BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Siapa yang Untung dan Rugi Jika kompetisi Premier League Dihentikan?

17-03-2020 01:01 | Dimas Ardi Prasetya

Liverpool vs Manchester City di Anfield. (c) AP Photo Liverpool vs Manchester City di Anfield. (c) AP Photo

Bola.net - Akan ada sejumlah tim yang diuntungkan dan dirugikan jika kompetisi Premier League dihentikan sekarang juga.

Kompetisi Premier League terhenti pada matchday 29. Pihak pengelola liga terpaksa mengambil keputusan menghentikan sementara kompetisi menyusul merebaknya Virus Corona di Inggris.

Kompetisi rencananya akan digelar lagi pada awal April 2020. Namun setelah itu beredar sejumlah kabar yang menyebut ada opsi untuk menghentikan liga saat ini juga.

Namun ada juga yang menyerukan agar liga dibatalkan. Jadi tak akan ada pemenang dan tak ada yang tedegradasi.

Kompetisi Premier League sendiri harusnya tuntas per 8 Agustus 2020. Saat ini dengan sembilan laga tersisa, Liverpool unggul 25 poin dari Manchester City dan sebenarnya cuma butuh dua kemenangan lagi untuk bisa jadi juara.

Di sisi lain tim yang terancam degradasi saat ini adalah Bournemouth, Aston Villa dan Norwich City. Dengan sembilan laga tersisa, mereka masih punya kans untuk lolos degradasi.

Lantas siapa saja yang untung dan rugi jika kompetisi Premier League dihentikan? Simak saja di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Skenario 1: Musim Ditentukan Berdasarkan Posisi di Klasemen

Yang Untung

Chelsea - Chelsea akan dijamin mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan. Saat ini mereka berada di peringkat empat dengan raihan 48 poin.

Wolverhampton - Tim berjuluk Wolves ini juga akan berhasil masuk ke Liga Eropa lagi, meskipun mereka mungkin menganggap diri mereka tidak beruntung jika mereka memiliki aspirasi yang lebih tinggi. Mereka sekarang ada di posisi enam klasemen.

Leicester City - Leicester akan lolos ke Liga Champions lagi. Ini kedua kalinya dalam sejarah mereka lolos ke kompetisi tersebut.

West Ham dan Watford - Siapa yang paling ngotot agar liga musim ini dihentikan? tentu saja Karren Brady. Bos West Ham itu ngotot karena timnya sekarang memang terancam terdegradasi dengan raihan 27 poin, sama dengan raihan Bournemouth. Demikian juga dengan Watford. Mereka berdua cuma unggul selisih gol dari The Cherries.

Yang Rugi

Liverpool - The Reds akan dipastikan jadi juara memang. Akan tetapi tentu saja kemenangan ini akan terasa kurang afdhol, terlebih mereka menunggu 30 tahun. Fans klub lain juga kemungkinan besar akan mencemooh mereka terkait gelar tersebut.

Manchester United - Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu berada dalam momentum yang apik belakangan ini. Mereka pun berhasil naik ke peringkat lima klasemen dan tertinggal tiga angka saja dari Chelsea yang ada di posisi empat. Dengan sembilan laga tersisa, mereka punya kans besar finis di peringkat empat bahkan tiga.

Bournemouth, Aston Villa, Norwich - Ketiganya akan langsung terdegradasi. Ini tentu tidak akan adil karena dengan sembilan laga tersisa, peluang mereka untuk lolos degradasi masih terbuka. Akan tetapi ada kemungkinan ketiganya bakal memutuskan menggugat keputusan itu ke pengadilan.

2 dari 4 halaman

Skenario 2: Tak ada yang Terdegradasi dan 22 Tim Main di EPL

Yang Untung

Leeds United dan West Brom - Leeds United sudah menunggu selama 16 tahun untuk promosi. Ini tentu akan sangat melegakan bagi mereka. Sementara West Brom tentu juga akan kembali ke Premier League. Keduanya saat ini berada di peringkat satu dan dua divisi Championship.

Bournemouth, Aston Villa, Norwich - Hal ini tentu melegakan bagi ketiganya. Sebab secara matematis mereka masih punya kans untuk lolos dari jerat degradasi.

Yang Rugi

Fulham, Brentford, Nottingham Forest, Preston - Apa yang akan terjadi pada tim yang saat ini menempati zona play-off? Mengingat bahwa mereka tidak diberi promosi yang 'terjamin', mereka bisa melewatkan semuanya. Jika ini terjadi lagi-lagi mereka akan menderita pukulan finansial yang besar.

Dua Tim Ekstra yang Terdegradasi di 2021 - Dalam skenario ini, lima tim ditetapkan akan terdegradasi tahun setelah untuk menyeimbangkan segalanya. Dua tim akan mendidih pada Mei mendatang.

3 dari 4 halaman

Skenario 3: Kelolosan ke Eropa Berdasar Peringkat Musim 2018-19

Yang Untung

Arsenal - Arsenal finis di peringkat kelima di musim 2018/19. Musim depan berkat larangan pada Manchester City untuk berlaga di Liga Champions selama dua tahun (kecuali jika dibatalkan), bisa membuat mereka lolos ke UCL.

Tottenham - Tiket kelolosan lain yang agak kebetulan. Tottenham memiliki musim yang benar-benar menyedihkan tetapi karena mereka finis di posisi empat musim lalu, mereka bisa kembali di Liga Champions juga.

4 dari 4 halaman

Skenario 4: Play-Off

Itu tidak akan adil tentunya. Namun gagasan ini menarik. Serie A bahkan sudah mewacanakan gagasan play-off untuk memperebutkan Scudetto. Bayangkan Liverpool kemudian gagal menjadi juara Premier League berdasarkan satu atau dua pertandingan saja.

Ini akan menjadi skenario yang gila khususnya bagi Liverpool. Akan tetapi itulah yang tersisa dengan sisa musim ini yang berpotensi hancur berantakan karena pandemi Virus Corona.

(givemesport)

KOMENTAR