BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ralf Rangnick, Kagumi Wenger, Jadi Mentor Klopp

26-11-2021 10:00 | Richard Andreas

Ralf Rangnick (c) AP Photo
Ralf Rangnick (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United dikabarkan bakal segera mencapai kesepakatan dengan Ralf Rangnick untuk jadi pelatih interim. Kedatangan Rangnick diyakini akan memanaskan persaingan Premier League, siapa dia?

Saat ini situasi internal MU sedang bergejolak usai pemecatan Ole Gunnar Solskjaer pekan lalu. Untuk sementara ada Michael Carrick yang dipercaya menangani tim.

Masalahnya, Carrick dinilai tidak cukup bagus untuk menuntun tim hingga akhir musim. MU butuh pelatih interim yang lebih baik supaya mereka bisa mencari kandidat pelatih permanen yang ideal.

Nah pilihan MU jatuh kepada Rangnick, nama besar dalam sepak bola Jerman. Jika bisa mendapatkan Rangnick, MU diyakini bakal sangat beruntung.

1 dari 3 halaman

Kagumi Wenger

Rangnick, pelatih 63 tahun yang sudah kenyang pengalaman dalam sepak bola Jerman. Dia pernah menangani Stuttgart, Schalke, Hanover 96, Hoffenheim, dan RB Leipzig

Sepanjang kariernya, Rangnick telah meraih 7 trofi bersama klub-klub berbeda. Memang tidak terlalu banyak, tapi kualitas utama Rangnick memang bukan soal jadi juara.

Dia adalah sosok visioner yang memahami perkembangan dunia sepak bola. Rangnick bisa membentuk tim yang tepat untuk bersaing jadi juara.

Menariknya, Rangnick pernah magang di Arsenal saat dia masih berusia 21 tahun. Dia menyebut Arsene Wenger sebagai pengaruh besar dalam kariernya sebagai pelatih.

2 dari 3 halaman

Bentuk gegenpressing

Lebih lanjut, Rangnick adalah salah satu pelopor awal gegenpressing, gaya bermain sepak bola khas yang kini dipopulerkan oleh Jurgen Klopp.

Gegenpressing adalah penerapan garis tekanan tinggi untuk menyulitkan lawan dan berusaha merebut bola secepat mungkin. Gaya main ini menuntut gerak koordinatif seluruh tim.

Tahun 2008 silam, Rangnick menuntun Hoffenheim menghajar Dortmund dengan skor telak 4-1. Saat itulah mata Klopp terbuka memahami taktik cerdas Rangnick.

3 dari 3 halaman

Pilihan tepat MU?

Kini, kabarnya Rangnick akan segera bekerja di Old Trafford. Dia akan membawa seluruh pengalaman dan filosofi bermainnya ke MU.

Rangnik hanya akan jadi pelatih interim sampai akhir musim. Lalu dia bakal berperan sebagai konsultan untuk dua tahun berikutnya.

Setelah sekian lama, akhirnya MU mau bekerja dengan cara sepak bola modern. Rangnick akan memimpin pembentukan tim Setan Merah.

Sumber: Daily Mail, Bola

KOMENTAR