BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Seandainya Ada Van Dijk, Liverpool Pasti Juara Musim 2013-14 Lalu

01-09-2020 17:56 | Dimas Ardi Prasetya

Selebrasi Virgil van Dijk usai membobol gawang Brighton (c) AP Photo
Selebrasi Virgil van Dijk usai membobol gawang Brighton (c) AP Photo

Bola.net - Jika saja pada musim 2013-14 lalu ada Virgil Van Dijk, Liverpool pasti bakal juara Premier League, menurut Brendan Rodgers.

Sebelum sukses pada musim 2019-20 ini, Liverpool pernah nyaris juara Premier League dalam empat kesempatan. Salah satunya pada musim 2013-14 silam.

Saat itu skuat Liverpool dipimpin oleh Brendan Rodgers. Skuat The Reds memiliki lini serang yang mematikan.

Ada Luis Suarez di depan. Ia bermain bareng Raheem Sterling dan Daniel Sturridge.

Di tengah ada pemain seperti Steven Gerrard, Jordan Henderson dan Philippe Coutinho. Di lini belakang, pos bek tengah ditempati oleh Martin Skrtel, Daniel Agger, Mamadou Sakho, dan Kolo Toure.

Saat itu Liverpool mampu mengemas 101 gol dalam semusim. Namun pertahanan mereka bobrok, di mana mereka kemasukan 50 gol.

Liverpool nyaris juara. Namun setelah terpeleset beberapa kali, mereka akhirnya cuma bisa finis di posisi kedua. Mereka kalah dua poin dari Manchester City.

1 dari 2 halaman

Soal Hasil Imbang Lawan Palace

Liverpool gagal juara karena terpeleset di beberapa laga terakhir. Di antaranya kala mereka dikalahkan Chelsea 0-2.

Setelah itu mereka nyaris kalah kalah bermain melawan Crystal Palace. Namun pada akhirnya mereka bisa memaksakan hasil imbang 3-3.

"Saya ingat kami tengah mengejar [ketertinggalan] selisih gol, dan saya menyatakan pada jeda pertandingan [lawan Palace] bahwa saya merasa kami mengambil terlalu banyak resiko di pertandingan itu," tuturnya pada Liverpool Echo.

2 dari 2 halaman

Kalau Saja Ada Van Dijk Saat Itu

Brendan Rodgers (c) AP Photo
Brendan Rodgers (c) AP Photo

Seperti yang disebut sebelumnya, saat ini pertahanan Liverpool sangat bobrok. Brendan Rodgers pun mengatakan bila saat itu timnya memiliki bek selekas Virgil Van Dijk, maka hasil yang diraih timnya bakal berbeda.

"Kami hebat saat menyerang, kami hanya sedikit tidak konsisten dalam bertahan," kilah Rodgers, merefleksikan perjalanan The Reds pada musim 2013/14.

“Saya tidak ragu jika kami memiliki Virgil van Dijk di empat bek kami pada saat itu kami akan memenangkan liga," klaimnya.

Virgil Van Dijk direkrut Liverpool pada tahun 2018 lalu. Ia langsung menjadi andalan The Reds di lini belakang dan kehadirannya mampu membuat tim tampil lebih baik dan akhirnya membantu klub Merseyside itu juara Premier League 2019-20.

(Liverpool Echo)

KOMENTAR