BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Siapa yang Bisa Gantikan Ed Woodward di Manchester United? Ini 4 Calonnya

21-04-2021 14:42 | Yaumil Azis

Ed Woodward, petinggi Manchester United. (c) Manunited.com Ed Woodward, petinggi Manchester United. (c) Manunited.com

Bola.net - Ed Woodward dipastikan meninggalkan Manchester United pada penghujung tahun 2021 mendatang. Lalu, siapa yang akan menggantikan perannya di balik layar klub raksasa Inggris tersebut?

Keputusan mundur Woodward diumumkan pada hari yang sama ketika Manchester United memilih cabut dari ajang European Super League. Ia ditengarai sebagai salah satu dalang dibalik keikutsertaan MU di ajang kontroversial itu.

Perjalanannya bersama Manchester United terbilang cukup panjang. Ia bergabung dengan jajaran direksi klub pada tahun 2013 lalu dan memegang peranan penting dalam keputusan jual-beli pemain.

Perannya cukup krusial. Lantas, siapa yang bisa menjadi pengganti Woodward di Manchester United? Berikut ini Express Sport menyajikan empat nama kandidat yang pantas mengisi kekosongan Woodward di Old Trafford.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 4 halaman

John Murtough

Murtough diangkat sebagai direktur sepak bola the Red Devils pada bulan Maret tahun ini. Akan tetapi, ia bukan sosok baru di Trafford.

Ia sudah mengabdi kepada Manchester United sejak 2013 lalu. Murtough menduduki posisi yang berbeda. Namun, Murtough juga memegang peran di balik keberhasilan Manchester United merekrut pemain seperti Hannibal Mejbri dan Alvaro Fernandez.

Dulu, semua keputusan dalam setiap bursa transfer dipegang Woodward. Namun diangkatnya Murtough membuat mandat tersebut berpindah tangan. Dan bisa jadi, ia bakalan punya kekuasaan lebih besar kalau ditunjuk sebagai pengganti Woodward.

2 dari 4 halaman

Darren Fletcher

Seperti Murtough, Fletcher bukanlah sosok baru di tubuh Manchester United. Bahkan, pria berdarah Skotlandia itu sudah tergabung dengan the Red Devils sejak tahun 1995 silam kala dirinya masih sangat muda.

Pasca hengkang pada tahun 2015, Fletcher memperkuat dua klub Inggris hingga akhirnya pensiun di tahun 2019 lalu. Ia tak lama menganggur, karena Manchester United memberinya jabatan sebagai direktur teknis pada bulan Maret 2021.

Fletcher memang kurang pengalaman, mengingat dirinya baru melakoni profesi barunya itu tahun ini. Akan tetapi, penunjukan Fletcher sebagai pengganti Woodward bakal membuat fans senang.

3 dari 4 halaman

Michael Emenalo

Nama yang ini mungkin cukup asing buat fans Manchester United. Bukan sesuatu yang mengejutkan, sebab Emenalo belum pernah bersinggungan secara langsung dengan the Red Devils.

Mantan pemain Timnas Nigeria tersebut kini bekerja sebagai direktur teknis. CV-nya cukup keren, di mana Emenalo dikethaui pernah menjadi direktur teknis di Chelsea serta AS Monaco.

Emenalo menjadi sosok penting di balik transformasi Chelsea, dan menduduki jabatan direktur teknis selama enam tahun. Ia juga pernah mendapatkan pujian secara langsung dari eks Arsenal, Ian Wright.

4 dari 4 halaman

Antero Henrique

Manchester United sudah cukup sering dikabarkan dekat dengan Antero Henrique. Bahkan, mantan petinggi PSG itu berulang kali disebut sebagai kandidat terkuat untuk posisi direktur sepak bola sebelum Murtough datang.

Sekarang Henrique tidak lagi tergabung dalam jajaran direksi PSG. Ia berpisah dengan raksasa Inggris tersebut pada tahun 2019 lalu, dan hanya bertahan selama dua musim saja.

Namun, fans Manchester United mungkin takkan suka dengan dia. Sebab menurut beberapa laporan, Henrique adalah sosok yang mendukung pemecatan Ole Gunnar Solskjaer untuk digantikan oleh Massimiliano Allegri.

(Express Sport)

KOMENTAR