BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sejarah! Wasit Luar Inggris untuk Kali Pertama Akan Pimpin Laga Premier League Akhir Pekan Ini

21-09-2021 16:30 | Ari Prayoga

Trofi Premier League. (c) AP Photo
Trofi Premier League. (c) AP Photo

Bola.net - Premier League akan menorehkan sejarah pada akhir pekan ini karena menurut rencana, partai Watford vs Newcastle pada Sabtu (25/9/2021) akan dipimpin oleh wasit dari luar Inggris.

Wasit yang dimaksud adalah Jarred Gillett. Pria asal Australia ini pindah ke Inggris sejak 2019 lalu, setelah beberapa kali memimpin pertandingan A-League.

Sebelum musim 2021/22 ini dimulai, Gillett sudah dimasukkan ke dalam daftar wasit yang mengadili pertandingan-pertandingan Premier League, dan laga Watford vs Newcastle akan menjadi yang pertama bagi Gillett.

1 dari 2 halaman

Sejarah Premier League

Dilansir The Sun, terpilihnya Gillett sebagai wasit laga Watford vs Newcastle akhir pekan ini menjadi sejarah tersendiri karena ini bakal menjadi kali pertama pertandingan Premier League dipimpin oleh wasit luar Inggris.

Mengenai reputasi, Gillett tak perlu diragukan lagi. Pria 34 tahun itu sempat menjadi wasit FIFA selama enam tahun sebelum datang ke Inggris untuk menjadi periset pascadoktoral di Universitas John Moores, Liverpool.

Sejatinya, Gillett bukanlah pria yang lahir di luar Inggris pertama yang menjadi wasit di Premier League. Sebelumnya ada pria asal Irlandia, Dermot Gallagher yang bertugas sejak awal 90-an hingga pensiun pada 2007 silam.

Meski demikian, kala itu Gallagher terdaftar menjadi wasit federasi sepak bola Inggris FA setelah pindah ke Oxfordshire ketika masih muda.

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak Jarred Gillett

Sebelumnya, Gillett bertugas di Championship dan beberapa bulan terakhir menjadi ofisial keempat serta wasit VAR di sejumlah laga Premier League.

Pada pekan pertama musim ini, Gillett sempat mengesahkan gol James Tarkowski dalam laga Burnley vs Brighton meski sempat ada perdebatan mengenai terjadi atau tidaknya pelanggaran sebelum gol tercipta.

Pada 2019 lalu, Gillett yang kala itu menjadi wasit VAR sempat menganulir gol Sokratis Papastathopoulos dalam laga Arsenal vs Crystal Palace. Beberapa pekan berselang, Unai Emery dipecat dari posisi manajer.

Sumber: The Sun

KOMENTAR