BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Romelu Lukaku vs Tammy Abraham: Chelsea Blunder dan Harus Menyesal Melepas Monster?

24-01-2022 15:29 | Asad Arifin

Tammy Abraham vs Romelu Lukaku (c) AP Photo
Tammy Abraham vs Romelu Lukaku (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea lebih memilih membeli Romelu Lukaku dengan harga mahal pada awal musim 2021/2022. Padahal mereka punya Tammy Abraham, yang kemudian dilepas ke AS Roma. Kini, Abraham menjadi monster.

Thomas Tuchel memang tidak terkesan dengan aksi Abraham sejak ditunjuk sebagai manajer Chelsea pada Januari 2022. Sempat jadi andalan pada era Frank Lampard, Abraham jadi pesakitan era Tuchel.

Abraham tidak masuk rencana Tuchel. Sang manajer meminta penyerang baru. Usai merogoh kocek 115 juta euro, The Blues memulangkan Romelu Lukaku. Ada harapan besar di puncak Lukaku pada kesempatan keduanya di Chelsea.

Sementara, Abraham dilepas ke Roma dengan harga 40 juta euro. Lantas, seperti apa nasib kedua pemain sejauh ini? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

Perbandingan Statistik

Aksi Tammy Abraham di laga AS Roma vs Cagliari, Serie A 2021/22 (c) AP Photo
Aksi Tammy Abraham di laga AS Roma vs Cagliari, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Lukaku dan Abraham bermain di klub dan liga yang berbeda. Tekanan bermain di Chelsea dan AS Roma juga mungkin berbeda. Tapi, apa salanya melihat perbandingan performa keduanya pada musim 2021/2022.

Indikasi yang dipakai sederhana saja, jumlah gol dan assist. Secara teknis, keduanya sangat bagus. Tapi, sebagai penyerang, dua faktor itulah yang acap kali menjadi tolok ukurnya.

Lukaku baru mencetak delapan gol dan dua assist untuk Chelsea di semua ajang pada musim 2021/2022. Dengan harga transfer dan gaji lebih malah, apa yang ditorehkan Lukaku jauh di bawah Abraham.

Abraham telah mencetak 17 gol bersama AS Roma dari 30 laga yang dimainkan. Abraham juga membuat empat assist. Abraham memainkan lebih banyak laga, selain karena terus bugar juga tidak membuat masalah seperti Lukaku.

2 dari 5 halaman

Lukaku Banyak Masalah

Romelu Lukaku pada sesi pemanasan jelang duel Chelsea vs Tottenham di leg pertama semifinal Carabao Cup 2021/2022 (c) AP Photo
Romelu Lukaku pada sesi pemanasan jelang duel Chelsea vs Tottenham di leg pertama semifinal Carabao Cup 2021/2022 (c) AP Photo

Lukaku punya reputasi mentereng di Italia. Bersama Inter Milan, dia bukan hanya menjadi gol tetapi juga tumpuan tim meraih scudetto. Tapi, itulah yang jadi masalah bagi Chelsea.

Separuh hati Lukaku mungkin masih tertinggal di Italia. Kasus ini bahkan sempat membuat Thomas Tuchel harus memberi hukuman pada Lukaku. Selain itu, Lukaku juga punya masalah pada sisi teknis.

"Terkadang dia [Lukaku] harus melayani. Dia sering sekali kehilangan bola tanpa adanya tekanan, kehilangan banyak bola dalam situasi yang sangat menjanjikan," begitulah bunyi salah satu kritik Tuchel pada Lukaku.

3 dari 5 halaman

Tammy Abraham jadi Monster

Selebrasi Tammy Abraham usai mencetak gol di laga AS Roma vs Udinese, Serie A 2021/22 (c) AP Photo
Selebrasi Tammy Abraham usai mencetak gol di laga AS Roma vs Udinese, Serie A 2021/22 (c) AP Photo

Tidak mendapat tempat di Chelsea, Abraham justru disambut dengan pelukan oleh Jose Mourinho di AS Roma. Abraham juga langsung menjadi idola fans Roma karena performanya di lapangan.

Mourinho menolak membandingkan Abraham dengan penyerang top Serie A lain seperti Zlatan Ibrahimovic. Tapi, sejak awal Mourinho sangat yakin bahwa dia sedang menciptakan monster pada diri Abraham.

Abraham kini sangat menikmati semua momen yang didapat bersama Roma dan Mourinho.

"Jadi monster saja! Saya pikir salah satu yang dia katakan adalah saya adalah pemain yang terlalu baik, dan bahwa anda harus menunjukkan agresivitas itu seiring anda bertambah tua sebagai striker," kata Abraham dikutip dari Goal International.

4 dari 5 halaman

Mau Abraham Balik, Chelsea?

Selebrasi Tammy Abraham, striker Chelsea. (c) AP Photo
Selebrasi Tammy Abraham, striker Chelsea. (c) AP Photo

Melihat performa Tammy Abraham yang impresif di Roma, apakah Chelsea tidak tertarik untuk membawanya pulang musim depan? Peluang untuk melakukannya sangat terbuka. Tapi juga sangat sulit.

Chelsea menyelipkan klausul pembelian ulang ketika melepas Abraham ke AS Roma. Tapi, The Blues harus membayar mahal jika ingin membawa pemain jebolan akademi itu. Harganya naik dua kali lipat, 80 juta euro!

Jadi, apakah masih akan bertahan dengan Lukaku musim depan atau memilih mengaktifkan klausul pembelian ulang Abraham?

5 dari 5 halaman

Klasemen Premier League

Sumber: Optus Sport/Goal

KOMENTAR