Sebelum Aubameyang, Begini Nasib Para Penyerang Tua yang Dibeli Chelsea

Asad Arifin | 19 Agustus 2022, 12:25
Aksi Pierre-Emerick Aubameyang dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo
Aksi Pierre-Emerick Aubameyang dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea tengah mencari juru gedor baru untuk mengarungi musim 2022/2023. Mereka sedang mendekati mantan striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang untuk mau bergabung bersama The Blues.

Saat ini Chelsea memang tengah mengalami krisis striker. Mereka baru saja ditinggal Romelu Lukaku yang dipinjamkan ke Inter Milan dan Timo Werner yang balik kucing ke RB Leipzig.

Aubameyang dianggap sebagai pilihan yang tepat bagi Chelsea mengingat performanya yang kembali meningkat di Barcelona. Aubameyang tercatat mencetak 13 gol dari 23 laga bersama Barcelona musim lalu.

Namun Barcelona hanya ingin melepas Aubameyang dengan harga lebih dari 30 juta euro. Chelsea masih ingin menurunkan harga tersebut mengingat usia Aubameyang yang sudah menginjak 33 tahun.

Jika Aubameyang berhasil merapat ke Stamford Bridge, ia bukan striker kepala tiga pertama yang didatangkan Chelsea. Sebelumnya sudah ada beberapa striker tua yang diboyong Chelsea. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Olivier Giroud

Olivier Giroud mendapat gelar juara Liga Champions musim 2020/2021 bersama Chelsea (c) AP Photo

Olivier Giroud mendapat gelar juara Liga Champions musim 2020/2021 bersama Chelsea (c) AP Photo

Sebelum Aubameyang, Chelsea punya rekam jejak memboyong striker bekas Arsenal yakni Olivier Giroud. Didatangkan Chelsea pada musim 2018/2019, Giroud saat itu menginjak usia 31 tahun.

Chelsea merogoh kocek senilai 17 tuja euro untuk mendatangkan Giroud. Namun penampilan Giroud selama membela Chelsea tidak begitu istimewa.

Giroud bertahan selama tiga musim dengan mencetak 39 gol dari 119 laga. Usia yang sudah mencapai 34 tahun membuat Chelsea menjualnya ke AC Milan senilai satu juta euro sebelum kontraknya habis. Di AC Milan, Giroud cukup berkontribusi untuk membawa Rossoneri menjuarai Serie A musim lalu.

2 dari 4 halaman

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain merayakan gol pertamanya untuk Chelsea (c) Chelsea FC Official

Gonzalo Higuain merayakan gol pertamanya untuk Chelsea (c) Chelsea FC Official

Gonzalo Higuain sempat bermain setengah musim bagi Chelsea pada musim 2018/2019. Saat itu Chelsea mencoba meminjam Higuain yang sedang mengalami penurunan performa di Juventus.

Higuain yang saat itu berusia 31 tahun dipinjam Chelsea dengan mahar sekitar 8 juta euro. Memainkan 18 pertandingan, Higuain hanya mencetak lima gol bersama Chelsea.

Selesai di Chelsea, Higuain hanya mencetak 10 gol dari 43 laga di Juventus. Penambahan usia seiring penurunan performa akhirnya membuat Juventus tidak memperpanjang kontrak Higuain.

3 dari 4 halaman

Gianfranco Zola

Gianfranco Zola (c) AFP

Gianfranco Zola (c) AFP

Chelsea juga pernah mendatangkan striker tua lain yang berasal dari Serie A yakni Gianfranco Zola. Zola yang saat itu berusia 30 tahun didatangkan Chelsea dari Parma seharga 6 juta euro.

Karier Zola di Chelsea tergolong cukup lama untuk pemain tua. Ia bertahan selama hampir enam musim sejak kedatangannya di musim 1997/1998.

Zola punya tempat spesial di hati fans Chelsea. Bahkan, dia masuk dalam jajaran legenda klub. Zola mengoleksi 76 gol hasil dari 306 laga selama enam musim berseragam Chelsea.

4 dari 4 halaman

Samuel Eto'o

Pada musim 2013/2014, secara mengejutkan Chelsea merekrut striker berusia 32 tahun yakni Samuel Eto'o. Pemain asal Kamerun tersebut didatangkan Chelsea secara gratis dari klub Rusia, Anzhi Makhachkala.

Mantan pemain bintang Barcelona itu hanya bertahan di Chelsea selama satu musim. Pemain yang terkenal dengan kecepatannya itu mencetak 12 gol dari 35 laga bersama Chelsea.

Satu musim di bawah ekspektasi, Eto'o akhirnya tak diperpanjang Chelsea musim selanjutnya. Ia memilih berlabuh ke Everton setelah menjalani debut Premier League di Chelsea.

Sumber: Transfermarkt dan Fabrizio Romano

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR