Rapor Pemain Chelsea yang Ditahan Imbang Tottenham: Reece James Bek Kanan Terbaik Kedua di Liga Inggris, Tiga Pemain Baru Tampil Moncer

Abdi Rafi Akmal | 15 Agustus 2022, 01:50
Para pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022) WIB. (c) AP Photo
Para pemain Chelsea merayakan gol ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022) WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Pertandingan antara Chelsea dan Tottenham berakhir sama kuat 2-2 dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-2 di Stamford Bridge, London, Minggu (14/8) malam WIB.

Chelsea sempat dua kali memimpin perolehan skor. Gol debut Kalidou Koulibaly sukses memecah kebuntuan di menit ke-19. Kemudian, Reece James turut menyumbang gol di menit ke-77.

Namun, Tottenham dua kali membuyarkan keunggulan Chelsea. Pierre-Emile Hojbjerg mencetak gol dari luar kotak penalti di menit ke-68. Harry Kane mencetak gol telat di menit ke-90+6.

Meski berbagi satu poin dan mengoleksi sama-sama empat poin di dua laga awal, Tottenham duduk di peringkat ke-4 sedangkan Chelsea di peringkat ke-7 karena perbedaan selisih gol.

Lantas, bagaimana rapor para pemain Chelsea di pertandingan yang sangat ketat ini? Yuk, simak ulasannya di bawah~

1 dari 6 halaman

Kiper

Aksi Edouard Mendy pada laga melawan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2021 (c) AP Photo

Aksi Edouard Mendy pada laga melawan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2021 (c) AP Photo

Edouard Mendy - 7 

Mendy memang kebobolan dua gol dalam pertandingan ini, tetapi dua gol itu pun memang dalam posisi yang sulit untuk diselamatkan oleh kiper-kiper manapun.

Di samping itu, ia tampil luar biasa mengawal gawang Chelsea. Kiper timnas Senegal ini melakukan dua penyelamatan penting.

Kiper berusia 30 tahun ini sukses menghentikan upaya Ryan Sessegnon dalam situasi satu lawan satu pada babak pertama. Di babak kedua, giliran Son Heung-Min yang bisa diatasinya, lagi-lagi dalam posisi satu lawan satu.

2 dari 6 halaman

Bek

Bek Chelsea Kalidou Koulibaly merayakan gol debutnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022).  (c) Chelsea Official

Bek Chelsea Kalidou Koulibaly merayakan gol debutnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022). (c) Chelsea Official

Reece James - 9

James memulai pertandingan sebagai bek tengah sebelah kanan, lalu menjadi wing back kanan di pertengahan babak kedua. Penampilannya sungguh solid, layak dinobatkan sebagai bek kanan terbaik kedua di Liga Inggris di bawah Trent Alexander-Arnold.

Thiago Silva - 7

Silva membuktikan bahwa fisik yang sudah 37 tahun tetap berguna untuk tim. Kegunaan itu ditunjukkan dari pengalamannya menjaga garis pertahanan Chelsea tetap aman, meski bertahan dengan garis yang sangat tinggi.

Kalidou Koulibaly - 8

Chelsea tak salah mendatangkan Koulibaly meski usianya sudah kepala tiga. Koulibaly melakukan sejumlah aksi bertahan yang luar biasa. Ia bahkan mencetak gol perdananya di Chelsea dari situasi sepak pojok.

3 dari 6 halaman

Gelandang

Bek Chelsea Ruben Loftus-Cheek berduel dengan bek Tottenham Ryan Sessegnon dalam lanjutan Premier League 2022/2023 pekan ke-2, Minggu (14/8/2022). (c) AP Photo

Bek Chelsea Ruben Loftus-Cheek berduel dengan bek Tottenham Ryan Sessegnon dalam lanjutan Premier League 2022/2023 pekan ke-2, Minggu (14/8/2022). (c) AP Photo

Ruben Loftus-Cheek - 7

RLC ternyata punya potensi yang sangat baik sebagai wing back kanan selama satu jam pertandingan. Walaupun serangan Chelsea tidak banyak bertumpu di kanan, pemain berusia 26 tahun ini bisa memaksimalkan setiap kesempatan saat serangan berada di sisinya.

Jorginho - 6

Jorginho bukan memiliki penampilan yang buruk, tetapi kontribusinya terhadap serangan Chelsea masih sangat minim. Posisinya di lapangan sudah sangat tinggi untuk bisa memberi impak lebih besar, tetapi hal itu belum terwujud. Sebaliknya, posisinya jadi sangat terekspos oleh para pemain Tottenham.

N'Golo Kante - 6

Sama halnya dengan Jorginho, pemain timnas Prancis tidak begitu menonjol di dalam skuad. Aspek pertahanan yang diharapkan lebih menonjol tidak tampak pada laga tersebut.

Marc Cucurella - 8

Cucurella adalah pemain baru yang seperti bukan pemain baru. Ya, dia sangat fasih bermain di dalam skema Tuchel. Pemain berusia 24 tahun itu memberikan anyaman berkali-kali di tepi kanan pertahanan Tottenham.

4 dari 6 halaman

Penyerang

Ekspresi Raheem Sterling pada laga Chelsea melawan Everton di pekan ke-1 Premier League 2022/2022 (c) AP Photo

Ekspresi Raheem Sterling pada laga Chelsea melawan Everton di pekan ke-1 Premier League 2022/2022 (c) AP Photo

Mason Mount - 7

Mount memberikan penampilan yang cukup untuk permainan Chelsea. Ia memang sempat punya beberapa peluang, tetapi gagal dikonversi jadi gol.

Raheem Sterling - 7

Sterling masih diplot jadi penyerang tengah di Chelsea. Ia nyaris digolongkan jadi bagian paling buruk di tubuhmu, tetapi hal itu yang membuatnya sulit berkembang. Beruntung Sterling sempat mencatatkan satu assist.

Kai Havertz - 7

Havertz kembali menonjolkan permainan terbaik. Ia nyaris mencetak gol dengan mudah, asalkan tendangannya tidak melebar. Havertz juga dengan cepat membangun koordinasi dengan Sterling dan Mount.

5 dari 6 halaman

Pemain Penganti

Christian Pulisic, Conor Gallagher, dan Armando Borja - 6

Tidak banyak yang bisa ditampilkan dari waktu yang sedikit. Ketiga pemain hanya mendapat menit bermain sekitar lima menit pertandingan, sehingga impaknya masih kecil.

Cesar Azpilicueta - 6

Masuknya Azpilicueta di menit ke-73 memberikan keseimbangan bagi Chelsea. RLC bisa ditaruh kembali ke posisi tengah dan James bisa kembali ke wing back kanan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR