BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ronaldo dan Messi 'Menderita' di Klub Barunya, Pertanda Apa?

27-10-2021 15:18 | Asad Arifin

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pernah berada di puncak kejayaan sepak bola dunia. Tapi, pada musim 2021/2022, Messi dan Ronaldo sama-sama berada dalam situasi sulit di klub barunya.

Messi dan Ronaldo mendominasi sepak bola selama lebih dari satu dekade. Mereka bersaing mendapat gelar Ballon d'Or untuk waktu yang lama. Juga meraih gelar pada level kolektif.

Pada era kejayaan Messi dan Ronaldo, hanya satu pemain yang mampu 'mencuri' Ballon d'Or yakni Luka Modric. Momen ini terjadi pada 2008. Selebihnya, pada era itu, Messi dan Ronaldo bergantian meraih gelar.

1 dari 3 halaman

Messi Kesulitan di PSG

Penyerang PSG, Lionel Messi (c) AP Photo
Penyerang PSG, Lionel Messi (c) AP Photo

Lionel Messi harus berpisah dengan Barcelona pada awal musim 2021/2022. Alasan finansial membuat Barcelona tak mungkin mengontrak Messi. Sang bintang akhirnya memutuskan berlabuh ke PSG.

Awalnya, Messi diprediksi akan dengan mudah menjadi raja baru di Ligue 1. Apalagi, dia mendapat dukungan penuh dari Neymar, Angel Di Maria, dan Leandro Paredes yang pernah bermain dengannya sebelum di PSG.

Tapi, kenyataan tidak semulus prediksi. Messi kesulitan di PSG. Dari empat laga awal Ligue 1, Messi belum mencetak satu pun gol dan assist. Untuk pemain sekelas Messi, ini bukan capaian yang bagus.

Beruntungnya, ketika Messi belum mampu mendapat performa terbaiknya, PSG tampil bagus. PSG kini berada di puncak klasemen Ligue 1 dengan 28 poin dari 11 laga. Kylian Mbappe punya banyak peran atas capaian apik PSG.

2 dari 3 halaman

Situasi Ronaldo di MU

Cristiano Ronaldo dalam laga kontra Atalanta di matchday ketiga Grup F Liga Champions 2021/2022. (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo dalam laga kontra Atalanta di matchday ketiga Grup F Liga Champions 2021/2022. (c) AP Photo

Ronaldo, pada level individu, tidak mengalami problem yang sedang dihadapi Messi. Tapi, pada level kolektif, Ronaldo dan Manchester United punya masalah yang sangat pelik pada musim 2021/2022.

Ronaldo telah mencetak enam gol untuk United. Itu adalah bukti pada Ronaldo masih berada di top level. Tapi, capaian apik ini tidak menular secara kolektif. Sebab, United kini sedang terpuruk.

United menelan lima kekalahan pada 10 laga terakhir. Lima laga lainnya berakhir imbang (1) dan menang (4). Salah satu kekalahan United terjadi saat menjamu Liverpool di Old Trafford. Setan Merah dibantai dengan skor 5-0 oleh sang rival.

Ronaldo sempat mencetak gol pada duel lawan Liverpool, tapi dianulir wasit karena offside. Ronaldo kemudian juga terlibat insiden dengan Curtis Jones. Ronaldo dinilai layak mendapat kartu merah, paling tidak oleh Jurgen Klopp.

3 dari 3 halaman

Fenomena Apa?

Apakah ini pertanda era Messi dan Ronaldo sudah habis? Mungkin. Tapi, belum sepenuhnya. Ronaldo masih berada di top level. Begitu juga Messi. Ingat, Messi mencetak tiga gol dari tiga laga Liga Champions.

Faktor usia?

Ronaldo sudah berusia 36 tahun dan Messi dua tahun lebih muda. Tapi, tidak ada yang perlu diragukan dari kebugaran Ronaldo. Dia merawat tubuhnya dengan sangat baik. Sementara, Messi adalah pemain yang hampir selalu bugar sepanjang musim.

Well, Messi dan Ronaldo masih akan berada di top level pada musim 2021/2022 walau karier keduanya tidak akan berjalan mulus.

Sumber: talkSPORT

KOMENTAR