BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Serba-serbi Trofi Premier League Man City serta Catatan Laga vs Brighton

13-05-2019 01:51 | Yaumil Azis

Josep Guardiola angkat trofi Premier League 2018/2019. (c) AP Photo Josep Guardiola angkat trofi Premier League 2018/2019. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City berhasil mempertahankan gelar Premier League usai mengalahkan Brighton pada hari Minggu (12/5), malam WIB. Laga itu sendiri menghasilkan beberapa catatan penting, terutama soal trofi Premier League yang diraih oleh The Citizens.

Para penggemar City sempat dibuat keringat dingin setelah Brighton mencetak gol lebih dulu melalui aksi Glenn Murray di menit ke-27. Kedudukan langsung berbalik setelah Sergio Aguero dan Aymeric Laporte membobol gawang Brighton dalam waktu 10 menit saja.

Seolah belum puas, Manchester City menambah keunggulannya di babak kedua berkat aksi Riyad Mahrez dan Ilkay Gundogan. Wasit lalu meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, dan menyatakan City sebagai pemenangnya.

Dengan demikian, mereka kembali mendapatkan trofi Premier League yang berhasil diangkatnya pada musim kemarin. Beberapa catatan penting tercipta seputar klub dengan gelar tersebut, serta sedikit soal laga vs Brighton. Dilansir dari BBC Sport, berikut di antaranya.

1 dari 3 halaman

Catatan Laga Leicester vs Chelsea

1. Manchester City memenangkan gelar Premier League keempatnya hanya Manchester United (13) dan Chelsea (lima) yang mampu meraih gelr lebih banyak di kompetisi tersebut.

2. Secara keseluruhan, City telah memenangkan gelar keenam di kompetisi tertinggi Inggris. Mereka juga menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar sejak Manchester United di musim 2008-2009.

3. Ini adalah kali kedelapan juara Premier League ditentukan di laga terakhir dalam satu musim. Manchester City meraih tiga kemenangan di antaranya (2011-2012, 2013-2014, dan 2018-2019).

4. City mendapatkan 98 poin, menyamai torehan kedua terbanyak dalam sejarah kompetisi tertinggi Inggris (dengan tiga poin untuk satu kemenangan) - City juga yang memegang torehan poin terbanyak (100 di 2017-2018).

5. Untuk kali pertama Manchester City kebobolan lebih dulu di laga Premier League, sejak terakhir dirasakan pada bulan Desember saat kalah dari Chelsea - mereka tertinggal selama 83 detik sebelum Sergio Aguero menyamakan kedudukan.

2 dari 3 halaman

Lanjutan

6. City berhasil memenangkan 14 laga Premier League terakhirnya - hanya City juga (18 di bulan Desember 2017) yang mencatatkan torehan kemenangan yang lebih panjang di kompetisi tersebut.

7. City telah memenangkan 32 laga Premier League musim ini - menyamai rekornya sendiri di kompetisi tersebut sejak musim lalu (peraih kemenangan terbanyak dalam satu musim di kompetisi itu).

8. Sergio Aguero telah mencetak 32 gol untuk Manchester City di semua kompetisi musim ini - hanya di musim 2016-2017 (33), dia mencatatkan torehan lebih banyak.

9. David Silva memproduksi 18 assist untuk Sergio Aguero di ajang Premier League - hanya tiga pemain yang mampu membuat assist lebih banyak di kompetisi tersebut (Frank Lampard kepada Didier Drogba, Darren Anderton untuk Teddy Sheringham, dan Steve McManaman untuk Robbie Folwer).

10. Glenn Murray mencetak 36 persen gol Brighton di Premier League (25/69), proporsi terbanyak untuk tim apapun dalam sejarah kompetisi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini

Berita video komentar kedua manajer, Jurgen Klopp dan Pep Guardiola, soal kans juara Liverpool dan Manchester City pada Premier League 2018-2019.

Harry Maguire Resmi Jadi Bek Termahal di Dunia

KOMENTAR