BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Soal Kans Juara Liverpool, Dua Mantan Pemain MU Beda Pendapat

05-04-2020 06:00 | Richard Andreas

Skuad Liverpool merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Bournemouth. (c) AP Photo Skuad Liverpool merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Bournemouth. (c) AP Photo

Bola.net - Bagaimana nasib Liverpool? Apa bakal tetap jadi juara? Atau justru batal juara karena musim belum selesai?

Belum ada yang tahu jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan-pertanyaan di atas. Premier League sudah dihentikan sementara sejak beberapa pekan lalu akibat pandemi virus corona, belum jelas kapan pertandingan bisa kembali dimainkan.

Penghentian musim sementara ini menyulitkan banyak klub, khususnya Liverpool. Pasukan Jurgen Klopp itu sudah melaju luar biasa sejak awal musim, mereka bahkan unggul 25 poin di puncak klasemen sementara.

Singkatnya, The Reds sudah melangkah di jalur yang tepat untuk meraih gelar juara liga pertama setelah 30 tahun berpuasa. Penghentian musim ini sangat sulit, terlebih karena mereka hanya membutuhkan dua kemenangan lagi.

Di sisi lain, belum jelas kapan musim bisa dilanjutkan, sejauh ini otoritas liga hanya menunda dan menimbang situasi. Bisa saja Liverpool gagal jadi juara karena otoritas liga terpaksa menghentikan musim dan mencoretnya dari catatan.

Uniknya, di tengah kesulitan Liverpool ini, justru mantan pemain Manchester United yang lebih nyaring bersuara. Kali ini ada Rio Ferdinand dan Dimitar Berbatov yang berbeda pendapat.

Apa kata mereka? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Ferdinand: Batal Saja!

Ferdinand tahu Liverpool unggul jauh di puncak klasemen, hampir pasti jadi juara. Namun, baginya kata 'hampir' itu jadi perbedaan besar. Bagaimanapun Liverpool harus bertanding di lapangan untuk meraih 6 poin tambahan dan jadi juara, tapi syarat bermain di lapangan inilah yang bagi Ferdinand mustahil dilakukan.

"Saya kira Premier League harus dibatalkan. Saya tahu bakal ada banyak fans Liverpool yang protes, tapi saya hanya tidak bisa memikirkan cara untuk melakukannya dengan tidak membahayakan keselamatan banyak orang, sederhana," buka Ferdinand di media sosial Instagramnya.

"Ada gagasan memainkan pertandingan tanpa penonton, tapi masih ada pemain di sana, apakah para pemain bukan bagian dari masyarakat?"

"Bakal ada pemain yang sampai sakit dan mungkin tidak bisa pulih, atau kemungkinan menyebarkannya pada pemain lain. Itu tidak adil, bukan kondisi yang layak untuk bermain," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Berbatov: Liverpool Layak Jadi Juara

Ferdinand boleh jadi menggarisbawahi masalah kesehatan jika musim terus dilanjutkan. Namun, mantan rekan setimnya, Dimitar Berbatov mengaku tidak sepakat.

Berbatov yakin bakal sangat tidak adil bagi Liverpool dan fans setia mereka jika musim ini dianggap batal. The Reds memang pantas jadi juara.

"Banyak orang yang menyarankan untuk memberikan gelar juara pada Liverpool, dan sejujurnya mereka memang layak mendapatkan itu karena cara bermain mereka, tidak ada tim yang bisa mendekati mereka," tegas Berbatov.

"Dengan cara bermain mereka, sepak bola yang mereka mainkan, dan betapa jauhnya jarak mereka di depan, mereka benar-benar layak mendapatkan gelar juara musim ini."

3 dari 3 halaman

Tidak Adil

Singkatnya, Berbatov merasa gagasan membatalkan musim itu sangat aneh dan berlawanan dengan fakta yang ada di lapangan. Liverpool bakal sangat kecewa jika otoritas liga mengambil keputusan itu.

"Itu sangat aneh, dan bakal tidak adil bagi Liverpool jika musim ini dibatalkan, mereka akan sangat kecewa," tutup Berbatov.

Sumber: Instagram, Metro

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Josh Sargent