Seaman Yakin Cech Memang Pantas Jadi Kiper Utama Arsenal

Bola.net | 26 September 2018, 12:20
Seaman Yakin Cech Memang Pantas Jadi Kiper Utama Arsenal
Petr Cech (c) ARS

Bola.net - - Mantan kiper Arsenal, David Seaman percaa Petr Cech memang layak mendapatkan tempatnya sebagai kiper nomor satu The Gunners. Dia menilai kualias Cech masih sangat tinggi dan layak bermain di Premier League yang keras.

Arsenal saat ini memulai babak baru bersama Unai Emery, yang ditunjuk menggantikan Arsene Wenger. Gaya bermain Arsenal di bawah Emery sangat berbeda dengan taktik Wenger, saat ini skuat Arsenal lebih berani menguasai bola dan membangun serangan dari belakang.

Taktik demikian menuntut kiper dan pemain belakang Arsenal lebih berani menguasai bola dan memainkan umpan-umpan pendek. Cech pun sempat kesulitan melakukan tugas baru tersebut, dia sempat dikritik karena telalu ceroboh saat menguasai bola.

Meski demikian, perlahan namun pasti, Cech mulai memahami apa yang harus dia lakukan. Inilah yang membuat Seaman yakin dengan kemampuan Cech. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Layak

Posisi Cech sempat diancam dengan Bernd Leno, kiper anyar yang didatangkan Emery awal musim ini. Leno dianggap lebih pantas bermain bola-bola pendek daripada Cech.

Walaupun demikian, Seaman tak sependapat. Menurutnya, saat ini bukan hanya Cech yang kesulitan, tetapi seluruh pemain Arsenal. Kondisi inilah yang membuat Cech lebih disalahkan.

"Dia (Cech) benar-benar layak berada di tim inti. Di setiap pertandingan, dia harus membuat empat atau lima penyelamatan dan dia melakukan itu," kata Seaman kepada fourfourtwo.

"Satu-satunya pertanyaan pada Cech saat ini adalah saat dia bermain dengan kakinya, tetapi itu terjadi karena saat ini Arsenal belum bermain dengan benar. Kami mencoba bermain langsung ke pemain sayap, tetapi itu belum bekerja dengan baik."

2 dari 3 halaman

Bantuan Cech

Petr Cech (c) ars

Petr Cech (c) ars

Lebih lanjut, Emery yakin Cech sebenarnya berperan sangat penting bagi Arsenal musim ini. Penampilan gemilang Cech berulang kali menyelamatkan Arsenal dari masalah.

"Cech memiliki kaki kiri yang sangat bagus, kaki kanannya tak terlalu bagus, jadi dia menempatkan bola di kaki kirinya."

"Berbeda dengan ketika saya masih bermain, saya benci bola di kaki kiri. Saya selalu ingin bola datang ke kaki utama saa jadi para bek harus menyadari itu," lanjut Seaman.

"Dia mengeluarkan Arsenal dari banyak masalah karena setiap pertandingan da harus membuat empat atau lima penyelamatan."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR