BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sebelum Thiago, Ini Nama-nama Legendaris Pemakai Jersey Nomor 6 di Liverpool

18-09-2020 06:15 | Dimas Ardi Prasetya

Thiago Alcantara ketika membela Bayern Munchen melawan PSG di final Liga Champions. (c) AP Photo Thiago Alcantara ketika membela Bayern Munchen melawan PSG di final Liga Champions. (c) AP Photo

Bola.net - Thiago Alcantara akan segera merapat ke Anfield setelah Liverpool menuntaskan negosiasinya dengan Bayern Munchen dan di klub Merseyside itu ia akan memakai jersey nomor 6.

Kabar bahagia yang dinanti-nantikan fans Liverpool itu akhirnya datang. Klub kesayangan mereka akan segera memboyong Thiago. The Reds sudah cukup lama dkaitkan dengan pemain Spanyol tersebut.

Thiago disebut ingin pindah ke Liverpool. Bayern pun sudah siap melepasnya. Namun Liverpool tak kunjung bergerak untuk menggelar negosiasi dengan klub Bavaria tersebut.

Transfer Thiago pun sempat tidak jelas. Bahkan ada kabar Liverpool mungkin akan menunda perekrutannya karena enggan memenuhi bandrol 30 juta pounds yang dipatok Bayern.

Namun akhirnya Liverpool bergerak juga. Mereka dikabarkan sudah menuntaskan nego harga dengan Bayern pada hari Kamis (17/09/2020). Thiago kabarnya akan diborong dengan harga total bernilai 26-27 juta pounds.

Thiago bakal dikontrak selama empat tahun. Ia pun akan memakai jersey nomor 6 yang sekarang tengah lowong. Nomor itu sendiri ia kenakan sebelumnya di Bayern.

Nomor 6 itu sendiri sebelumnya sudah dipakai banyak pemain, termasuk sejumlah nama besar yang pernah menghuni Anfield. Berikut beberapa nama legendaris yang pernah memakai nomor tersebut selama membela Liverpool.

1 dari 9 halaman

Phil Thompson

Phil Thompson memulai karirnya bersama Liverpool sejak tahun 1971. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini memperkuat The Reds hingga tahun 1984.

Bersama Liverpool, Phil meraih banyak gelar juara. Di antaranya tujuh gelar liga dan tiga gelar juara Eropa (UCL).

2 dari 9 halaman

Mark Lawrenson

Mark Lawrenson mengawali karirnya di Preston North End sebelum akhirnya bersinar bersama Brighton. Pemain yang bermain di sektor bek ini akhirnya merapat ke Liverpool pada tahun 1981.

Pria asal Irlandia ini bermain di Anfield hingga tahun 1988. Lima gelar juara liga berhasil diraihnya selama bermain di Liverpool, plus satu gelar juara di level Eropa dan sejumlah gelar lain di kompetisi domestik.

3 dari 9 halaman

Alan Hansen

Satu lagi legenda yang bermain di posisi bek tengah. Alan Hansen menjadi andalan Liverpool dari tahun 1977 hingga 1991 silam.

Bek asal Skotlandia ini mengoleksi 25 gelar juara selama di Liverpool. Enam di antaranya gelar liga dan tiga gelar Liga Champions.

4 dari 9 halaman

Jan Molby

Mantan gelandang Liverpool dari tahun 1984 hingga 1996. Pria asal Denmark ini diboyong dari Ajax Amsterdam.

Jan Molby sempat mengoleksi delapan gelar juara selama di Anfield. Tiga di antaranya adalah gelar juara liga.

5 dari 9 halaman

Neil Ruddock

Jangan macam-macam dengan Neil Ruddock. Pria yang bermain di pos bek tengah ini dikenal kejam dalam menjalankan tugasnya mengamankan area kotak penalti.

Tak heran jika ia masuk daftar pesepakbola paling kasar sepanjang masa dalam sebuah voting. Pria asal Inggris ini membela Liverpool dari tahun 1993 hingga 1998.

Sayangnya ia tak cukup sukses di Liverpool. Ia hanya bisa membawa pulang gelar League Cup pada musim 1994-95.

6 dari 9 halaman

Markus Babbel

Pria yang satu ini memiliki kemiripan dengan Thiago Alcantara. Ia pernah menjadi bagian dari skuat Bayern Munchen.

Markus Babbel adalah seorang defender. Ia bisa bermain sebagai bek tengah maupun bek kanan. Ia bermain di Liverpool dari tahun 2000 hingga 2004.

Ia masuk dalam skuat yang memenangi treble pada musim 2000-01. The Reds, yang saat itu ditukangi Gerard Houllier, berhasil memenangi UEFA Cup, Piala Liga, dan FA Cup.

7 dari 9 halaman

John Arne-Riise

Pria asal Norwegia ini bisa dibilang sebagai salah satu bek kiri terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. John Arne-Riise memiliki postur tubuh yang tinggi besar, lari kencang, crossing yang apik, plus tendangan roket maut.

Ia membela Liverpool dari tahun 2001 hingga 2008. Tentu saja, ia menjadi bagian dari skuat yang membuat keajaiban di Istanbul pada tahun 2005.

Riise berperan memberikan assist pada gol pertama Liverpool ke gawang AC Milan yang dicetak Steven Gerrard. Selain gelar UCL itu, ia mempersembahkan enam gelar lainnya bagi The Reds selama bermukim di Anfield.

8 dari 9 halaman

Fabio Aurelio

Seorang bek kiri yang hebat. Sayangnya Fabio Aurelio kerap dihajar cedera. Ia dicomot Liverpool secara gratis ketika kontraknya di Valencia berakhir pada tahun 2006.

Aurelio membela Liverpool selama enam musim. Ia sempat membantu The Reds memenangi dua gelar yakni Community Shield dan Piala Liga.

Meski tak banyak memberikan gelar namun namanya akan cukup lekat di ingatan fans Liverpool. Hal tersebut tak lepas dari aksinya kala membantu The Reds menang 4-1 atas Manchester United di Old Trafford pada Maret 2009.

9 dari 9 halaman

Dejan Lovren

Semua fans Liverpool pasti mengenal Lord Dejan Lovren. Bek asal Kroasia ini dibenci tapi juga disayang para Kopites.

Lovren memikat Liverpool kala memperkuat Southampton dan kemudian membelinya seharga 20 juta pounds pada tahun 2014 silam. Itu membuatnya jadi bek termahal di sepanjang sejarah klub sebelum akhirnya dipecahkan oleh Virgil van Dijk.

Lovren kerap membuat gemas fans karena cukup sering membuat blunder yang fatal. Namun ia ikut ambil bagian dari skuat yang sukses jadi juara Premier League untuk pertama kalinya. Ia akhirnya dilego Liverpool ke Zenit St Petersburg pada musim panas 2020 dan nomor punggungnya pun kini diserahkan kepada Thiago Alcantara.

(Transfermarkt)

KOMENTAR