BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Setelah 2 Tahun, Arsenal Baru Bisa Mendekati Harapan Mikel Arteta

23-10-2021 17:04 | Yaumil Azis

Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol kedua Arsenal melawan Aston Villa, Sabtu (23/11/2021) (c) AP Photo
Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol kedua Arsenal melawan Aston Villa, Sabtu (23/11/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Mikel Arteta sudah cukup lama menempati kursi pelatih di Arsenal. Namun baru kali ini anak asuhnya menunjukkan permainan yang mendekati rencananya.

Arteta ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Unai Emery yang dipecat pada tahun 2019. Selama dua tahun terakhir, pria berkebangsaan Spanyol tersebut terus dihajar oleh badai isu pemecatan yang disebabkan oleh performa tim.

Ya, selama dipegang Arteta, pencapaian Arsenal di ajang Premier League terus mengalami penurunan meski tidak secara signifikan. Mereka bahkan memulai musim 2021/22 dengan empat kekalahan beruntun.

Namun perlahan, Arsenal mulai menuai sejumlah hasil positif dan merangkak naik di klasemen. Kemenangan atas Aston Villa pada Sabtu (23/10/2021) dini hari tadi membuat mereka bisa naik ke peringkat sembilan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Mendekati Harapan Arteta

Aston Villa jelas bukan lawan yang mudah. Bulan lalu, klub besutan Dean Smith tersebut sukses membuat Manchester United bertekuk lutut. Namun Arsenal mampu menghadapi mereka dengan rasa percaya diri tinggi.

Performa paling apik tersaji mereka dalam pertandingan kali ini tersaji di babak pertama. Mereka unggul dua gol lebih dulu sebelum turun minum lewat Thomas Partey dan Pierre-Emerick Aubameyang. Emile Smith Rowe mencetak gol ketiga di awal babak kedua.

Setelah pertandingan, Arteta mengungkapkan kalau permainan anak asuhnya di babak pertama sudah hampir mendekati harapannya. "Ya, sangat mendekati," katanya, dikutip dari situs resmi Arsenal.

"Yang paling saya sukai adalah cara tim bereaksi sejak Senin - bagaimana kami menyelesaikan pertandingan dan bagaimana mereka di ruang ganti, menerima bahwa itu tak cukup, bahwa kami tampil dalam level yang sangat apik di beberapa bagian tapi yang lainnya tidak bisa diterima."

2 dari 2 halaman

Arsenal Tim yang Muda, Tapi...

Pada akhirnya, Arsenal masih dalam tahap belajar. Mereka diperkuat oleh sejumlah pemain muda yang punya potensi besar namun belum dibekali pengalaman. Arteta paham, tapi tidak menganggapnya sebagai alasan.

"Kami adalah tim termuda di liga ini, tapi itu bukan alasan. Kami tidak bisa mengubah usia," ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai asisten pelatih di Manchester City itu.

"Kami tidak bisa mencari-cari alasan - kami harus mencari tahu mengapa hal semacam ini terjadi dalam permainan, menemukan solusi yang tepat dan menerapkannya dengan benar serta percaya bahwa mereka bisa bermain pada level itu, sebab mereka memang mampu," pungkasnya.

Sayang, Arsenal tidak punya waktu banyak untuk merayakan keberhasilannya mengalahkan Aston Villa. Sebab mereka harus menjamu Leeds United di Emirates Stadium dalam laga 16 besar Carabao Cup hari Rabu (27/10/2021) nanti.

(Arsenal.com)

KOMENTAR