BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Protes Guardiola Terhadap UEFA: Buat Setahun Jadi 400 Hari Saja

24-04-2021 06:00 | Richard Andreas

Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Bola.net - Josep Guardiola mengecam UEFA terkait jadwal pertandingan yang terlalu padat. Dia merasa sepak bola harus berubah, khususnya setelah polemik European Super League (ESL) kemarin.

ESL saat ini sedang dalam mode stand-by, artinya belum bisa dilangsungkan sesuai rencana. Namun yang perlu disorot adalah pergerakan UEFA.

Di tengah kisruh ESL selama 48 jam kemarin, UEFA mengumumkan perubahan format UCL sejak tahun 2024 nanti.

Bakal ada lebih banyak pertandingan. 32 tim diubah jadi 36 tim, fase grup diganti menjadi liga, dan setiap tim akan bermain setidaknya 10 pertandingan.

1 dari 3 halaman

Buat jadi 400 hari saja

Guardiola tampak kesal dengan keputusan UEFA tersebut. Sebenarnya keputusan UEFA ini tidak lebih baik dari gagasan ESL, bahkan mungkin sama buruknya. Pemain sama-sama dirugikan, diperas tenaganya.

"Masalahnya sama di setiap waktu. Semua pelatih dan pemain meminta sepak bola yang lebih berkualitas, tetapi dunia sepak bola menginginkan kuantitas," kata Pep kepada Sky Sports.

"Namun, kami tidak bisa mengambil keputusan soal itu. Kami harus bertanya kepada UEFA dan FIFA untuk menambah panjang tahun, mungkin bisa jadi 400 hari setahun."

"Mungkin mereka bisa menemukan solusi untuk itu," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Sepak bola sebagai bisnis

Guardiola pun mengutarakan fakta yang selama ini coba ditutup-tutupi. Dia mengakui dengan tegas bahwa sepak bola sekarang adalah ladang bisnis bagi pihak-pihak tertentu.

"Setiap orang dalam pekerjaannya harus menemukan keseimbangan itu. Sepak bola adalah bisnis. Kita tidak bisa membantah bahwa sepak bola adalah bisnis," sambung Pep.

"Semua klub dan semua fans menginginkan pemain terbaik. Namun, untuk mendapatkan itu Anda membutuhkan investasi. Semua klub melakukannya."

3 dari 3 halaman

Harus diubah

Sebelumnya, salah satu pemain Man City, Ilkay Gundogan, menyuarakan protesnya terhadap format baru UCL di media sosial.

"Setiap tim punya kualitas, layak bermain. Setelahnya, biarlah orang-orang yang bertanggung jawab dengan otak bijak dan cerdas memutuskan apa yang terbaik untuk sepak bola," tutup Pep

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR