BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Siapa yang Lebih Baik? Invincibles Arsenal Atau Liverpool

31-12-2019 20:39 | Dimas Ardi Prasetya

Liverpool (c) AP Photo Liverpool (c) AP Photo

Bola.net - Paul Merson mengatakan jika Liverpool akhirnya bisa bermain semusim tanpa tersentuh kekalahan, mereka bisa disebut lebih baik dari skuat Arsenal yang dahulu meraih status invincibles.

Liverpool saat ini tampil sangat perkasa di Premier League. Pasukan Jurgen Klopp itu bisa memaksakan kemenangan meski tidak sedang tampil dalam performa terbaiknya.

Alhasil sejauh musim 2019-20 ini berjalan, Liverpool tak pernah tersentuh kekalahan. Dari 19 laga, mereka menang 18 kali dan imbang sekali.

Liverpool ini dijagokan bakal bisa menyamai rekor Arsenal pada tahun 2003-04 silam. Saat itu Thierry Henry dkk meraih status Invincibles setelah menjalani satu musim kompetisi tanpa pernah tersentuh kekalahan.

1 dari 2 halaman

Beda Kondisi

Paul Merson mengatakan bahwa kondisi persaingan di Premier League saat itu berbeda dibandingkan sekarang. Saat itu, kekuatan tim-tim besar dengan tim kecil tidak beda jauh.

"Ketika Arsenal tidak terkalahkan, semua tim di liga mengalahkan semua tim lainnya. Saya tidak melihat itu terjadi sekarang," cetusnya pada Sky Sports.

"Di zaman sekarang ini, saya merasa tim-tim top jauh, jauh lebih kuat daripada tim-tim yang lebih lemah. Saat itu, Anda bisa pergi berhadapan dengan tim yang ada di peringkat tengah ke bawah di liga pada Selasa malam dan dengan mudah bisa dikalahkan," tuturnya.

"Saya pikir tim-tim yang lebih kecil memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengalahkan bocah-bocah besar pada masa itu daripada sekarang. Tim-tim tertentu bermain dengan cara tertentu, sedangkan sekarang banyak tim yang bermain dengan cara yang sama. Sekarang, semua orang mencoba untuk bermain dari belakang, dan terlihat bermain sama bagusnya," seru Merson.

2 dari 2 halaman

Prestasi Lebih Besar

Berdasarkan hal itu, Paul Merson merasa bahwa jika Liverpool bisa mengakhiri musim tanpa tersentuh kekalahan di Premier League, maka mereka bisa dibilang lebih baik dari Arsenal. Sebab saat ini The Reds dihadapkan pada tantangan-tantangan yang jauh lebih sulit.

"Tetapi jika Liverpool benar jadi tidak terkalahkan, itu adalah prestasi besar, dan itu akan menjadi prestasi yang lebih besar. Arsenal tidak pernah memiliki Manchester City di samping mereka, berusaha menghindari kekalahan melawan mereka dua kali dalam satu musim," cetusnya.

"Dan, bisa dibilang, tim Chelsea mungkin lebih baik saat itu, tim Manchester United jauh lebih baik saat itu, tim Arsenal jauh lebih baik saat itu. Ini adalah debat yang tepat," sambungnya.

"Anda bisa membuat kasus yang sangat kuat untuk keduanya, dan itu merupakan syarat debat yang hebat," seru Merson.

Liverpool saat ini melaju 36 kali tanpa tersentuh kekalahan di Premier League. Sementara itu Arsenal dulu tak tersentuh kekalahan hingga 49 pertandingan.

(sky sports)

KOMENTAR