BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rahasia Gol Tendangan Bebas Bruno Fernandes: Latihan Ekstra dan Bisikan Cavani

25-01-2021 08:00 | Richard Andreas

Bruno Fernandes saat mengeksekusi free kick di laga Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo Bruno Fernandes saat mengeksekusi free kick di laga Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Bruno Fernandes mencetak gol tendangan bebas spektakuler yang jadi kunci kemenangan Manchester United atas Liverpool, Senin (25/1/2021) dini hari WIB. Gol ini datang berkat latihan keras dan saran dari rekan.

Kali ini MU mengusir Liverpool dari putaran keempat FA Cup lewat kemenangan 3-2. Liverpool unggul lebih dahulu (1-0), MU berbalik unggul (2-1), lalu laga sempat imbang 2-2 di pertengahan babak kedua. 

Lalu Bruno masuk di pertengahan babak kedua dan di menit ke-77 MU mendapatkan kesempatan tendangan bebas tepat di tepi kotak penalti.

Eksekusi Bruno luar biasa, pagar hidup Liverpool tak berkutik, Alisson Becker pun tak mampu menghentikan bola. Gol inilah yang kemudian membungkus kemenangan MU.

1 dari 11 halaman

Latihan setiap hari

Bruno menegaskan bahwa gol tendangan bebas ini tidak datang tiba-tiba. Dia berlatih keras setiap hari, bahkan bertahan di lapangan latihan lebih lama dari jadwal seharusnya khusus untuk melatih tendangan bebas.

"Hampir setiap hari saya berlatih tendangan bebas, terkadang dia [Solskjaer] sampai harus mengusir saya dari sesi latihan supaya berhenti," ujar Bruno kepada MUTV.

"Saya selalu melatih situasi seperti itu. Saya suka menonton dan belajar dari Juan [Mata]. Dia merupakan spesialis tendangan bebas yang sangat bagus, saya dan Juan sering berlatih lebih lama."

"Juga Rashy, Alex [Telles], Fred, meski saya kira Fred melakukannya hanya untuk bersenang-senang," imbuhnya.

2 dari 11 halaman

Jarak dekat untuk Bruno

Dari latihan rutin itu, terbagi beberapa eksekutor tendangan bebas untuk MU. Bruno muncul sebagai spesialis tendangan jarak dekat yang lebih mengutamakan teknik daripada power.

"Biasanya, tendangan jarak jauh lebih cocok untuk Rashy, bagi saya dan jenis tendangan saya, lebih baik jika jaraknya lebih dekat dengan kotak penalti," lanjut Bruno.

"Jika Juan atau Alex ada di lapangan, mereka pun punya kesempatan menendang dari sisi kanan."

3 dari 11 halaman

Saran Cavani

Uniknya, gol tendangan bebas Bruno kali ini terbantu oleh saran Cavani di lapangan. Alisson kiper tangguh, Bruno harus memilih titik yang tepat, dan kali ini Cavani memberikan saran sempurna.

"Edi [Cavani] sebelum tendangan bebas berkata pada saya: 'coba tendangan keras ke sisi kiper'. Saya mencoba itu dan jadi gol," sambung Bruno.

"Kami punya banyak eksekutor tendangan bebas bagus, tergantung pada momennya, pada momen itu saya merasa baik," tutupnya.

4 dari 11 halaman

Kata Ole

Bukan hanya Bruno yang bicara, sang pelatih, OIe Gunnar Solskjaer, pun membeberkan kerja keras sang gelandang. Solskjaer menjelaskan bahwa tepat sebelum laga ini Bruno berlatih ekstra setidaknya selama 45 menit hanya untuk tendangan bebas.

"Gol hebat, tendangan bebas hebat. Persoalannya adalah Anda harus membiarkan dia, seperti yang saya lakukan kali ini," kata Solskjaer.

"Saya kira dia bertahan sampai 45 menit setelah latihan kemarin untuk menembak tendangan bebas, jadi saya cukup yakin dia akan menembak tepat sasaran."

"Jika dia jadi starter setelah sesi latihan terakhir, saya selalu memaksanya mengakiri latihan, dia tidak pernah dibiarkan berlatih terlalu banyak. Kemarin dia berlatih ekstra dan hasilnya bagus," tutupnya.

5 dari 11 halaman

Senyum Bruno dan MU

6 dari 11 halaman

Bruno terlibat dalam 25 gol

7 dari 11 halaman

Gak buruk kok lawan tim besar

8 dari 11 halaman

MU lagi dapat momentum, Bruno terbaik

9 dari 11 halaman

Tuh kan latihan ekstra

10 dari 11 halaman

Mirip Ole

11 dari 11 halaman

Pemain terbaik di Inggris nih?

Sumber: MUTV, BBC, Opta, Squawka, Twitter

KOMENTAR