BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Seperti Era Mourinho, Chelsea-nya Tuchel Juga Sukses Mengguncang Dunia

21-09-2021 11:59 | Asad Arifin

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel bersama Kai Havertz (c) AP Photo
Manajer Chelsea, Thomas Tuchel bersama Kai Havertz (c) AP Photo

Bola.net - Thomas Tuchel dinilai telah membawa Chelsea ke arah positif. Bahkan, menurut sang mantan pemain, Andy Townsend, The Blues di bawah kendali Tuchel mampu mengguncang dunia.

Tuchel memberi kejayaan instan bagi The Blues. Ditunjuk sebagai pelatih pada Januari 2021, Tuchel hanya butuh waktu empat bulan untuk memberikan gelar juara Liga Champions pada Chelsea.

Bukan hanya raihan gelar juara, Tuchel juga telah menjadikan Chelsea sebagai tim yang solid. Performa Chelsea acap kali dianggap mengalami kemajuan yang signifikan jika dibanding manajer sebelum Tuchel.

1 dari 3 halaman

Seperti Mourinho

Townsend membandingkan hasil kerja Tuchel dengan Chelsea era Jose Mourinho, pada periode pertama sebagai pelatih. Kedua manajer mampu memberi dampak besar bagi klub dan memberikan gelar juara.

"Ada banyak hal yang bisa dikagumi tentang cara kerja Thomas Tuchel,” kata Townsend dikutip dari talkSPORT.

"Ketika Jose pertama kali tiba di Chelsea, dia sukses mengguncang dunia," sambung sosok yang pernah membela Aston Villa itu.

2 dari 3 halaman

Mourinho Kudeta Ferguson

Chelsea di bawah Roman Abramovich tak langsung sukses. Mereka baru sukses saat Mourinho datang. Kala itu, manajer asal Portugal sukses menumbangkan dominasi Manchester United dan Sir Alex Ferguson.

"Mourinho mengerek Chelsea ke atas. Mereka merebut kekuasaan dari Ferguson ketika mereka dalam kemegahannya."

“Tuchel datang pada Januari, jika dia mendapatkan Chelsea di tempat mereka hari ini, posisi teratas, dengan Liga Champions di ikat pinggangnya, dia juga melakukan sesuatu yang sangat sangat istimewa," katanya.

3 dari 3 halaman

Level Pemain

Townsend juga melihat Tuchel sukses meningkatkan level pemain Chelsea secara personal. Cesar Azpilicueta mendapatkan ritme permainan terbaiknya. Begitu juga dengan Reece James yang berkembang pesat.

"Marcos Alonso sangat berubah saat ini dia salah satu pemain menyerang terbaik mereka," tutup Townsend.

Sumber: talkSPORT

KOMENTAR