BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pujian Jurgen Klopp untuk Skuad Liverpool yang Dukung Gerakan Melawan Rasisme

06-06-2020 05:50 | Ari Prayoga

Jurgen Klopp (c) AP Photo Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp memuji para pemainnya yang berlutut di tengah lapangan Anfield sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan melawan tindakan rasisme.

Gerakan ini bermula dari aksi protes masyarakat Minneapolis, Amerika Serikat terhadap kematian seorang warga berkulit hitam bernama George Floyd yang tengah dalam penangkapan polisi.

Aksi protes ini dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari unjuk rasa hingga penjarahan. Tindakan represif yang dilakukan aparat justru membuat gelombang protes semakin kencang.

1 dari 2 halaman

Hal Biasa di Liverpool

Klopp mengaku tak kaget dengan inisiatif dari pemainnya untuk melakukan aksi dukungan terhadap gerakan #BlackLivesMatter ini karena hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa di skuad The Reds.

"Bagi kami, berurusan dengan satu sama lain dan Black Lives Matter sangat natural, terutama jika Anda melihat tim kami: kami memiliki pemain dari Afrika, dari Inggris dan seterusnya dengan latar belakang yang sama," ujar Klopp kepada Sky Sports.

"Sudah sangat natural bagi kami, karena itu awalnya kami bahkan tak berpikir soal mengirimkan sebuah pesan. Namun, anak-anak kemudian terpukul. Secara spontan mereka sepakat melakukan aksi ini," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Kebanggaan Jurgen Klopp

Liverpool menjadi tim Premier League pertama yang menyuarakan dukungan ini, yang kemudian diikuti sejumlah klub lain. Aksi pun membuat Klopp bangga terhadap tim asuhannya.

"Sejak lama saya sudah sangat bangga terhadap tim saya, tapi aksi itu merupakan momen yang luar biasa," tutur Klopp.

"Ketika saya menyaksikan mereka dan foto tersebut diambil. Lalu saya merasa sangat bangga karena itu juga merupakan sebuah pesan yang penting," tukasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR