Ronaldo Jadi Tersangka Penyebab Melempemnya Bruno Fernandes di Manchester United

Dimas Ardi Prasetya | 27 Mei 2022, 06:14
Cristiano Ronaldo (nomor 7) di laga Brighton vs Manchester United, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo (nomor 7) di laga Brighton vs Manchester United, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Manchester United Gary Neville mengklaim performa Bruno Fernandes menurun pada musim 2021-22 ini justru gara-gara kehadiran Cristiano Ronaldo.


Fernandes tampil gacor sejak gabung Manchester United di awal tahun 2020 lalu. Penampilan mautnya berlanjut pada musim 2020-21 kemarin.

Saat itu ia berhasil mengemas 28 gol dari 58 pertandingan di semua ajang kompetisi. Tak hanya itu, Fernandes juga menyumbangkan 17 assist.

Tapi musim ini Fernandes melempem. Ia hanya bisa mengoleksi 10 gol dan 14 assist dari 46 pertandingan.

1 dari 5 halaman

Ronaldo Pengaruhi Cavani

Cristiano Ronaldo dipulangkan oleh Manchester United pada musim panas 2021 lalu. Ia diharap bisa membantu MU bersaing meraih gelar juara.

Namun ekspektasi itu tak terjadi. Justru penampilan MU menurun dan mereka tak bisa masuk ke zona empat besar Liga Inggris.

Menurut Gary Neville, hadirnya Ronaldo tak sepenuhnya berimbas positif bagi MU, khususnya di level personal. Ia mengatakan pemain Portugal itu mematikan kesempatan Edinson Cavani untuk unjuk gigi.

“Saya pikir di awal musim, ia langsung membuat masalah dengan Cavani,” kata Neville di The Overlap dari Sky Sports.

“[Cavani] dimohon untuk bertahan dan memimpin serangan untuk tahun ini, tetapi ketika mereka merekrut Ronaldo, Cavani ditembak saat itu dan selesai," cetus Gary Neville.

2 dari 5 halaman

Ronaldo Pengaruhi Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (c) AP Photo

Gary Neville kemudian mengatakan hal tersebut memiliki efek domino. Ia mengklaim Cristiano Ronaldo tak cuma memengaruhi Edinson Cavani tapi juga Bruno Fernandes.

Menurutnya kehadiran Ronaldo memengaruhi mental Fernandes. Ia disebutnya jadi kurang pede oleh Gary.

"Itu mengganggu dinamika di ruang ganti untuk Bruno," sambung Gary Neville.

“Saya pikir Bruno memandangnya seperti ayah baptis di Portugal sehingga itu membuatnya merasa sedikit lebih rendah dari sebelumnya," cetus Gary.

3 dari 5 halaman

Ronaldo juga Pengaruhi Maguire

Gary Neville tak berhenti sampai di situ. Ia mengatakan kehadiran Cristiano Ronaldo di skuat Manchester United juga sampai memengaruhi mental Harry Maguire.

"Itu membuat Maguire sedikit lebih rendah sebagai kapten secara alami – tidak ada apa pun dari Ronaldo yang melakukan ini. Hanya kehadirannya di lapangan berarti semua orang melihat Cristiano dengan Harry mencoba membuktikan dirinya sebagai kapten United."

"Saya tidak tahu di mana kliknya, saya tidak cukup dekat dengannya tetapi Anda menyebutkan kata-kata seperti 'busuk' 'rusak'. Harry Maguire telah berubah dari seseorang yang saya pikir tumbuh di lapangan tahun lalu di Covid-19 menjadi seseorang yang terlihat seperti hancur berkeping-keping ketika ia mengenakan kaus merah," keluhnya.

"Bruno terlihat seperti setengah pemain. Yang lainnya, para pemain muda, sepertinya Anda telah kehilangan kepercayaan penuh pada mereka, mari singkirkan mereka. Saat itulah ada sesuatu yang salah secara fundamental di ruang ganti, dalam kepemimpinan, dan saya tidak berpikir Anda bisa membebaskan siapa pun dari kesalahan. Setiap orang harus disalahkan untuk itu," tegas Gary Neville.

4 dari 5 halaman

Masa Depan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dikawal pemain lawan di laga Manchester United vs Brentford, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Sekarang ini masa depan Cristiano Ronaldo jadi tanda tanya besar. Kontraknya di Manchester United berakhir pada musim panas 2023 mendatang.

Tapi ada kabar bahwa Ronaldo bisa saja cabut dari MU pada musim panas 2022 ini. Hal tersebut tak lepas dari kehadiran Erik Ten Hag.

Ronaldo disebut bisa jadi tak cocok dengan gaya main Ten Hag. Namun pelatih asal Belanda itu sudah memastikan CR7 masuk dalam rencananya musim depan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR