BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Protes ESL, Leeds United Pakai 'Merseyside Reds' untuk Gantikan Liverpool

20-04-2021 07:15 | Asad Arifin

Aksi Sadio Mane dalam laga Leeds vs Liverpool, Selasa (20/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo Aksi Sadio Mane dalam laga Leeds vs Liverpool, Selasa (20/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Leeds United bersuara keras terkait rencana digulirkannya European Super League [ESL]. Bahkan, mereka tak lagi memakai nama Liverpool di akun media sosial dan menggantinya dengan julukan Merseyside Reds.

Leeds menjamu Liverpool pada duel pekan ke-32 Premier League, Selasa (20/4/2021) dini hari WIB. Laga yang digelar di Elland Road berakhir dengan skor imbang 1-1.

Leeds tertinggal lebih dulu pada menit ke-31 lewat gol Sadio Mane. Namun, tiga menit jelang waktu normal usai, pasukan Marcelo Bielsa menyamakan skor. Gol Leeds dicetak oleh Diego Llorente.

1 dari 5 halaman

Pakai Merseyside Reds

Aksi protes skuad Leeds United, Selasa (20/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo Aksi protes skuad Leeds United, Selasa (20/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Leeds rupanya menjadikan laga lawan Liverpool sebagai panggung protes. Mereka protes pada rencana sejumlah klub elite Eropa menggulirkan ESL atau Liga Super Eropa sebagai pengganti Liga Champions.

Protes Leeds nampak pada kaus yang dipakai para pemain saat pemanasan. Ada pesan nyata yang tertulis pada bagian punggung dan dada. Ada logo Liga Champions pada bagian dada dan kata 'Earn It'.

Sementara, di bagian punggung, ada pesan yang tidak kalah penting. Leeds menuliskan 'Football is for the Fans' atau 'Sepak bola untuk fans'.

Di media sosial, akun resmi Leeds, mereka bahkan tidak menyebut kata Liverpool. Sebagai gantinya, Leeds memilih julukan Merseyside Reds. "Leeds Leeds menahan tim Liga Super Merseyside Reds dengan hasil imbang 1-1," tulis akun resmi Leeds.

2 dari 5 halaman

Beragam Protes Lain

Protes European Super League di atas markas Leeds United, Selasa (20/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo Protes European Super League di atas markas Leeds United, Selasa (20/4/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Tak cuma kaus, Leeds juga melakukan protes ala mereka dengan membentangkan banner raksasa bertuliskan 'Raihlah di Lapangan' di tribun Elland Road.

Parade protes terhadap European Super League di Elland Road ditutup dengan melintasnya pesawat terbang ketika pertandingan baru dimulai.

Pesawat tersebut membawa spanduk yang terbentang bertuliskan #SayNoToSuperLeague.

Selain itu, para pemain Leeds pun memberikan komentar yang menyindir rencana digulirkannya ESL. Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

3 dari 5 halaman

Football is for the fans!

4 dari 5 halaman

We earned it

5 dari 5 halaman

For the fans

Sumber: Twitter

KOMENTAR