Siapa Matheus Cunha? Penyerang Asal Brasil yang Diincar Manchester United

Serafin Unus Pasi | 16 Agustus 2022, 20:18
Penyerang Atletico Madrid, Matheus Cunha (c) Atletico Madrid Official
Penyerang Atletico Madrid, Matheus Cunha (c) Atletico Madrid Official

Bola.net - Manchester United rupanya masih membutuhkan rekrutan baru untuk musim depan. Teranyar, Setan Merah dikabarkan tengah berupaya untuk merekrut Matheus Cunha, pemain asal Brasil yang kini memperkuat Atletico Madrid.

Dilansir Mirror, Manchester United sudah menyiapkan dana sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp749,8 miliar untuk mengangkut Matheus Cunha dari Atletico Madrid. Ia diproyeksikan untuk memperkuat lini depan Setan Merah yang dianggap tumpul.

Sejauh ini, Manchester United memang belum merekrut penyerang baru di musim panas. Mereka hanya mengandalkan Cristiano Ronaldo dan Anthony Martial. Sialnya, Anthony Martial mengalami cedera sehingga harus absen.

Alhasil, Manchester United butuh tambahan amunisi di lini depan untuk jadi pengganti Anthony Martial sekaligus pendamping Cristiano Ronaldo. Nah, Cunha diprediksi bisa menjadi sosok tersebut, apalagi dia juga dipersilakan pergi dari Atletico.

Lantas, siapa Matheus Cunha? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Habiskan Karier di Eropa

Matheus Cunha ketika masih membela RB Leipzig pada musim 2018/2019 (c) Bundesliga

Matheus Cunha ketika masih membela RB Leipzig pada musim 2018/2019 (c) Bundesliga

Matheus Cunha lahir di Joao Pessoa, Paraiba, Brasil, pada 27 Mei 1999. Ia banyak menghabiskan karier di Eropa.

Sebelum bermain untuk Atletico Madrid, ia pernah membela dua tim Bundesliga, Hertha BSC (2019/2020) dan RB Leipzig (2018/2019), serta klub asal Swiss, FC Sion (2017/2018).

Bersama FC Sion, Matheus Cunha berhasil mencetak 10 gol. Pencapaian itu membuat RB Leipzig tertarik merekrutnya. Mantan manajer Manchester United, Ralf Rangnick jadi sosok di balik perekrutan tersebut.

Di Jerman, Matheus Cunha tampil lumayan apik. Selama bermain untuk RB Leipzig dan Hertha Berlin, total ia mencetak 22 gol dan membuat 13 asist dari 72 laga. Performanya ini juga yang membuat Atletico Madrid tertarik merekrutnya.

2 dari 4 halaman

Bawa Brasil Raih Emas di Olimpiade Tokyo

Skuat Brasil merayakan gol Brasil ke gawang Arab Saudi di pertandingan terakhir grup D Olimpiade 2020, Rabu (28/7/2021) (c) AP Photo

Skuat Brasil merayakan gol Brasil ke gawang Arab Saudi di pertandingan terakhir grup D Olimpiade 2020, Rabu (28/7/2021) (c) AP Photo

Berkat performa konsistennya di Eropa, terutama ketika bermain di Jerman, Matheus Cunha pun mulai menarik perhatian Timnas Brasil. Meski belum mencetak gol bersama tim senior, penampilannya di Timnas Brasil U-23 sangat menjanjikan.

Sejauh ini, Matheus Cunha sudah mencetak 21 gol bersama Timnas Brasil U-23. Tiga di antaranya di Olimpiade Tokyo 2020.

Berkat tiga gol itu, Matheus Cunha membantu Brasil meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020. Bersama Richarlison, Reinier, Bruno Guimaraes, dan Gabriel Martinelli.

3 dari 4 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Cunha

Duel Joao Cancelo dan Matheus Cunha pada laga Man City vs Atletico Madrid di leg pertama perempat final Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Duel Joao Cancelo dan Matheus Cunha pada laga Man City vs Atletico Madrid di leg pertama perempat final Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Ralf Rangnick pernah memuji Matheus Cunha sebagai pemain yang sangat luar biasa. Ia memiliki kecepatan dan kemampuan menggiring bola yang baik, sehingga bisa menopang serangan cepat tim. Meski begitu, bukan berarti Cunha tidak pernah dikritik.

Manajernya di Hertha Berlin, Bruno Labbadia pernah mengkritik Cunha perkara perilakunya yang kurang baik. Bahkan, ia pernah membuat performa tim Hertha Berlin terpengaruh dalam sebuah laga melawan Freiburg.

"Dia (Cunha) mengecewakan kami dan tim dengan performa buruknya. Jujur, saya sangat kecewa dan tersinggung dengan perilakunya ini. Jarang-jarang saya mengungkapkan kekecewaan saya," ujar Bruno Labbadia.

4 dari 4 halaman

Peluang Matheus Cunha Gabung Manchester United

Matheus Cunha (tengah) (c) AP Photo

Matheus Cunha (tengah) (c) AP Photo

Matheus Cunha saat ini membuka kemungkinan untuk pindah. Meski baru semusim membela Atletico Madrid, terbuka pintu baginya untuk hengkang dari Wanda Metropolitano, apalagi ia juga tampil tidak terlalu impresif musim lalu.

Bahkan, ada juga potensi yang menyebut Matheus Cunha akan ditukarkan dengan Cristiano Ronaldo, andaikan Cristiano Ronaldo jadi hengkang ke Atletico Madrid. Namun, laporan Mirror membantah adanya kemungkinan ini.

Manchester United memang tengah membutuhkan suntikan tenaga baru di lini depan. Menilik performa Matheus Cunha, ia bisa jadi amunisi apik bagi Setan Merah. Namun, mereka juga tentu harus waspada dengan konsistensi Matheus Cunha yang belum teruji.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR