BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Selebrasi Alisson Terinspirasi Aksi Pepe Reina di Liverpool 14 Tahun Silam

20-01-2020 20:58 | Dimas Ardi Prasetya

Alisson Becker (c) AP Photo Alisson Becker (c) AP Photo

Bola.net - Kiper Liverpool Alisson Becker mengakui selebrasinya dengan Mohamed Salah terinspirasi oleh aksi Pepe Reina saat melawan Manchester United 14 tahun silam.

Liverpool menjamu Manchester United di Anfield, Minggu (19/01/2020). Pertandingan itu berlangsung dengan alot meski level The Reds saat ini berada di atas Setan Merah.

Liverpool bisa mencetak gol lebih dahulu melalui Virgil Van Dijk pada menit ke-14. The Reds kemudian sempat mencetak dua gol lagi melalui Roberto Firmino dan Georginio Wijnaldum.

Akan tetapi kedua gol itu sama-sama dianulir wasit melalui VAR. Setan Merah sempat mendapat kans untuk bisa membalas namun gagal memaksimalkan peluang-peluang yang didapatnya.

Liverpool gagal membunuh perlawanan United dengan cepat. Namun pada akhirnya gol kedua yang mereka cari baru muncul pada menit ke-90+3 melalui Mohamed Salah.

1 dari 3 halaman

Selebrasi Maraton

Gol itu tercipta via counter attack. Awalnya Manchester United mendapat sepak pojok, namun bola pada akhirnya bisa diamankan oleh Alisson Becker dengan mudah.

Kiper asal Brasil itu tak berlama-lama dengan bola. Ia melihat Mohamed Salah langsung melakukan sprint sebelum melewati garis tengah lapangan.

Umpan Alisson sampai ke sasaran dengan akurat dan membuat Salah dengan mudah bisa melaju ke kotak penalti. Meski sempat diganggu oleh Daniel James, Salah tetap bisa melepas tendangan dengan kaki kirinya dan bola meluncur tanpa bisa dibendung David De Gea.

Anfield pun meledak. Salah langsung merayakan gol tersebut dengan mencopot jerseynya. Alisson sendiri otomatis berlari meninggalkan gawangnya dan menghampiri pemain asal Mesir itu dan kemudian memeluknya.

2 dari 3 halaman

Terinspirasi Pepe Reina

Pepe Reina saat masih di Liverpool (c) AFP Pepe Reina saat masih di Liverpool (c) AFP

Usai pertandingan, Alisson Becker mengakui bahwa selebrasi itu terinspirasi oleh aksi Pepe Reina, juga saat bermain melawan Manchester United 14 tahun silam. Saat itu Reina berlari ke arah David N'Gog yang baru saja menjebol gawang Setan Merah.

Alisson mengungkapkan hal tersebut dalam wawancara usai pertandingan. Ia meladeni wawancara itu dengan bahasa Portugis, namun dengan jelas terdengar bahwa saat itu ia sempat menyebut nama Reina.

3 dari 3 halaman

Alisson Ikuti Jejak Reina

Alisson Becker tak cuma meniru Pepe Reina dalam melakukan selebrasi. Ia juga mencatatkan prestasi spesial saat mencatatkan assist bagi Mohamed Salah.

Alisson jadi kiper pertama yang tercatat memberikan assist di pentas Premier League sejak Pepe Reina terakhir melakukannya pada tahun 2010 silam.

"Alisson adalah kiper pertama Liverpool yang mencatatkan assist untuk sebuah gol di Premier League sejak Pepe Reina memberikan umpan pada Fernando Torres lawan Sunderland pada Maret 2010."

Dengan kemenangan atas Manchester United itu, Alisson Becker dan Liverpool kini mencatatkan tujuh clean sheet secara beruntun di pentas Premier League. Prestasi itu seperti itu terakhir kali dicatatkan di liga pada Desember 2006 silam.

(empire of the kop/opta)

KOMENTAR