BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Saul Niguez Baru Sekali Main di Premier League, Ada Apa Nih Tuchel?

05-10-2021 05:30 | Richard Andreas

Saul Niguez menjalani debutnya bersama Chelsea pada laga pekan ke-4 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo
Saul Niguez menjalani debutnya bersama Chelsea pada laga pekan ke-4 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Bola.net - Thomas Tuchel menjelaskan alasan di balik keputusannya soal Saul Niguez. Sejauh ini, Saul hanya sekali bermain di Premier League.

Gelandang Spanyol ini bermain dalam duel kontra Aston Villa (11/9), tapi hanya dalam 45 menit pertama. Saul ditarik di babak kedua karena dianggap kurang memuaskan.

Sejak saat itu, Saul belum lagi bermain di Premier League. Chelsea sudah menempuh 7 pertandingan di liga musim ini, tapi Saul baru bermain setengah babak.

Tentunya situasi ini menimbulkan kekhawatiran, bahwa Saul mungkin tidak cukup memenuhi ekspektasi Chelsea. Lantas, apa jawaban Thomas Tuchel?

1 dari 3 halaman

Nyaris jadi starter

Muncul dugaan Saul tidak cukup tangguh untuk bersaing dengan gelandang Chelsea lain seperti Ruben Loftus-Cheek atau Ross Barkley. Dua nama ini sama-sama pelapis, tapi masih lebih sering bermain.

Meski begitu, kini Tuchel maju membantah dugaan tersebut. Dia menegaskan bahwa Saul nyaris jadi starter, hanya kesempatannya belum tepat.

"Dia [Saul] sangat-sangat nyaris untuk jadi starter," ujar Tuchel di Chelseafc.com.

"Namun, pada akhirnya saya tidak mengambil keputusan itu sebab saya kira akan lebih membutuhkannya di laga lain yang membutuhkan garis tekanan tinggi."

2 dari 3 halaman

Panggung pembuktian, keraguan Tuchel

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo
Manajer Chelsea, Thomas Tuchel (c) AP Photo

Singkatnya, Tuchel mengaku sama sekali tidak meragukan kualitas Saul. Hanya dia merasa Saul layak mendapatkan laga yang lebih tepat untuk membuktikan diri, agar tidak perlu kesulitan di lapangan.

"Saya merasa dia perlu bermain menghadapi lawan dengan tekanan tinggi di tengah lapangan, bukankah bakal adil untuk berkata: 'Oke sekarang buktikan diri dan mari kita lihat apakah adaptasimu sudah lebih baik?'," lanjut Tuchel.

"Saya sedikit ragu-ragu. Dia tidak perlu khawatir, hanya perlu bekerja keras dan beradaptasi, dan kesempatan itu akan datang."

3 dari 3 halaman

Perspektif positif

Lebih lanjut, Tuchel tidak mau keputusannya mencadangkan pemain dipandang dari sisi negatif. Setiap keputusannya ditentukan berdasarkan pertimbangan untuk kemenangan.

"Kami hanya punya 11 kesempatan bermain [starter] untuk diberikan. Saya ingin memandangnya dengan cara positif," tandas Tuchel.

Sumber: Chelsea

KOMENTAR