Sadio Mane Pergi, Ini 4 Pemain Asal Senegal yang Bermain Premier League 2022/2023

Asad Arifin | 18 Agustus 2022, 12:45
Sadio Mane. (c) AP Photo
Sadio Mane. (c) AP Photo

Bola.net - Sadio Mane akhirnya resmi meninggalkan Premier League setelah delapan musim untuk berkiprah bersama Bayern Munchen. Selama di Inggris, Mane menjalankan enam musim luar biasa bersama Liverpool.

Mane sukses mengantarkan Liverpool menjuarai satu gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions. Torehan 120 golnya juga membuat Mane menjadi salah satu striker tersukses Liverpool sepanjang masa.

Sebelum di Liverpool, Mane juga pernah membela klub Premier League lain yakni Southampton. Di Southampton, penampilan striker asal Senegal tersebut tak kalah menakjubkan dibandingkan ketika berseragam Liverpool.

Mane total mencetak 25 gol dan 14 assist selama dua musim di Southampton. Selain Mane, masih banyak pemain asal Senegal yang sedang berkiprah di Premier League. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Kalidou Koulibaly

Bek Chelsea Kalidou Koulibaly merayakan gol debutnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022).  (c) Chelsea Official

Bek Chelsea Kalidou Koulibaly merayakan gol debutnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022). (c) Chelsea Official

Koulibaly datang ke Premier League musim ini menggantikan Sadio Mane yang pergi, walau untuk klub yang berbeda. Koulibaly bergabung bersama Chelsea dua minggu setelah keputusan Mane untuk memperkuat Bayern Munchen.

Bek tengah timnas Senegal ini ditebus Chelsea dengan mahar sebesar 38 juta euro dari Napoli. Bek berusia 31 tahun ini sebelumnya bermain selama delapan musim di Serie A bersama Napoli.

Saat ini Koulibaly menjadi sosok sentral di skuat Chelsea. Di bawah asuhan Thomas Tuchel, Koulibaly langsung nyetel dengan permainan Chelsea.

Di laga perdana, Koulibaly tampil apik saat menang 1-0 atas Everton. Saat laga kedua menjamu Tottenham Hotspur, Koulibaly bahkan menyumbangkan satu gol bagi Chelsea.

2 dari 4 halaman

Edouard Mendy

Pemain Senegal lain yang menjadi tumpuan lini bertahan Chelsea yakni Edouard Mendy. Kiper berusia 30 tahun tersebut saat ini menjadi andalan Thomas Tuchel di bawah mistar gawang.

Mendy didatangkan Chelsea pada musim 2020/2021 dari klub Prancis, Stade Rennais. Ditebus dengan harga 24 juta euro, penampilan Mendy sangat baik bersama Chelsea.

Mendy selalu menjadi pilihan utama Tuchel sejak kedatangannya. Catatan apik Mendy dengan 95 pertandingan dengan raihan 49 nirbobol membuat sang pelatih menggeser Kepa Arrizabalaga dari starter kiper Chelsea.

3 dari 4 halaman

Nampalys Mendy

Satu lagi nama Mendy yang bermain di Premier League yakni Nampalys Mendy. Gelandang Senegal berusia 30 tahun ini bermain untuk Leicester City.

Nampalys sendiri bermain sebagai gelandang bertahan di Leicester City. Sejauh ini Nampalys sudah bermain selama enam musim bagi Leicester City.

Sebelumnya Nampalys bermain di Ligue 1 bersama AS Monaco dan Nice. Baru di musim 2016/2017, Nampalys pindah ke Premier League setelah Leicester City menebusnya seharga 15,5 juta euro dari Nice.

Namun karier Nampalys nampaknya berjalan kurang mulus bersama Leicester City. Diharapkan menjadi pengganti N'Golo Kante, Nampalys justru sering berada dibangku cadangan. Total Nampalys memainkan 94 pertandingan selama berseragam Leicester City.

4 dari 4 halaman

Cheikhou Kouyate

Nama Kouyate mungkin tidak asing ditelinga pengikut Premier League. Pasalnya musim ini akan menjadi musim kesembilan Kouyate di Premier League.

Kouyate saat ini menjadi gelandang bertahan anyar klub promosi, Nottingham Forest. Kouyate didatangkan secara gratis akibat kontraknya tak diperpanjang Crystal Palace.

Di Palace, Kouyate bermain selama empat musim sejak didatangkan dari West Ham United. Ia menjalankan 141 pertandingan selama berseragam Crystal Palace.

Permainan terbaik Kouyate memang ketika memperkuat West Ham selama empat musim dari 2014. Kouyate mengantongi 147 laga bersama The Hammers sebelum akhirnya diboyong Crystal Palace seharga 10,7 juta euro pada musim 2018/2019.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR