BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Selamat! Leeds United Kembali ke Premier League Musim 2020/21

18-07-2020 02:29 | Richard Andreas

Fans Leeds United merayakan promosi tim kesayangan mereka ke Premier League 2020/21 mendatang. (c) AP Photo Fans Leeds United merayakan promosi tim kesayangan mereka ke Premier League 2020/21 mendatang. (c) AP Photo

Bola.net - Leeds United baru saja mengamankan satu tempat di Premier League musim 2020/21 mendatang. Setelah 16 tahun absen, klub dengan sejarah besar ini bakal kembali bermain di level tertinggi.

Pasukan Marcelo Bielsa mengalahkan Barnsley 1-0 di Ellan Road, Kamis (16/7/2020) kemarin. Hasil ini berarti mereka hanya butuh satu poin untuk memastikan tiket promosi.

Juga, dengan hasil tersebut berarti Leeds bakal mengamankan puncak klasemen Championship jika West Brom kehilangan poin saat menyambangi Huddersfield, Jumat (17/7/2020). Harapan ini pun terkabul, West Brom justru kalah 1-2 di kandang Huddersfield.

Alhasil, Leeds dipastikan promosi ke Premier League meski masih menyisakan dua pertandingan. Sekarang mereka ada di puncak klasemen dengan 87 poin, West Brom mengekor dengan 82 poin.

Barca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Bisa bersantai

Setelah kemenangan Leeds kemarin, Bielsa menegaskan bahwa timnya tidak akan bergantung pada hasil West Brom atau Brentford. Pelatih senior ini bahkan tidak mau menonton pertandingan rival-rival terdekatnya.

"Tidak, kami selalu berpikir bahwa semuanya ada di tangan kami. Kami hanya memikirkan pertandingan berikutnya. Sampai secara matematis situasinya sudah pasti, kami tidak akan berpikir soal promosi," ujar Bielsa.

Kini, pelatih asal Argentina itu boleh bersantai. Leeds dijamin naik kasta, paling buruk mereka finis sebagai runner-up musim ini.

2 dari 3 halaman

Bisa juara

Selain sudah pasti promosi, Leeds juga punya peluang menjuarai Championship musim ini. Mereka hanya butuh satu kemenangan lagi, entah itu melawan Derby County atau Charlton di sisa dua laga ini.

Keberhasilan Leeds ini adalah bukti kerja keras Bielsa. Musim lalu mereka finis di peringkat ketiga, nyaris lolos, tapi gagal di semifinal babak play-off.

Lalu, Leeds sempat tersandung ketika musim ini dilanjutkan kembali pasca-lockdown. Mereka kalah 0-2 dari Cardiff, hasil yang mengecewakan.

Kendati demikian, Leeds bangkit dan memenangi lima dari enam pertandingan berikutnya, termasuk kemenangan 5-0 atas Stoke City.

Sekarang dengan 26 kemenangan, Bielsa menuntun timnya memasuki petualangan baru musim depan.

3 dari 3 halaman

Kembalinya sang juara

Kembalinya Leeds ke Premier League jelas jadi berita besar. Bagaimanapun, Leeds adalah salah satu klub besar dalam sejarah sepak bola Inggris.

Leeds mengoleksi 3 gelar Liga Inggris, satu FA Cup, satu Piala Liga, dua Community Shields, dan dua Inter-Cities Fairs Cups. Klub ini pernah mencapai final Piala Eropa 1975, tapi kalah dari Bayern Munchen.

Leeds juga sukes mencapai semifinal turnamen Eropa dalam format baru, alias Liga Champions pada tahun 2001 lalu. Mereka pun merupakan runner-up European Cup Winners Cup 1973. Singkatnya, Leeds pernah jadi klub besar, dan sekarang mulai kembali ke level itu bersama Bielsa.

Sumber: Goal

KOMENTAR