BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Solskjaer Bikin Juan Mata Merasa Lebih Muda: Berpengalaman, Bukan Tua

29-03-2020 08:16 | Asad Arifin

Gelandang Manchester United, Juan Mata. (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Juan Mata. (c) AP Photo

Bola.net - Juan Mata mengakui pendekatan yang dilakukan Ole Gunnar Solskjaer untuknya sangat tepat. Kini, playmaker Manchester United tersebut merasa lebih muda tetapi punya banyak pengalaman di sepak bola.

Masa depan Juan Mata sempat berada di titik yang semu pada awal musim 2019/2020. Pemain asal Spanyol itu sempat dikabarkan bakal dilepas pihak klub, sebelum dipertahankan oleh Solskjaer.

Keputusan Solskjaer mempertahankan Juan Mata terbukti jitu. Walau performa di atas lapangan tidak sebagus dua atau tiga tahun lalu, Juan Mata tetap punya kontribusi yang penting. Juan Mata bisa diandalkan untuk laga-laga penting.

Satu hal yang sangat dibutuhkan United dari Juan Mata adalah pengalaman. Sebab, di antara pemain yang ada di skuad United, ada banyak pemain muda yang belum punya pengalaman juara layaknya Juan Mata.

1 dari 2 halaman

Pengalaman Juan Mata Sebagai Kunci

Juan Mata sudah meraih banyak gelar juara, baik di level klub maupun timnas. Juan Mata pernah merasakan gelar juara Liga Champions dan Premier League. Dia juga pernah menjadi juara Piala Dunia dan Euro bersama Spanyol.

"Saya pikir itu bagus karena bisa membuat Anda melihat sepak bola dengan cara berbeda, dengan lebih banyak prespektif dan pengalaman," buka Juan Mata dikutip dari situs resmi Manchester United.

"Saya merasa muda, jujur, baik itu tubuh saya maupun pikiran saya," tambah Juan Mata.

Mantan pemain Valencia itu sudah berusia 31 tahun dan akan merayakan ulang tahun ke-32 pada April yang akan datang. Juan Mata sudah bermain di sepak bola Inggris sejak 2011 dan jelas itu menjadi pengalaman yang sangat pantang.

"Saya sudah bermain sepak bola di Inggris secara profesional selama 12 atau 13 tahun. Jadi itu memberi saya pengalaman, terutama dalam situasi sulit, untuk berperilaku dengan cara tertentu atau memberikan nasihat kepada para pemain muda," kata Juan Mata.

2 dari 2 halaman

Pemain Berpengalaman, Bukan Pemain Tua

Solskjaer sebenarnya sempat ragu dengan Juan Mata. Namun, keputusan pria asal Norwegia mempertahankan Juan Mata terbukti tepat. Walau tidak selalu menjadi pilihan utama, Juan Mata selalu bisa diandalkan pada situasi genting dengan pengalaman yang dimiliki.

"Saya pikir Solskjaer juga menghargai itu. Saya sebagai pemain, apa yang dapat saya berikan di lapangan, tetapi juga bahwa saya akan mencoba yang terbaik di luar lapangan untuk para pemain baru yang datang, seperti sekarang Bruno Fernandes dan Odion Ighalo serta untuk anak-anak muda yang datang dari akademi."

"Seperti Marcus Rashford pada awal masuk tim utama. Dia pemalu dan sekarang dia lebih dewasa. Saya pikir penting untuk memiliki keseimbangan ini dalam tim di mana kamu memiliki energi dan antusiasme anak-anak dan para pemain berpengalaman. Bukan yang lebih tua," kata Juan Mata.

Sumber: Manchester United

KOMENTAR