Liverpool. Lantas, bagaimana kabar mereka sekarang? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Starting XI Liverpool

Liverpool (4-4-1-1): Dudek; Traore, Hyppia, Carragher, Finnan (46' Hamann); Alonso, Riise, Gerrard, Luis Garcia, Kewell (23' Smicer), Baros (85' Djibril Cisse)
7 dari 7
Statistik AC Milan vs Liverpool

Gol: 3 - 3
Penalti: 2 -3
Total shots: 22 - 15
On target: 10 - 7
Possession: 55% - 45%
Fouls: 7 - 5
Offsides: 7 - 5

2 dari 4 halaman

Penjaga Gawang dan Bek

Jamie Carragher (c) afp Jamie Carragher (c) afp

Jerzy Dudek

Jerzy Dudek, pahlawan Liverpool di final Liga Champions 2005. Dua tahun setelah momen indah itu, Jerzy Dudek pindah ke Real Madrid. Jerzy Dudek kemudian pensiun dari sepak bola pada 2011.

Jerzy Dudek sempat punya impian membangun akademi sepak bola di Polandia. Pada 2014 lalu, Dudek ambil bagian pada kejuaraan balap mobil musim panas Volkswagen Castrol Cup.

Djimi Traore

Djimi Traore berpisah dengan Liverpool pada 2006. Setelah itu, dia bermain untuk Charlton Athletic. Pria asal Prancis pensiun pada 2014 lalu usai membela klub Amerika Serikat, Seattle Sounders FC.

Djimi Traore kini menjadi asisten manajer di Seattle Sounders FC.

Sami Hyypia

Sami Hyypia menjadi pemain Liverpool selama 10 tahun [1999 hingga 2009]. Sami Hyypia kemudian pindah ke Bayer Leverkusen dan pensiun pada 2011. Setelah itu, Sami Hyypia menjadi pelatih.

Sami Hyypia pernah menjadi asisten pelatih timnas Finlandia. Sami Hyypia juga sempat menjadi pelatih Leverkusen. Terakhir, dia melatih FC Zurich pada 2016.

Jamie Carragher

Jamie Carragher bermain untuk Liverpool sejak 1996 hingga pensiun pada 2013. Loyalitasnya kepada The Reds tidak perlu diragukan lagi. Jamie Carragher sempat dipercaya sebagai kapten Liverpool.

Jamie Carragher tidak meniti karir sebagai manajer. Saat ini, Jamie Carragher tercatat sebagai pandit untuk beberapa media top Eropa.

Steve Finnan

Steve Finnan pensiun pada 2009 ketika dia tidak mendapat kontrak baru dari Portsmouth. Dia sempat bermain di Espanyol ketika pindah dari Liverpool pada 2008 sebelum berlabuh ke Portsmouth.

Pada 2010, dia tinggal di Gambia untuk melakukan sejumlah proyek sosial. Lantas, sejak 2015, Steve Finnan tinggal di London untuk bekerja di bidang properti.

3 dari 4 halaman

Gelandang

Xabi Alonso

Xabi Alonso pensiun pada 2017 lalu. Setelah purna tugas di Liverpool pada 2009, dia pindah ke Real Madrid. Xabi Alonso kemudian menutup karirnya bersama Bayern Munchen. Dia membela Die Roten sejak 2014 hingga 2017.

Xabi Alonso kini menjadi pelatih. Dia sempat melatih Real Madrid U-14, sebelum pindah ke Real Sociedad untuk melatih tim Real Sociedad B.

John Arne Riise

Dua tahun setelah menjuarai Liga Champions bersama Liverpool, sang bek dinyatakan bangkrut. Bek kiri asal Norwegia tersebut saat itu baru berusia 26 tahun dan menerima gaji 50 ribu pounds (Rp897 juta) per pekan di Anfield.

John Arne Riise pindah dari Liverpool pada 2008 untuk bermain di AS Roma. Legenda timnas Norwegia tersebut pensiun pada 2017 lalu usai membela Rollon.

Steven Gerrard

Steven Gerrard menjadi pahlawan bagi Liverpool di final Liga Champions 2005. Dia memimpin tim untuk bangkit di babak kedua. Steven Gerrard meninggalkan The Reds pada 2015 untuk bermain di LA Galaxy.

Steven Gerrard kini merintis karir sebagai pelatih. Pria berusia 39 tahun menjadi manajer Rangers. Steven Gerrard diyakini bakal menjadi pengganti Jurgen Klopp di masa depan.

Luis Garcia

Luis Garcia pensiun pada 2016 lalu usai bermain untuk Central Coast Mariners, klub asal Australia. Sebelumnya, eks gelandang timnas Spanyol tersebut bermain untuk klub asal India yakni Atletico Kolkata.

Luis Garcia mengakhiri kiprahnya di Liverpool pada 2007. Dia pindah ke Atletico Madrid setelah tidak lagi menjadi pemain inti Liverpool. Luis Garcia kini menjadi pandit.

4 dari 4 halaman

Penyerang

Milan Baros (c) AFP Milan Baros (c) AFP

Harry Kewell

Harry Kewell bergabung dengan Liverpool pada 2003. Tiga tahun setelah meraih gelar juara Liga Champions bersama The Reds, Harry Kewell pindah ke Galatasaray. Harry Kewell pensiun pada 2014 lalu.

Harry Kewell kini menekuni karir sebagai manajer. Salah satu pemain terbaik Australia tersebut menjadi manajer Notts County pada 2018 lalu.

Milan Baros

Milan Baros masih aktif bermain sampai saat ini. Pada usia 38 tahun, dia memang tidak lagi bermain di level paling atas. Sejak 2017, Milan Baros bermain untuk klub Rep. Ceko yakni Banik Ostrava.

Milan Baros meninggalkan Liverpool setelah menjadi juara Liga Champions. Milan Baros saat itu pindah ke Aston Villa.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR