BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Soal Kelanjutan Premier League: Jangan Kesampingkan Kerja Keras Liverpool dan Leeds United

17-03-2020 16:45 | Dimas Ardi Prasetya

Liverpool (c) AP Photo Liverpool (c) AP Photo

Bola.net - Eks striker Liverpool John Aldridge menyarankan agar kompetisi Premier League segera dilanjutkan jika pandemi Virus Corona berakhir demi menghargai kerja keras klub-klub seperti The Reds maupun Leeds United.

Kompetisi Premier League musim 2019-20 ini terhenti pada pekan ke-29. Semua terjadi karena adanya pandemi Virus Corona yang mewabah ke penjuru dunia, termasuk Inggris.

Kompetisi memang rencananya akan dihentikan secara sementara. Jika tak ada perubahan lagi, liga dijadwalkan akan digelar pada awal April 2020.

Namun ada kabar simpang siur soal kelanjutan liga ini. Ada opsi untuk menghentikan dan membatalkan liga. Artinya tak ada juara dan tak ada yang terdegradasi.

Opsi ini tentu akan membuat sejumlah klub meradang. Di antaranya Liverpool yang sudah menunggu 30 tahun untuk jadi juara, serta Manchester United yang punya kans untuk lolos ke Liga Champions. Dari divisi Championship, ada kemungkinan mereka yang berada di papan atas seperti Leeds United dan West Brom batal promosi ke EPL.

Ada juga opsi untuk melanjutkan kompetisi setelah pandemi berakhir. Namun opsi ini cukup rumit karena jadwal dipastikan molor dan berbenturan dengan agenda lain yakni Euro 2020.

1 dari 2 halaman

Anggap Penghentian Sementara Sebagai Jeda Antar Musim

John Aldridge mengakui bahwa rencana untuk melanjutkan lagi kompetisi Premier League di bulan April memang sedikit ambisius. Namun ia sangat ingin melihat kompetisi EPL, Championship maupun di seluruh dunia, dilanjutkan saja setelah pandemi berakhir.

Ia pun memberikan ide agar menganggap penghentian sementara saat ini dianggap sebagai masa jeda antar musim. Jadi nanti saat musim panas (bulan Mei, Juni, Juli), di mana mereka biasanya belanja pemain dan mengadakan tur pra musim, klub-klub itu tetap bermain untuk menuntaskan laga di sisa musim ini.

"Liga tidak akan dimulai pada bulan April. Kenapa tidak memiliki liburan musim panas sekarang untuk dua atau tiga bulan?" cetus Aldridge pada Sky Sports.

"Jika mereka harus bermain di balik pintu tertutup [setelah itu], maka jadilah seperti itu. Maka Anda dapat memiliki istirahat mini," ujarnya.

"Anda bahkan dapat membagi liga menjadi dua antara bagian atas dan bawah, itu hanya pemikiran saya. Anda harus mencairkannya dan semoga bisa memulai lagi dengan fresh," serunya.

2 dari 2 halaman

Demi Klub Seperti Liverpool dan Leeds

John Aldridge kemudian membeberkan apa alasannya ingin agar kompetisi tetap dilanjutkan dan tidak dihentikan. Ia tak ingin kerja keras klub-klub seperti Liverpool dan Leeds United diabaikan.

"Para [pengambil keputusan] yang [lebih] pandai daripada saya yang sekarang harus mendapatkan gajinya dengan membuat format atau formula yang menyenangkan semua orang," serunya.

"Saya tidak hanya memikirkan Liverpool. Leeds, West Brom, dan tim lain yang akan mencari [uang Premier League] untuk bergerak ke depan dan maju."

"Zona degradasi, tim-tim di divisi lain yang memiliki impian promosi. Anda tidak bisa membatalkan semua kerja keras mereka, tidak bagi saya. Anda harus menyelesaikan semua liga sebelum melanjutkan ke hal-hal lain, tentu saja," tandasnya.

Sampai saat ini pihak Premier League masih belum bisa membuat keputusan terkait kapan liga bisa digelar lagi. Mereka masih harus menuruti himbauan pemerintah.

(sky sports)

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland