BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sendirian, Van Dijk Sukses Mengubah Liverpool Sepenuhnya

06-05-2019 17:51 | Dimas Ardi Prasetya

Virgil van Dijk usai membobol gawang Newcastle (c) AP Photo Virgil van Dijk usai membobol gawang Newcastle (c) AP Photo

Bola.net - Eks kapten Liverpool Jamie Redknapp mengklaim Virgil Van Dijk seorang diri telah berhasil mengubah The Reds menjadi skuat yang tangguh.

Banyak yang mencibir ketika Liverpool bersedia membeli Van Dijk dengan harga fantastis, 75 juta pounds, pada musim dingin 2018 lalu. Harga itu dianggap terlalu kemahalan untuk seorang bek.

Ia juga dianggap tak akan bisa menuntaskan masalah Liverpool di lini pertahanan. The Reds dianggap butuh tambahan pemain lain untuk bisa mengatas masalah klasik tersebut.

Namun Van Dijk menepis semua cibiran dan keraguan itu dengan tuntas berkat performanya di atas lapangan. Ia membuat pertahanan The Reds menjadi sangat kuat dan ia juga membantu pemain di sekitarnya tampil lebih baik.

Kehebatan Van Dijk sudah diakui oleh otoritas Premier League. Maka dari itu ia pun dianugerahi penghargaan pemain terbaik liga musim ini.

1 dari 2 halaman

Ubah Total


Van Dijk baru saja menjadi perbincangan para fans. Hal tersebut tak lepas dari perannya yang ikut menentukan kemenangan Liverpool atas Newcastle pada akhir pekan kemarin.

Saat skor sama kuat 2-2, Liverpool mendapat tendangan bebas di sisi kiri pertahan Newcastle. Saat itu Trent Alexander-Arnold berniat untuk mengeksekusi free kick tersebut.

Namun Van Dijk kemudian meminta Trent memberikan jatah itu pada Xherdan Shaqiri. Hal tersebut ternyata jitu karena tendangan bebas Shaqiri mampu ditanduk oleh Divock Origi pada menit ke-86. Liverpool akhirnya menang 2-3.

“Ada satu momen selama kemenangan Liverpool atas Newcastle yang menangkap dampak Virgil van Dijk terhadap tim Jurgen Klopp," bukanya pada Daily Mail.

“Dengan Xherdan Shaqiri dan Trent Alexander-Arnold berdiri di atas tendangan bebas, Van Dijk mendesak gelandang Swiss itu untuk mengambilnya. Hasilnya? Shaqiri memberikan umpan silang untuk Divock Origi untuk mencetak gol kemenangan melalui sundulan kepala yang membuat asa Liverpool meraih trofi juara tetap hidup," cetusnya.

“Beberapa berpendapat bahwa akan diperlukan lebih dari satu pemain untuk menuntaskan masalah di lini pertahanan Liverpool. Van Dijk tidak hanya melakukan itu tetapi ia telah mengubah tim ini sepenuhnya," pujinya.

2 dari 2 halaman

Pemimpin


Saat ini, bek asal Belanda itu adalah kapten ketiga Liverpool. Skipper utama The Reds adalah Jordan Henderson dan deputinya adalah James Milner.

Meski demikian menurut Redknapp, Van Dijk bisa disebut sebagai pemimpin sesungguhnya di Liverpool. Ia juga memuji bek 27 tahun itu sebagai defender terbaik di pentas EPL.

“Ia adalah seorang pemimpin, seorang organisator dan kehadiran yang menenangkan yang digulung menjadi satu," cetusnya.

"Saya tidak bisa memikirkan pemain lain yang memiliki dampak lebih besar pada sebuah tim di Premier League," seru Redknapp.

Jadwal Liverpool vs Chelsea di UEFA Super Cup 2019

KOMENTAR