BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Road to FA Cup Final 2019-20: Arsenal

01-08-2020 10:01 | Dimas Ardi Prasetya

Final Piala FA (FA Cup), Arsenal vs Chelsea (c) Bola.net Final Piala FA (FA Cup), Arsenal vs Chelsea (c) Bola.net

Bola.net - The Gunners Arsenal berhasil mencapai final FA Cup alias Piala FA untuk musim 2019-20, di mana di final mereka bakal berhadapan dengan Chelsea.

Arsenal merupakan tim paling sukses di kompetisi ini. Tercatat Meriam London telah sukses mengoleksi 13 gelar juara FA Cup.

Musim ini, Arsenal sejatinya cukup compang-camping. Mereka gagal di Premier League. Pasukan Mikel Arteta gagal finis di empat besar.

Mereka terdampar di posisi delapan. Tiket Eropa pun gagal didapat. Kini satu-satunya harapan untuk bisa lolos ke final adalah dengan memenangkan trofi FA Cup melawan Chelsea.

Berbanding terbalik dengan di Premier League, perjalanan Arsenal di FA Cup ini relatif mulus, karena mereka tak pernah kalah. Mereka sukses menyingkirkan lawan-lawan berat meski harus bersusah payah meraih dalam kemenangan.

Berikut adalah perjalanan Arsenal di ajang FA Cup alias Piala FA 2019-20 ini, dari babak ketiga sampai masuk ke final di Stadion Wembley.

1 dari 5 halaman

Ronde Ketiga

Babak ketiga FA Cup ini dimulai pada awal Januari. Tim-tim Premier League pun juga mulai turun gunung dan beraksi di babak ini.

Arsenal sendiri harus menghadapi lawan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pasukan Mikel Arteta harus berhadapan dengan tim divisi Championship asuhan Marcelo Bielsa, Leeds United.

Duel yang dihelat pada 6 Januari 2020 ini digelar di Emirates Stadium. Duel ini membuat Arteta tak bisa tenang. Ia harus sering berteriak-teriak pada anak-anak asuhnya saat turun minum agar performa The Gunners meningkat di babak kedua.

Laga babak pertama memang berakhir tanpa gol, dan Leeds bahkan sempat mendominasi jalannya laga jelang turun minum. Barulah di babak kedua, Arsenal bisa mencetak gol melalui Reiss Nelson pada menit ke-55. Ini jadi satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut.

"Manajer sering berteriak. Ia tidak senang karena kami tahu mereka akan bermain seperti ini dan kami tidak menghargai apa yang ia katakan," ungkap Emiliano Martinez pada BBC One.

2 dari 5 halaman

Ronde Keempat

Di ronde keempat, pada 27 Januari, Arsenal dipertemukan dengan sesama tim Premier League, Bournemouth. Kali ini laga dihelat di Dean Court.

Arsenal tampil sedikit lebih baik. Mereka mampu unggul cepat pada menit kelima melalui Bukayo Saka dan disusul oleh Eddie Nketiah pada menit ke-26.

Bournemouth sempat membalas satu gol, namun itu terjadi pada injury time babak kedua. Gol ini dicetak oleh Sam Surridge.

"Saya sangat senang. Saya tahu itu akan menjadi pertandingan yang sulit dan kami memainkan skuat yang sangat muda," kata Mikel Arteta pada BBC. "Saya ingin melihat reaksi dan saya sangat senang karena saya melihat banyak hal yang saya sukai," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Ronde Kelima

Di babak ini, Arsenal di atas kertas bertemu tim yang levelnya di bawah mereka. Klub itu adalah Portsmouth, penghuni League One.

Duel ini digelar pada 2 Maret 2020. Di laga yang digelar di Fratton Park ini, Arsenal menang 0-2 berkat gol Sokratis Papastopoulos dan Eddie Nketiah.

Padahal, Arteta memainkan enam pemain berusia 20 tahun atau di bawah usia itu dan mereka tampak memegang kendali, terutama di babak kedua. Performa ini pun membuat sang manajer sumringah.

"Saya sangat senang dengan mereka," kata Arteta kepada BBC Sport. "Saya menikmati bekerja dengan para pemain. Mereka layak mendapat kesempatan. Itu selalu berisiko tetapi mereka layak mendapatkannya."

4 dari 5 halaman

Perempat Final

Di babak ini, Arsenal kembali dipertemukan dengan lawan tangguh dari Premier League yakni Sheffield Wednesday. Laga dilangsungkan di Bramall Lane pada 28 Juni 2020.

Duel berlangsung dengan dramatis. Nicolas Pepe sempat membuat Arsenal unggul pada menit ke-25.

Namun McGoldric sempat menyamakan kedudukan jelang babak kedua berakhir, tepatnya pada menit 87. Tapi Dani Ceballos datang di saat-saat akhir untuk memastikan Arsenal melaju ke babak berikutnya dengan golnya pada menit 90+1.

"Saya sangat senang dengan hasilnya, ini adalah tempat yang sulit untuk datang dan mendapatkan kemenangan. Setelah kebobolan sangat terlambat, untuk menunjukkan reaksi tidak mudah dan itu sangat menyenangkan dan kami kembali ke Wembley," seru Arteta.

5 dari 5 halaman

Semifinal

Laga ini menjadi laga terberat Arsenal sejauh ini di FA Cup. Sebab mereka harus menghadapi Manchester City. Tim asuhan Josep Guardiola itu sebelumnya menggunduli mereka 3-0 di Premier League di Etihad Stadium.

Namun kali ini di Wembley, duel berlangsung berbeda. Arsenal memang kalah dalam penguasaan bola. Namun mereka bermain dengan lebih efektif.

Hal ini sepertinya tak lepas dari perubahan taktik menjadi 3-4-3. Arsenal pun menang 2-0 berkat dua gol Pierre-Emerick Aubameyang.

"Kami benar-benar senang dengan apa yang telah terjadi dalam empat atau lima hari terakhir. Mengalahkan mungkin dua tim terbaik di Eropa adalah hal terbaik untuk dilakukan, jadi penghargaan kepada para pemain atas apa yang mereka lakukan, penampilan mereka, dan tingkat perjuangan yang mereka tunjukkan," seru Mikel Arteta seperti dilansir Sky Sports.

Pertandingan final FA Cup antara Arsenal vs Chelsea akan digelar di Stadion Wembley pada 1 Agustus 2020.

(BBC/Sky Sports)

KOMENTAR