Profil Tim Premier League 2021/22: Liverpool

Serafin Unus Pasi | 12 Agustus 2021, 14:10
Skuad Liverpool merayakan kemenangan atas Mainz di laga pramusim jelang 2021/22 (c) Liverpool FC
Skuad Liverpool merayakan kemenangan atas Mainz di laga pramusim jelang 2021/22 (c) Liverpool FC

Bola.net - Dalam hitungan kurang dari dua hari. Gelaran Premier League musim 2021/22 akan segera dimulai. Seluruh tim, termasuk raksasa Inggris, Liverpool mencoba memantapkan skuad mereka dengan menambah amunisi mereka serta melakukan pertandingan pramusim.


Liverpool yang musim lalu bertengger pada posisi ketiga klasemen Liga Inggris, juga harus menerima kenyataan pahit setelah pada gelaran Liga Champions, mereka dikalahkan oleh Real Madrid dengan agregat 3-1 pada lanjutan perempat final.

The Reds yang gagal mempertahankan gelar Liga Inggris mereka musim lalu kembali bertekad merasakan jadi jawara Inggris lagi. Di musim ini Liverpool dipastikan akan kembali bersaing bersama Chelsea, Manchester United, dan Manchester City untuk merebut gelar tersebut.

Skuad asuhan Jurgen Klopp tersebut sendiri sudah melakukan berbagai tur pramusim, serta mendapatkan kabar baik dari kembalinya bek tengah andalan mereka Virgil van Dijk.

Setelah melakukan berbagai transfer untuk menambah daya mereka, dalam tur pramusim juga menjadi ajang untuk Klopp melirik pemain muda yang sekiranya bisa bermain mengisi skuad utama The Reds. Berikut catatan kami terkait persiapan dari Liverpool menjelang Premier League musim 2021/22. Simaklah dibawah ini.

1 dari 6 halaman

Pramusim

Roberto Firmino dan Kostas Tsimikas (c) LFC

Liverpool bermain cukup baik dalam tur pramusim mereka. Dari empat pertemuan mereka mendapatkan dua kemenangan, satu kali imbang, dan satu kali kalah.

Pertandingan pertama mereka dalam pramusim diwarnai dengan kemenangan The Reds atas Mainz dengan skor tipis 1-0 lewat gol bunuh diri dari Luca Killian (85).

Selanjutnya, skuad Klopp, mengalami kekalahan dalam pertandingan kedua mereka menghadapi Hertha. Pertandingan tersebut cukup sengit setelah kedua tim saling balas membalas gol dan berakhir dengan skor 4-3 dari Hertha.

Ketujuh gol tersebut dicetak oleh, Santiago Ascacibar (21), Suat Serdar (31), dan Stevan Jovetic (66, 80) untuk Hertha, sedangkan gol dari Liverpool dicetak oleh, Sadio Mane (37), Takumi Minamino (42), dan Alex Oxlade -Chamberlain (88).

Setelah itu, pada pertandingan ketiga dari Liverpool mereka meraih hasil seri melawan klub asal Spanyol Athletic Club dengan skor 1-1 gol tersebut dicetak oleh Diogo Jota (13) untuk Liverpool, lalu Alejandro Berenguer Remiro (53) untuk Athletic Club.

Liverpool kembali meraih kemenangan kedua mereka setelah pada pertandingan terakhir, The Reds berhasil menang atas Osasuna dengan skor 3-1. Kemenangan dari skuad asuhan Klopp tersebut sendiri berkat tiga gol yang dicetak oleh, gol bunuh diri Jesus Areso Blanco (14) dan Roberto Firmino (21, 41) sementara itu satu gol dari Osasuna sendiri dicetak oleh Kike (70).

2 dari 6 halaman

Aktivitas Jendela Transfer

Ibrahima Konate. (c) LFC

Liverpool memang sedang mengalami krisis bek tengah yang mampu menggantikan seorang Virgil saat menepi akibat cedera. Musim ini Liverpool mendatangkan Ibrahima Konate dari RB Leipzig.

Sebelum resmi bergabung, Konate sebelumnya menjadi incaran berbagai pihak seperti Real Madrid, Barcelona, dan Manchester United. Namun pada akhirnya, bek tengah yang masih berusia 22 tahun tersebut memutuskan bergabung dengan The Reds dengan mahar 40 juta euro.

Kedatangan Konate sendiri bisa menjadi nilai plus dari Jurgen Klopp untuk memasangkan dirinya bersama Virgil sebagai pertahanan yang kuat untuk Liverpool.

Selain itu, Liverpool sendiri sebelumnya juga kehilangan gelandang sentral andalan mereka Georginio Wijnaldum yang memutuskan untuk berseragam PSG beberapa waktu lalu secara gratis.

Selain itu, The Reds juga melepas Marko Grujic setelah Porto memutuskan untuk mempermanenkan dirinya dengan harga 9 juta euro. Selain itu winger muda Liverpool Harry Wilson yang sempat dipinjamkan Cardiff, memutuskan meninggalkan Anfield dan bergabung dengan Fulham dengan mahar 14 juta euro.

Transfer Masuk:

  • Ibrahima Konate (Rb Leipzig, 40 juta euro)

Transfer Keluar:

  • Georginio Wijnaldum (PSG, Free Transfer)
  • Harry Wilson (Fulham, 14 juta euro)
  • Marko Grujic (Porto, 9 juta euro)
  • Taiwo Awoniyi (Union Berlin, 6.5 juta euro)
3 dari 6 halaman

Informasi Tim

Bek Liverpool, Virgil van Dijk (c) AP Photo

Liverpool sebelumnya menunggu seorang Virgil van Dijk untuk pulih dari cidera yang ia derita. Meskipun mereka memiliki seorang Joel Matip dan Joe Gomez, kedua bek tengah tersebut masih kurang efektif ketimbang kehadiran dari Virgil.

Virgil sebelumnya menjadi salah satu faktor utama Liverpool gagal menjuarai Liga Inggris dan gagal untuk melaju ke semifinal melawan Real Madrid. Cedera ACL dari Virgil membuat Klopp kehilangan dirinya cukup lama yang membuat Liverpool dan Alisson mengalami kesulitan dalam menjaga gawang mereka.

Joel Matip dan Joe Gomez yang dinilai bisa menjadi pengganti yang cukup baik, justru juga beberapa kali mengalami cedera yang membuat Liverpool mengalami krisis bek tengah. Beruntung The Reds merekrut seorang Konate yang membuat lini belakang Liverpool sedikit lebih kokoh dengan duetnya bersama Virgil nanti.

4 dari 6 halaman

Player to Watch: Mohamed Salah

Pemain Liverpool Mohamed Salah melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Newcastle di Premier League, Sabtu (24/4/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Sejak awal kedatangannya, Salah masih menjadi tumpuan utama dari Liverpool bersama Firmino serta Mane. Penampilannya yang konsisten membuat Klopp sangat senang memainkan dirinya di setiap pertandingan.

Sebagai catatan, musim lalu Salah mencetak 31 gol dan enam assist dalam 51 pertandingan yang ia mainkan di seluruh kompetisi bersama Liverpool. ia juga menjadi bagian dari daftar top skor liga inggris yang berada pada posisi kedua dibawah Harry Kane dengan 22 gol.

Penampilan Salah yang mengandalkan kecepatan serta dribbling dan akurasi tendangannya yang baik, dipastikan pemain asal Mesir tersebut akan menjadi bintang utama dari The Reds dalam perebutan juara Liga Inggris 2021/22.

5 dari 6 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Diogo Jota dan Sadio Mane merayakan gol Liverpool ke gawang Bologna di Camille Fournier Stadium, Evian, Prancis, Kamis (05/08/2021) malam WIB. (c) Liverpoolfc.com

Jurgen Klopp kemungkinan masih berpegang pada trio pilar mereka Salah, Mane, dan Firmino. Selain itu, meskipun Wijnaldum pergi meninggalkan Liverpool, kemungkinan Henderson akan bermain pada posisi sentral dan menjadi duet bersama Thiago dan ditemani oleh gelandang bertahan mereka Fabinho.

Di posisi bek, Virgil akan dipercayai Klopp untuk menjadi pilar utama pada posisi pertahanan yang kemungkinan akan dipasangkan dengan bek anyar mereka Konate. Sedangkan untuk bek sayap kemungkinan Robertson dan Arnold masih menjadi kepercayaan utama dari Klopp.

Formasi 4-3-3

Pemain: Alisson, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Trent Alexander-Arnold, Andrew Robertson, Fabinho, Thiago Alcantara, Henderson, Jordan Henderson, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Pelatih: Jurgen Klopp

6 dari 6 halaman

Prediksi Musim Depan

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Liverpool adalah salah satu kandidat kuat juara untuk musim 2021/22. Skuat mereka tidak banyak berubah dari musim 2019/20 saat mereka menjadi juara sehingga skuat The Reds cukup kompetitif di musim depan.

Masalahnya pada musim lalu, Liverpool terkena badai cedera terutama di bagian sektor pertahanan mereka. Dari situ terlihat bahwa Liverpool terlalu bergantung pada sosok Virgil van Dijk sehingga PR besar Klopp adalah bagaimana membuat pertahanan Liverpool tetap kokoh seandainya van Dijk kembali cedera.

Dengan kedatangan Ibrahima Konate, Liverpool kini punya pertahanan yang lebih solid. Namun PR besar Klopp adalah membangkitkan kembali ketajaman trio Firmansah yang musim lalu agak menurun. Jika situasi ini bisa diatasi, besar kemungkinan Liverpool jadi kandidat kuat juara sekaligus melangkah jauh di ajang EPL.

Pada laga awal mereka pada 14 Agustus melawan Norwich akan menjadi ajang pembuktian bagi Klopp bersama skuad mereka, sejauh mana hasrat mereka untuk merebut kembali title tersebut.

(Bola.net/Risditya)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR