BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sejak Sir Alex Ferguson Pensiun, Siapa 33 Rekrutan Terbaik dan Terburuk Manchester United?

11-05-2020 12:39 | Afdholud Dzikry

Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba. (c) AFP Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba. (c) AFP

Bola.net - Bersama Sir Alex Ferguson, Manchester United menjelma menjadi kekuatan besar di daratan Eropa untuk urusan sepak bola. Status sebagai yang terbaik pun seperti selalu mengiringi perjalanan The Red Devils di setiap musimnya.

Namun, setelah Sir Alex Ferguson pensiun sebagai manajer, Setan Merah sulit kembali menemukan kejayaannya. Di bawah kendali Ferguson saja, Manchester United mampu meraih 13 trofi Premier League.

Manajer asal Skotlandia itu memutuskan pensiun pada 2013. Hal itu berarti Setan Merah sudah tujuh tahun ditinggal Sir Alex Ferguson.

Sepanjang tujuh tahun itu, Manchester United mengalami performa naik turun. Setelah Alex Ferguson pensiun, Setan Merah ditangani lima manajer berbeda.

Kelima pelatih tersebut ialah David Moyes (2013-2014), Ryan Giggs (2014), Louis van Gaal (2014-2016), Jose Mourinho (2016-2018), dan Ole Gunnar Solskjaer (2018-sekarang).

Bersama kelima manajer tersebut, selama tujuh tahun itu, Setan Merah tak meraih gelar Premier League dan Liga Champions. Manchester United hanya merengkuh Piala FA (2015-2016), Piala Liga Inggris (2015-2016), Community Shield (2016), dan Liga Europa 2016-2017.

Dalam rentang waktu itu pula, pemain datang dan pergi. Ada keputusan transfer yang tepat, ada pula yang menjadi blunder. Tercatat sudah 33 pemain yang didatangkan manajemen Manchester United setelah Ferguson pensiun.

Baru-baru ini ESPN via Give Me Sports, mengklasifikasi para pemain yang didatangkan tersebut ke dalam tiga kategori, yakni terbaik, buruk dan sangat buruk.

Melansir dari Bola.com, berikut kami sajikan daftar rekrutan Manchester United setelah Sir Alex Ferguson pensiun, yang masuk kategori terbaik, buruk dan sangat buruk, Senin (11/5/2020).

1 dari 3 halaman

Terbaik

Selebrasi Odion Ighalo usai membobol gawang Derby County di Piala FA, Jumat (6/3/2020) dini hari. (c) AP Photo Selebrasi Odion Ighalo usai membobol gawang Derby County di Piala FA, Jumat (6/3/2020) dini hari. (c) AP Photo

Pemain-pemain yang masuk kategori terbaik: Juan Mata, Anthony Martial, Marouane Fellaini, Daley Blind, Nemanja Matic, Romelu Lukaku, Eric Bailly, Sergio Romero, Zlatan Ibrahimovic, Harry Maguire, Daniel James, Aaron Wan-Bissaka, Bruno Fernandes, Odion Ighalo, Lee Grant.

Dari ke-15 pemain tersebut mungkin hanya nama Romelu Lukaku yang bisa dibilang cukup mengejutkan. Pasalnya, pemain asal Belgia itu tak begitu menunjukkan performa meyakinkan hingga akhirnya dilepas Manchester United ke Inter Milan pada bursa transfer musim panas lalu.

Sementara, Zlatan Ibrahimovic bisa dikatakan yang terbaik. Striker asal Swedia itu mampu mengemas 29 gol dari 53 penampilan bersama Setan Merah.

2 dari 3 halaman

Buruk

Radamel Falcao (c) AFP Radamel Falcao (c) AFP

Pemain-pemain yang masuk kategori buruk: Ander Herrera, Paul Pogba, Luke Shaw, Marcos Rojo, Victor Lindelof, Matteo Darmian, Fred, Henrikh Mkhitaryan, Memphis Depay, Morgan Schneiderlin, Diogo Dalot, Radamel Falcao, Guillermo Varela, Victor Valdes, Saidy Janko.

Masuknya Paul Pogba ke kategori buruk mungkin tak banyak pendukung Manchester United yang sepakat. Cedera yang sering menimpa Pogba membuat pemain berpaspor Prancis itu kerap absen membela Setan Merah.

3 dari 3 halaman

Sangat Buruk

Angel Di Maria (c) AFP Angel Di Maria (c) AFP
  • Alexis Sanchez
  • Bastian Schweinsteiger
  • Angel Di Maria

Tak bisa dimungkiri, ketiga pemain tersebut tak menunjukkan penampilan terbaik saat berkostum Manchester United. Kondisi tersebut membuat para pemain tersebut tak bertahan lama di Old Trafford.

Sumber: ESPN, Give Me Sport

Disadur dari: Bola.com (Faozan Tri/Aning Jati)

Published: 11/5/2020

KOMENTAR