BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sepak Bola Berubah, Antara Pelatih Top dan Pelatih yang Andalkan Uang

29-05-2020 04:00 | Richard Andreas

Manajer Tottenham Jose Mourinho. (c) AP Photo Manajer Tottenham Jose Mourinho. (c) AP Photo

Bola.net - Pandemi virus corona tidak hanya memaksa sepak bola berhenti sejenak. Lebih dari itu, diduga dunia sepak bola bakal jauh berbeda ketika dilanjutkan nanti.

Hal ini disampaikan langsung oleh analis Sky Sports, Paul Merson. Menurutnya, krisis finansial yang disebabkan oleh virus corona merupakan masalah besar bagi setiap klub, tidak hanya klub top.

Dia yakin beberapa musim ke depan sepak bola tidak akan bergelimang uang seperti beberapa tahun terakhir. Artinya, tidak akan ada transfer pemain dengan harga mahal, tidak ada usaha mengembangkan tim secara instan dengan langsung membeli pemain mahal.

Juga, pada saat itulah kualitas pelatih bakal benar-benar diuji. Apa maksudnya? Selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Pelatih Harus Jadi Pelatih

Menurut Paul Merson, pelatih modern diuntungkan dengan sirkulasi uang yang begitu besar di dunia sepak bola. Sekarang, karena krisis finansial, sepertinya klub-klub harus berhemat sampai beberapa tahun.

Karena itulah sebagian besar klub akan berhati-hati, dan karena itulah pelatih harus bekerja keras dengan memanfaatkan pemain yang ada.

"Jika pemain sudah berusia 27 atau 28, saya tidak bisa membayangkan mereka pergi dengan harga tinggi. Pemain yang dahulu dinilai 80-90 juta pounds mungkin bakal jadi 40-50 juta pounds. Dan bagaimana Anda membeli pemain jika perjalanan luar negeri dibatasi?" buka Merson.

"Saya justru cukup senang dengan itu, karena sekaranglah pelatih harus jadi pelatih yang sebenarnya. Mereka harus bisa meningkatkan kualitas pemain-pemain yang ada."

2 dari 2 halaman

Membantu Pemain Muda

Bagi Merson, perubahan ini justru bagus untuk sepak bola. Dia percaya bakal ada lebih banyak pemain muda yang mendapatkan kesempatan bermain, juga pelatih-pelatih yang benar-benar berkualitas bisa membuktikan diri.

"Pelatih-pelatih bagus bakal muncul ke permukaan dan mereka yang tidak bagus bakal kesulitan. Beberapa bakal berkembang, lainnya tidak," sambung Merson.

"Saya kira situasi ini bakal sangat membantu pemain-pemain muda, sebab mau tak mau Anda harus memberi kesempatan pada mereka. Ada beberapa pemain muda brilian yang tidak mendapatkan kesempatan karnea klub bisa membeli pemain senilai 50 juta pounds dalam satu kedipan," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR