BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sebelum Premier League Dimulai, Klub Inggris Dibolehkan Gelar Laga Uji Coba

03-06-2020 09:41 | Yaumil Azis

Sportivitas skuad Chelsea dan Manchester United usai berduel di Premier League. (c) AP Photo Sportivitas skuad Chelsea dan Manchester United usai berduel di Premier League. (c) AP Photo

Bola.net - Premier League akan dimulai kembali pada tanggal 17 Juni nanti. Namun klub diperbolehkan kembali beraksi lebih awal dari tanggal yang sudah ditetapkan.

Seperti yang diketahui, Premier League telah ditunda sejak bulan Maret akibat pandemi virus Corona yang melanda Inggris. Tidak hanya pertandingan, aktivitas latihan di tempat publik pun dilarang selama masa ini.

Angka kasus positif virus Corona di Inggris sebenarnya masih cukup mengkhawatirkan. Tetapi, pemerintah setempat telah melonggarkan kebijakan lockdown hingga Premier League pun bisa digelar kembali.

Jelas, ada masalah besar yang sedang menanti kembalinya Premier League. Yaitu soal kondisi fisik pemain. Selama tiga bulan mereka tidak bermain dan berlatih secara penuh dan resikonya adalah para pemain bisa mengalami cedera.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Beberapa Aturan yang Harus Dipatuhi

Agar kondisinya bisa pulih 100 persen setelah 'berlibur' tiga bulan, laga uji coba pun perlu dilaksanakan. Beruntung buat mereka, penyelenggara Premier League memperbolehkan klub untuk menggelar partai uji coba sebelum liga dimulai.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh setiap klub, seperti yang dikutip dari Goal. Pertama, klub hanya boleh bertandang ke kandang lawan dengan waktu tempuh tidak melebihi 90 menit dari markasnya sendiri.

Aturan jarak tempuh ini tidak berlaku bagi semua klub. Untuk Newcastle dan juga Norwich misalnya, klub diperbolehkan mengunjungi kandang tim lawan melebihi waktu tempuh yang disarankan jika markas mereka jauh dari tempat lain.

2 dari 2 halaman

Tidak Boleh Dipimpin oleh Wasit

Saat bepergian ke markas lawan, para pemain yang terlibat hanya diperbolehkan menggunakan kendaraan pribadinya. Lalu pertandingan tidak boleh dipimpin oleh wasit, namun oleh staf pelatih dari kedua tim.

Lebih lanjut, pemain hanya diperbolehkan untuk ikut serta jika hasil tes Covid-19 terbarunya negatif. Klub juga harus membuat perancangan tata parkir guna mengikuti aturan social distancing yang disepakati.

Sejumlah klub Premier League sudah menghubungi peserta divisi Championship untuk mengagendakan pertandingan uji coba dalam waktu dekat. Berhubung Premier League akan digelar kembali dua pekan lagi.

(Goal International)

KOMENTAR