BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Rapor Skuat Liverpool Saat Jumpa West Ham: Banyak yang Nilainya Merah, Alisson Paling Parah

08-11-2021 04:06 | Dimas Ardi Prasetya

Alisson Becker berusaha memprotes keputusan wasit di laga West Ham vs Liverpool di London Stadium, Minggu (07/11/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Alisson Becker berusaha memprotes keputusan wasit di laga West Ham vs Liverpool di London Stadium, Minggu (07/11/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool dipaksa bertekuk lutut saat bertandang ke markas West Ham di London Stadium, Minggu (07/11/2021) malam WIB.

Liverpool berduel dengan West Ham di pekan ke-11 Premier League 2021-22. Di laga tersebut, The Reds kebobolan lebih dahulu melalui bunuh diri Alisson Becker.

Liverpool kemudian bisa menyamakan skor melalui free kick Trent Alexander-Arnold. Namun West Ham bisa berbalik unggul lagi melalui tendangan Pablo Fornals.

West Ham bisa sekali lagi unggul berkat tandukan Kurt Zouma. Liverpool sempat memiliki harapan untuk comeback berkat gol Divock Origi.

Namun cuma gol itu saja yang bisa mereka ciptakan di babak kedua. West Ham pun akhirnya menang 3-2 atas Liverpool.

Dari laga ini, berapakah rating para pemain Liverpool? Simak laporannya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 12 halaman

Alisson Becker

Rating: 4,5/10

Gol pertama bisa diperdebatkan apakah itu salahnya atau tidak. Sebab Alisson Becker mendapat gangguan dari Michail Antonio dan Angelo Ogbonna.

Yang menjadi pertanyaan adalah gol ketiga. Alisson harusnya sudah mengantisipasi gangguan dari Antonio.

Ia juga mestinya bisa mengantisipasi datangnya bola dengan lebih baik.

2 dari 12 halaman

Trent Alexander-Arnold

Rating: 6.5/10

Trent Alexander-Arnold tampil agresif di laga lawan West Ham ini. Hal tersebut membuahkan hasil dengan raihan satu gol dan satu assist.

Ia harusnya bisa mencatatkan satu assist lagi jika Sadio Mane bisa menanduk bola dengan benar. Namun karena terlalu asyik menyerang, pos bek kanan sering lowong dan menjadi sasaran tembak counter attack lawan.

Namun Trent masih kerap terlihat berusaha untuk track back atau mengejar lawan ketika ada serangan balik.

3 dari 12 halaman

Joel Matip

Rating: 5,5/10

Joel Matip terlihat begitu kerepotan saat harus berduel mematikan Michail Antonio. Sang lawan lebih kuat dan lebih gesit darinya.

Akan tetapi, Matip cukup oke saat bertahan di kotak penalti. Ia beberapa kali berada di tempat yang tepat untuk menghalau bola yang datang ke kotak penaltinya.

Matip juga beberapa kali mencoba membongkar pertahanan dengan membawa bola sampai ke depan. Namun sayang usahanya belum membuahkan hasil.

4 dari 12 halaman

Virgil van Dijk

Rating: 6/10

Di babak pertama, Virgil van Dijk tampak bermain dengan kaki-kaki yang terlihat berat. Di saat ia harusnya berlari secepatnya ke kotak penalti, ia malah terlihat jogging saja.

Di babak kedua, penampilannya membaik. Ia membuat beberapa aksi krusial yang menghentikan West Ham mencetak gol tambahan.

Salah satunya peluang yang didapat Jarrod Bowen. Ia juga sempat menetralkan ancaman Michail Antonio dalam duel satu lawan satu.

5 dari 12 halaman

Andrew Robertson

Rating: 5/10

Andrew Robertson bermain dengan semangat dan energi yang besar. Ia terlihat kerap ikut membombardir pertahanan West Ham di babak pertama.

Sayangnya hal tersebut tak diimbangi oleh umpan-umpan silangnya yang akurat. Ia beberapa kali mencoba mengirim umpan.

Namun lawan bisa menutup jalur umpannya. Kontribusinya makin tak terlihat di babak kedua.

6 dari 12 halaman

Fabinho

Rating: 5,5/10

Fabinho tampil cukup oke di laga ini. Ia bisa memotong serangan-serangan lawan dengan cukup baik dan mendistribusikan bola dengan baik juga.

Akan tetapi kemudian penampilannnya tampak menurun di babak kedua. Ia beberapa kali kehilangan bola di lini tengah.

Tak heran jika ia akhirnya diganti pada menit ke-80. Posisinya kemudian diisi oleh Jordan Henderson yang lebih bertenaga.

7 dari 12 halaman

Jordan Henderson

Rating: 6/10

Tampil enerjik di lini tengah. Ia menjadi mesin serangan bagi Liverpool. Ia pun tercatat di situs WhoScored sebagai pemain yang paling banyak menyentuh bola di laga ini.

Henderson beberapa kali berusaha membantu mengarsiteki serangan Liverpool dari sisi kanan. Ia pun sempat membuat dua umpan ciamik pada Jota dan Mane yang sayang gagal berbuah gol.

Namun di babak kedua, perannya membantu serangan tereduksi. Sebab ia diminta mengisi peran Fabinho.

8 dari 12 halaman

Alex Oxlade-Chamberlain

Rating: 5,5/10

Tampil penuh energi di sisi kiri lapangan tengah Liverpool. Ia cukup merepotkan pertahanan West Ham dengan dribel bolanya yang bagus.

Sayangnya, pergerakannya saat menyerang tak menghasilan apa pun. Ia juga cukup aktif membantu timnya memecah serangan lawan.

Namun ia tak bisa membantu timnya menghidari gol Pablo Fornals. Ox akhirnya ditaarik keluar pada menit ke-69 dan digantikan Thiago Alcantara.

9 dari 12 halaman

Mohamed Salah

Rating: 6/10

Mohamed Salah memang tidak mencetak gol di pertandingan ini. Peluang yang didapatnya pun tak banyak. Akan tetapi Salah tetaplah Salah.

Ia kerap merepotkan pertahanan lawan dengan dribel dan kecepatan larinya. Akan tetapi ia tak bisa berkutik karena harus melawan dua hingga tiga kepungan pemain lawan sekaligus khususnya di babak kedua.

Namun Salah tetap berkontribusi pada laga ini. Gol Trent Alexander-Arnold berawal dari pergerakannya yang memaksa Declan Rice melanggarnya di depan kotak penalti.

10 dari 12 halaman

Diogo Jota

Rating: 5/10

Diogo Jota aktif menjelajah lini depan Liverpool. Ia tak berdiam diri di depan dan kadang berusaha membantu Sadio Mane di kiri. Sayangnya usahanya tak berhasil. Ia seperti kurang klik dengan Mane.

Namunt tak banyak peluang yang bisa didapatkan oleh Jota kali ini. Ia sempat nyaris mencetak gol usai mendapat umpan Henderson namun bola melipir tipis di atas gawang West Ham.

Di babak kedua ia makin tenggelam. Jota akhirnya ditarik keluar pada menit 76 dan digantikan Divock Origi.

11 dari 12 halaman

Sadio Mane

Rating: 4.5/10

Tampil aktif khususnya di babak pertama. Maklum saja, ia sepertinya punya banyak energi setelah di laga lawan Atletico Madrid cuma main separuh babak saja.

Mane banyak menyentuh bola dan tampak bermain bak playmaker. Sayangnya pergerakannya sering tak efektif. Beberapa tembakannya juga mudah diblok lawan.

Mane juga bertanggung jawab atas gol kedua West Ham. Ia yang kehilangan bola dan kemudian lawan bisa melancarkan serangan balik.

Ia memiliki kesempatan untuk bisa menaikkan nilai rapornya di laga ini. Sayangnya bola sundulannya memanfaatkan umpan matang Trent Alexander-Arnold di penghujung laga babak kedua malah meleset dari sasaran.

12 dari 12 halaman

Pemain Pengganti

Divock Origi

Rating: 6/10

Ia masuk menggantikan Diogo Jota pada menit ke-76. Divock Origi mampu merepotkan pertahanan West Ham. Liverpool juga mampu memperkecil keunggulannya dengan aksinya yang cukup oke.

Takumi Minamino

Rating: -

Masuk ke lapangan pada menit ke-80. Waktunya tak cukup banyak untuk memberikan dampak pada permainan Liverpool.

Thiago Alcantara

Rating: 5/10

Masuk menit ke-68 menggantika Alex Oxlade-Chamberlain. Namun ia tak bisa memberikan kontribusi berarti pada laga West Ham vs Liverpool ini.

KOMENTAR