BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Romelu Lukaku Bapuk, Ini Buktinya!

19-01-2022 08:04 | Asad Arifin

Aksi Romelu Lukaku di laga Brighton vs Chelsea, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Aksi Romelu Lukaku di laga Brighton vs Chelsea, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Romelu Lukaku lagi-lagi gagal mencetak gol. Lukaku kembali tampil minor saat Chelsea berjumpa Brighton pada pekan ke-24 Premier League di AMEX Stadium, Rabu (19/1/2022) dini hari WIB.

Chelsea sejatinya sempat unggul lebih dulu dari Brighton. Pada menit ke-28, sang tamu mencetak gol dari aksi Hakim Ziyech. Tapi, gol Adam Webster pada menit ke-60 membuat laga berakhir dengan skor 1-1.

Hasil yang mengecewakan bagi Chelsea. Sebab, mereka kini tertinggal 12 poin dari Manchester City yang berada di puncak klasemen. Sementara, Brighton tidak pernah kalah dalam lima laga terakhir dan berada di posisi ke-9 klasemen.

1 dari 3 halaman

Bapuknya Lukaku!

Romelu Lukaku mendapat sorotan tajam atas hasil imbang yang didapat Chelsea di markas Brighton. Sebab, dimainkan sejak menit awal, pemain asal Belgia itu gagal mencetak gol.

Merujuk pada statistik Squawka, peran Lukaku memang cukup minim. Pada babak pertama, dia tidak banyak terlibat dalam permainan Chelsea. Dalam artian mendapatkan bola dan melakukan aksi dengan bola.

Lukaku hanya delapan kali menyentuh bola dan tidak sekalipun melepas shots. Lukaku menjadi pemain yang paling sedikit bersentuhan dengan bola. Sebagai perbandingan, Kepa terlibat dalam 25 kali sentuhan dengan bola.

Sementara, data Whoscored menunjukkan jika Lukaku hanya sekali menerima bola di dalam kotak penalti. Lukaku hanya sekali melakukan upaya dribel dan gagal. Benar-benar babak pertama yang sulit bagi Lukaku.

2 dari 3 halaman

Hingga Menit ke-80

Tuchel masih mempercayai Lukaku pada babak kedua. Pemain yang pernah membela Inter Milan itu baru diganti pada menit ke-80. Lukaku digantikan Kai Havretz untuk membuat opsi lain di lini depan.

Pada babak kedua, Lukaku lebih bahaya dibandingkan babak pertama. Lukaku mampu melepas dua shots, satu tepat sasaran dan satu lagi diblok. Tapi, tidak ada gol yang tercipta dari momen itu.

Pada babak kedua, Lukaku juga lebih banyak melakukan sentuhan bola yakni 10 kali. Tapi, secara umum, Lukaku gagal menunjukkan performa istimewa ketika Chelsea sedang membutuhkan gol-gol yang lahir dari aksinya.

3 dari 3 halaman

Klasemen Premier League

Sumber: Squawka, Whoscored

KOMENTAR