BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Rio Ferdinand: Buat Apa Sih Manchester United Membeli Donny van de Beek?

23-03-2021 07:28 | Yaumil Azis

Donny van de Beek (c) AP Photo Donny van de Beek (c) AP Photo

Bola.net - Keputusan Manchester United mendatangkan Donny van de Beek kembali dipertanyakan. Kali ini datangnya dari sang legenda, Rio Ferdinand.

Van de Beek merupakan salah satu bagian dalam generasi emas terbaru Ajax Amsterdam. Bersama Frenkie De Jong, Matthijs De Ligt hingga Hakim Ziyech, ia membantu Ajax melaju hingga babak semifinal Liga Champions tahun 2019.

De Jong dan De Ligt sedang menjalani hidup barunya bersama Barcelona dan Juventus, sementara Ziyech resmi bergabung dengan Chelsea pada awal tahun 2020. Namun Van de Beek harus menunggu sampai musim panas 2020 untuk bisa angkat kaki dari Johan Cruyff ArenA.

Manchester United menjadi tujuannya. Ia diyakini bakalan menjadi bagian penting dalam tubuh the Red Devils. Tetapi, kiprahnya di Old Trafford tidak berlangsung manis seperti yang diprediksikan di awal.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Untuk Apa Membeli Van de Beek?

Alih-alih jadi sosok penting di Manchester United, kesempatan bermain Van de Beek malah terbatas. Pemain asal Belanda itu baru mencatatkan dua penampilan sebagai starter dalam ajang Premier League musim ini.

Situasi yang sedang dialami Van de Beek di Old Trafford pun mengundang rasa prihatin dari berbagai pihak, salah satunya Rio Ferdinand. Ia mempertanyakan keputusan Manchester United yang merekrutnya.

"Sudah jelas kalau United lebih menginginkan sosok yang bisa mengisi gelandang sentral di belakang Bruno [Fernandes]," ujar Ferdinand dalam Vibe with FIVE.

"Saya paham, mengingat bahwa harus ada sosok yang mampu melindungi bek sentral dan itu bukan salah satu kekuatan Van de Beek. Tapi itu menimbulkan sebuah pertanyaan: kenapa membeli dia?" lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Mengikuti Kiprah Van de Beek di Ajax

Ferdinand tidak asal berbicara soal kekuatan Van de Beek. Ia mengikuti kiprahnya ketika Ajax berhasil mencapai semifinal Liga Champions. Sebenarnya, ia yakin kalau Van de Beek bisa memberikan kontribusi penting kepada Manchester United.

"Dia sangat impresif saat melakukan tusukan ke kotak penalti, juga caranya bermain lebih mendalam dan mempertahankan bola, membuat permainan terus berjalan," tambah Ferdinand.

"Saya pikir dia bisa menambah nilai ke tim ini, sudah pasti. Dia adalah orang yang bisa membuat gol, dia memiliki peran dalam gol [vs Leicester]. Saat dia masuk ke kotak penalti, dia tahu cara untuk melesakkan bola ke jala gawang," pungkasnya.

(FIVE - via Metro)

KOMENTAR