BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Punya Bukayo Saka, Beruntungnya Arsenal dan Arteta!

12-10-2021 04:30 | Richard Andreas

Ekspresi Bukayo Saka usai membobol gawang Tottenham, Minggu (26/9/2021) (c) AP Photo
Ekspresi Bukayo Saka usai membobol gawang Tottenham, Minggu (26/9/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal diyakini sangat beruntung memiliki pemain sekelas Bukayo Saka. Mikel Arteta seharusnya mampu memaksimalkan potensi pemain muda Inggris tersebut.

Betapa tidak, baru berusia 20 tahun, Saka sudah menunjukkan potensi luar biasa. Dia baru debut di Premier League pada awal tahun 2019, kini dalam dua tahun sudah berkembang pesat sebagai pemain potensial.

Saka terbukti jadi salah satu pemain muda yang dapat diandalkan Gareth Southgate di Timnas Inggris. Dia tampil apik di Euro 2020 lalu dan melanjutkan performa itu di jeda internasional baru-baru ini.

Menariknya, Saka sudah mengisi beberapa posisi sejauh ini. Seharusnya kemampuan inilah yang menguntungkan bagi Arsenal.

1 dari 2 halaman

Saka si serbabisa

Mengutip Football London, sejauh ini Saka sudah mengisi 5 posisi berbeda di lapangan. Dia pernah bermain sebagai bek kiri, bek kanan, gelandang sentral, winger kiri, winger kanan, dan si no.10.

Dalam beberapa kesempatan tersebut, misalnya sebagai bek sayap, Saka dipilih untuk mengisi slot pemain yang cedera. Menariknya, dia bermain sangat baik di posisi barunya dan kembali dipercaya di laga berikut.

Meski begitu, posisi asli Saka adalah sebagai penyerang sayap, baik di kanan maupun di kiri. Arteta juga beberapa kali memainkannya sebagai penyerang tengah.

Dalam waktu dua tahun lebih ini Saka sudah mengoleksi satu trofi FA Cup dan Community Shield dan masuk nominasi Golden Boy.

2 dari 2 halaman

Untungkan Arsenal dan Arteta

Menariknya, hingga kini posisi terbaik Saka masih diperdebatkan. Dia bermain sama baiknya di beberapa posisi tersebut, jadi tidak mudah memilih satu posisi khusus untuknya.

Seharusnya keserbabisaan Saka ini jadi keuntungan ekstra untuk Arsenal dan Arteta. Terlebih, sejauh ini Arteta belum menemukan winger kanan yang tepat.

Saka mungkin bisa diturunkan di posisi tersebut, menggantikan Nicolas Pepe yang beberapa kali bermain inkonsisten. Kontribusi umpan silang Saka juga relatif lebih banyak.

Selain itu, Saka selalu bisa diandalkan ketika ada pemain cedera. Dia siap menggantikan posisi Tierney, Tomiyasu, dan Aubameyang. Pemains seperti ini jadi aset yang sangat menguntungkan.

Sumber: Football London

KOMENTAR