BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Soal Membiasakan Diri, Jurgen Klopp: Van Dijk dan Fabinho Pemain yang Berbeda

24-10-2020 02:00 | Richard Andreas

Fabinho, pemain Liverpool. (c) AP Photo Fabinho, pemain Liverpool. (c) AP Photo

Bola.net - Jurgen Klopp tidak mau terburu-buru menjanjikan bahwa Liverpool akan baik-baik saja dengan keberadaan Fabinho yang menggantikan Virgil van Dijk di jantung pertahanan The Reds. Dia yakin semuanya butuh waktu.

Baru-baru ini, nama Fabinho terus dipuji karena terbukti bisa menggantikan peran Fabinho di jantung pertahanan The Reds. Dia tampil apik ketika Liverpool mengalahkan Ajax Amsterdam kemarin.

Usai laga itu, Fabinho dipuji-puji, Liverpool pun diyakini tak perlu panik menghadapi kehilangan Van Dijk sampai beberapa bulan ke depan.

Klopp pun mendengar gagasan itu. Dia tidak membantah, tapi juga tidak sepenuhnya sepakat.

Apa maksudnya? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Fabinho bagus, tapi perlu terbiasa

Klopp tahu performa Fabinho impresif, tapi ada titik lemah pada lini pertahanan baru Liverpool ini. Empat pemain yang diturunkan belum pernah bermain bersama, minim pengalaman tampil di lapangan yang sama.

Fabinho diduetkan dengan Joe Gomez pada laga kontra Ajax kemarin, dan sepertinya kombinasi ini akan dipertahankan terus. Masalahnya, itu adalah pengalaman pertama keduanya main bersama.

"Kita semua tahu bahwa Fab bisa bermain di posisi itu. Sebagai contoh, dia pernah bermain melawan Bayern di kandang, dan tampil luar biasa," buka Klopp kepada Sky Sports.

"Saya tidak terkejut dia bisa bermain di situ, tapi ini adalah soal membiasakan diri. Saya kira barisan pertahanan ini belum pernah bermain bersama sebelum laga kontra Ajax kemarin."

2 dari 3 halaman

Harus berkembang

Singkatnya, Klopp melihat sejumlah kelemahan pada barisan pertahanan Liverpool yang baru itu. Hanya ada satu cara memperbaikinya, yakni dengan membiasakan diri terus bermain.

"Ada banyak yang perlu diperbaiki dari sudut pandang pengaturan permainan. Anda hanya bisa merasakannya di lapangan, apa yang benar dan apa yang salah, main garis tinggi atau rendah, hal-hal semacam itu," lanjut Klopp.

"Karena itulah saya berkata ada banyak hal yang perlu dikembangkan, sebab pemain-pemain ini harus mulai membiasakan diri satu sama lain."

3 dari 3 halaman

Berbeda

Lalu soal keberhasilan Fabinho menggantikan Van Dijk, Klopp tidak mau ada perbandingan. Dia yakin Fabinho merupakan tipe pemain yang berbeda.

"Mereka [Van Dijk dan Fabinho] pemain yang berbeda, tapi jelas keduanya bisa bertahan dengan baik, itu sangat membantu," tutup Klopp.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR