Riwayat Para Gelandang Bertahan di Manchester United Sebelum Casemiro, Banyak yang Flop?

Asad Arifin | 19 Agustus 2022, 11:11
Gelandang Real Madrid, Casemiro (c) Real Madrid Official
Gelandang Real Madrid, Casemiro (c) Real Madrid Official

Bola.net - Manchester United sedang gencar mencari gelandang bertahan berkualitas untuk memimpin lini tengah. Dalam dua pekan terakhir, Man United telah mengincar beberapa gelandang top Eropa.

Saat ini Man United sedang mendekati gelandang bertahan Real Madrid, Casemiro. Man United dikabarkan siap untuk memboyong gelandang asal Brasil tersebut dengan kontrak jangka panjang di Old Trafford.

Man United siap membayar 60 juta euro ditambah 10 juta euro add on untuk mendatangkan Casemiro. Transfer ini akan diproyeksikan rampung dengan cepat mengingat Premier League sudah berjalan dua pekan.

Sebelumnya Man United membatalkan kedatangan Adrien Rabiot dari Juventus. Permintaan gaji yang terlalu tinggi menjadi alasan gagalnya transfer ini.

Gelandang bertahan memang menjadi pekerjaan rumah terbesar Erik Ten Hag setelah dua laga kemarin. Namun bagaimana rekam jejak gelandang bertahan terdahulu di Man United? berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Roy Keane

Roy Keane saat masih aktif bermain di Manchester United. (c) AFP

Roy Keane saat masih aktif bermain di Manchester United. (c) AFP

Roy Keane menjadi salah satu gelandang bertahan yang sukses berkarier di Old Trafford. Keane menjalani hampir 13 musim bersama Man United.

Keane didatangkan Man United pada musim 1993/1994 dari Nottingham Forest. Man United mengeluarkan lebih dari delapan juta euro untuk membawa Keane ke Old Trafford.

Namun harga terbayarkan oleh kontribusi Keane. menjalankan 472 laga, Keane berhasil membawa tujuh gelar Premier League. Di Man United, Keane terkenal sebagai gelandang bertahan yang kuat dan keras. Hal ini terlihat dari catatan 92 kartu kuning dan 10 kartu merah Keane bersama Man United.

2 dari 4 halaman

Owen Hargreaves

Owen Hargreaves (c) PA

Owen Hargreaves (c) PA

Karier Owen Hargreaves di Man United adalah kebalikan dari Roy Keane. Hargreaves mengalami penurunan karier saat pindah ke Old Trafford.

Man United memboyong Hargreaves dengan mahar 25 juta euro dari Bayern Munchen di musim 2007/2008. Dikontrak selama lima musim, Hargreaves bermain kurang optimal selama membela Man United.

Gelandang bertahan kelahiran Kanada itu hanya memainkan 39 pertandingan bersama Man United. Penampilan yang jauh di bawah harapan itu membuat Hargreaves tak diperpanjang kontraknya oleh Man United.

3 dari 4 halaman

Morgan Schneiderlin

Morgan Schneiderlin (c) Bongarts

Morgan Schneiderlin (c) Bongarts

Sempat digadang-gadang sebagai pembelian sukses Man United, Morgan Schneiderlin justru bermain jauh dari ekspektasi. Gelandang bertahan asal Prancis ini bertahan tidak sampai dua musim sejak kedatangannya.

Schneiderlin diboyong Man United dari Southampton pada musim 2015/2016 seharga 35 juta euro. Tangguh bersama Southampton nyatanya bukan jaminan Schneiderlin cocok di Old Trafford.

Ia hanya memainkan 47 pertandingan bersama Man United. Schneiderlin memilih pindah ke Everton setelah tidak cocok bermain di Man United.

4 dari 4 halaman

Nemanja Matic

Aksi gelandang Manchester United, Nemanja Matic, pada pekan ke-20 Premier League (c) AP Photo

Aksi gelandang Manchester United, Nemanja Matic, pada pekan ke-20 Premier League (c) AP Photo

Nemanja Matic menjadi gelandang bertahan terakhir Man United sebelum era Scott McTominay dan Fred. Matic dibawa Jose Mourinho ke Man United pada musim 2017/2018.

Ditebus Man United dengan mahar 44,7 juta euro, Matic kurang optimal bersama Man United. Bertahan selama lima musim, Matic menorehkan 189 pertandingan bersama Man United.

Permainan Matic di Man United tak sebagus ketika membela Chelsea. Hal ini akhirnya menjadi alasan Matic dilepas secara gratis untuk mengikuti Mourinho ke AS Roma musim ini.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR