BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Rp3 Triliun Buat Erling Haaland? Chelsea Dijamin Gak Bakal Rugi

30-07-2021 09:30 | Yaumil Azis

Erling Braut Haaland setelah membobol gawang Schalke. (c) AP Photo
Erling Braut Haaland setelah membobol gawang Schalke. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea kerap buntung saat mengeluarkan uang berjumlah besar untuk merekrut striker papan atas. Sejarah membuktikan bahwa mereka pernah merasakan kegagalan bersama Andriy Shevchenko dan Fernando Torres.

The Blues mendapatkan Shevchenko pada tahun 2006 seharga 30,8 juta pounds, sementara Torres berlabuh di Stamford Bridge dengan nilai transfer 40 juta pounds di 2011. Harga segitu, di masanya masing-masing, sudah terhitung sangat besar.

Keduanya dicap gagal. Shevchenko hanya bisa menghasilkan 22 gol dalam dua musim, sementara Torres mencetak 45 gol saja selama empat tahun. Tentu, ini merugikan Chelsea yang telah berinvestasi besar pada keduanya.

Terbaru ada Timo Werner, yang cuma mencetak 12 gol meski telah direkrut seharga 47,5 juta pounds. Sudah jelas, akan ada ketakutan saat harus merekrut Erling Haaland dari Borussia Dortmund senilai 150 juta pounds (setara Rp3 Triliun).

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Takkan Rugi

Chelsea diminta untuk tidak khawatir. Direktur teknik RB Leipzig, Christopher Vivell, menjelaskan kalau Chelsea takkan merugi meski harus merekrut Haaland dengan harga yang sangat fantastis.

"Ketika saya memandang bursa transfer dan melihat saya harus menghabiskan uang untuk siapa, dia [Haaland] mungkin menjadi salah satu dari dua," ujar Vivell kepada SportBILD.

"Jika anda bisa mengamankan dia sekarang dan membayar sebanyak itu untuknya, anda tidak akan membuat kesalahan karena dia masih sangat muda," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Bisa Jadi Seperti Ronaldo

Vivell meyakini kalau potensi Haaland sangat besar. Bahkan, ia percaya kalau penyerang berumur 21 tahun tersebut bakal bersinar terang di masa depan selayaknya peraih lima trofi Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo.

"Di atas semua itu, anda bisa mengikatnya di bawah kontrak berdurasi lima tahun, dan Erling sudah menjamin sesuatu di sana," kata Vivell lagi.

"Jika dia tetap bebas dari cedera, dia bisa mendominasi selama 10 atau 12 tahun ke depan selayaknya Cristiano Ronaldo," tutupnya.

Chelsea sebenarnya bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah jika mau menunggu hingga tahun 2022. Diketahui bahwa Haaland terikat kontrak dengan klausul transfer senilai 75 juta pounds yang baru berlaku tahun depan.

(Bild - via Metro.co.uk)

KOMENTAR