Ralf Rangnick di MU: Baru 8 Laga, tapi Sudah Pakai 30 Pemain Berbeda!

Asad Arifin | 18 Januari 2022, 13:38
Manajer Manchester United Ralf Rangnick. (c) AP Photo
Manajer Manchester United Ralf Rangnick. (c) AP Photo

Bola.net - Ralf Rangnick tampaknya masih mencari formula terbaik dalam peran sebagai manajer Manchester United. Sebagai bukti, dari delapan laga yang sudah dimainkan, Rangnick telah memakai 30 pemain berbeda.


Rangnick ditunjuk sebagai manajer baru United pada Desember 2021 lalu. Dia menggantikan peran Ole Gunnar Solskjaer yang didepak karena hasil buruk pada awal musim 2021/2022 ini.

Di United, Rangnick hanya akan bertugas sebagai manajer hingga akhir musim 2021/2022. Namun, setelah itu, dia tidak akan meninggalkan Old Trafford. Sebab, Rangnick bakal punya peran lain yakni sebagai penasehat.

Rangnick telah memakai 30 pemain berbeda di United. Benarkah? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

8 Laga, 30 Pemain!

Skuat Manchester United saat berhadapan dengan Norwich City (c) AP Photo

Rangnick, seperti data yang diambil dari Transfermarkt, baru memainkan delapan laga sebagai manajer United. Hasil yang didapat tidak terlalu buruk, tetapi juga tidak terlalu istimewa.

Dari delapan laga di semua ajang, pria asal Jerman itu membawa United empat kali menang. Empat laga disananya berakhir dengan tiga kali imbang dan sekali kalah.

Yang menarik dari delapan laga yang sudah dimainkan Rangnick di United adalah jumlah pemain yang dipakai. Rangnick telah memakai 30 pemain berbeda. Hanya tersisa tiga pemain di tim utama yang belum pernah dimainkan yakni Paul Pogba, Matej Kovar, dan Bjorn Hardley.

Rangnick tampaknya masih mencari pemain yang cocok dengan skema yang ingin dimainkan. Selain itu, Rangnick juga sempat mencoba banyak pemain muda pada laga tidak menentukan di Liga Champions melawan Young Boys.

2 dari 5 halaman

Orbitkan Pemain Muda

Zidane Iqbal dan Charlie Savage saat hendak dimainkan pada laga melawan Young Boys di Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Rangnick sohor dengan kecermatan dalam mengorbitkan pemain muda. Reputasi itu sudah dibangun ketika dia bekerja di Schalke, Hoffenheim, RB Leipzig, dan klub-klub lain yang memakai jasanya.

Hal yang sama juga terjadi di United. Rangnick telah memberi menit bermain pada Zidane Iqbal dan Charlie Savage yang usianya baru 18 tahun. Mereka tampil pada laga Liga Champions kontra Young Boys.

Salah satu pemain muda -produk akademi- yang mendapat porsi bermain cukup banyak pada era Rangnick adalah Anthony Elanga. Pemain 19 tahun itu tercatat ambil bagian pada lima dari delapan laga Rangnick sebagai manajer United.

3 dari 5 halaman

Hanya Greenwood yang Selalu Bermain

Penyerang Manchester United, Mason Greenwood. (c) AP Photo

Dari delapan laga yang dijalani Ralf Rangnick sebagai manajer United, hanya ada satu pemain yang tidak pernah absen. Pemain itu adalah Mason Greenwood. Dia selalu tampil, baik inti maupun pengganti.

Pada delapan laga yang dimainkan, pemain didikan akademi United itu mencetak satu gol dan assist. Pada beberapa wawancara, Rangnick mengakui bahwa Greenwood punya potensi yang cukup besar.

Sementara, David de Gea menjadi pemain kedua yang paling sering bermain. De Gea memainkan tujuh laga dan semuanya sebagai pemain inti. Kiper asal Spanyol juga tidak pernah diganti.

4 dari 5 halaman

Bagaiamana dengan Ronaldo?

Salah satu reaksi Cristiano Ronaldo pada laga pekan ke-19 Premier League antara Newcastle vs Manchester United (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo tetap menjadi tumpuan bagi Rangnick. Ronaldo adalah andalan di lini depan, jika kondisinya bugar. Ronaldo sendiri absen pada dua laga terakhir United karena mengalami cedera.

Ronaldo ambil bagian pada lima dari tujuh laga Rangnick sebagai manajer United. Pemain asal Portugal itu mampu mencetak dua gol dan satu assist. Semua penampilan Ronaldo terjadi pada laga Premier League.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR