BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Profil Manchester United dan Prediksi di Premier League 2020/21

19-09-2020 09:00 | Serafin Unus Pasi

Manchester United (c) AP Photo Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United akan memulai perjalanan mereka di Premier League musim 2020/21. Setan Merah menatap optimistis bahwa musim ini mereka bisa bicara lebih banyak di Premier League.

Tujuh tahun yang lalu adalah terakhir kalinya Manchester United memenangkan gelar juara EPL mereka. Setelah itu, jangankan menjadi juara, masuk zona liga Champions saja mereka ngos-ngosan.

Namun ada sejumlah alasan kenapa Manchester United bisa menatap optimistis musim 2020/21. Hal itu tercermin dari pencapaian mereka di musim 2019/20.

Setan Merah mengawali musim 2019/20 dengan kemenangan 4-0 atas Chelsea. Namun setelah itu performa setan merah cenderung merosot, dan bahkan mereka sempat nyaris masuk ke zona degradasi.

Situasi yang tidak konsisten ini bertahan hingga akhir tahun 2019. Sebelum peruntungan Setan Merah berubah di paruh kedua, di mana mereka berhasil mencatatkan 14 laga tanpa kekalahan di ajang EPL, sehingga mereka yang semula berada di papan tengah berhasil finish di peringkat tiga.

Modal United jelang musim 2020/21 tidak hanya sekedar finish di peringkat tiga EPL. Setan Merah juga berhasil menembus tiga partai semi final, yaitu Carabao Cup, FA Cup dan Liga Europa, kendati mereka harus gugur di semua semi final tersebut.

Pahitnya tiga kekalahan di semi final akan menjadi modal berharga Setan Merah untuk menyongsong musim baru. Meski belum menjadi juara, mereka sudah tahu apa yang diperlukan untuk menjadi tim yang lebih baik di musim baru ini.

Catatan positif United musim lalu yang perlu diperhatikan adalah para pemain muda mereka. Kepercayaan Ole Gunnar Solskjaer mengorbitkan sejumlah pemain muda di timnya terbukti ampuh, di mana pemain-pemain seperti Marcus Rashford, Anthony Martial dan Mason Greenwood bersinar cerah di lini serang MU musim lalu. Dengan jam terbang yang cukup tinggi musim lalu, mereka sudah semakin matang untuk tampil di musim 2020/21.

1 dari 5 halaman

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Untuk musim 2020/21 ini, Manchester United masih akan ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Ini merupakan musim ketiga (atau tepatnya musim dua setengah) Solskjaer di Manchester United. Dan pada musim ini ia akan kembali dinilai apakah ia memang layak menangani Setan Merah.

Di musim penuh perdananya, Solskjaer nyaris mendapatkan pemecatan, setelah Setan Merah nyaris masuk zona degradasi di paruh pertama musim 2019/20. Suara-suara sumbang dari supporter memintanya dipecat mulai menggema, bentuk ketidakpuasan mereka terhadap performa Setan Merah.

Namun manajemen Setan Merah memilih tetap percaya kepada manajer asal Norwegia. Dan pelatih yang dahulu dikenal sebagai 'The Baby Faced Assasin' membayar kepercayaan itu, dengan membawa United finish di peringkat tiga klasemen akhir EPL.

Salah satu kekuatan Solskjaer adalah kejeliannya dalam transfer pemain. Empat rekrutan pertamanya terbukti menghasilkan nilai tambah yang besar bagi United musim lalu. Menarik untuk ditunggu pemain-pemain mana yang diincar Solskjaer dan bagaimana mereka akan diintegrasikan dalam skuat Setan Merah.

2 dari 5 halaman

Pemain Bintang: Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes. (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes. (c) AP Photo

Jika kita bicara pemain yang bakal menjadi pusat permainan MU di musim 2020/21, tidak berlebihan jika menyebut pemain itu adalah Bruno Fernandes.

Didatangkan di bursa transfer Januari kemarin, playmaker asal Portugal itu langsung menjadi pembeda bagi Setan Merah. Ia berhasil memberikan nyawa baru untuk Setan Merah.

Hanya dalam waktu setengah musim, Fernandes berhasil mengemas 12 gol dan delapan assist. Bisa bayangkan jika bermain satu musim penuh?

Namun satu kendala Bruno Fernandes musim lalu adalah ia terlalu 'dikuras' oleh Solskjaer, di mana ia bermain hampir di semua pertandingan Setan Merah. Namun musim ini Solskjaer mendatangkan Donny van de Beek sebagai pelapis Fernandes, sehingga playmaker ini bisa berkontribusi lebih optimal bagi Setan Merah.

3 dari 5 halaman

Aktivitas Transfer

Ole Gunnar Solskjaer dan Donny van de Beek (c) MUFC Official Ole Gunnar Solskjaer dan Donny van de Beek (c) MUFC Official

Transfer Masuk:
Donny van de Beek (Ajax Amsterdam)

Transfer Keluar
Alexis Sanchez (Inter Milan)
Angel Gomes (Free Agent, Lille)
Largie Ramazani (Free Agent, Almeria)
James Garner (Watford, Peminjaman)
Tahith Chong (Werder Bremen, Peminjaman)
Dylan Levitt (Charlton Athletic, Peminjaman)
Joel Pereira (Huddersfield Town, Peminjaman)
Matej Kovar (Swindon Town, Peminjaman)
Aliou Traore (Caen, Peminjaman)

4 dari 5 halaman

Prediksi Klasemen

Skuad Manchester United Vs Copenhagen (c) AP Photo Skuad Manchester United Vs Copenhagen (c) AP Photo

Melihat performa Manchester United musim lalu, terutama di paruh kedua musim 2019/20, banyak yang menjagokan mereka bisa bicara banyak di EPL musim ini.

Namun untuk menjadi calon juara EPL musim ini masih terlalu muluk-muluk bagi Setan Merah. Karena sejauh ini, mereka hanya mendapatkan Donny van de Beek di bursa transfer. Sementara Liverpool dan Manchester City mendatangkan sejumlah pemain berkualitas.

Kecuali United mendatangkan beberapa pemain berkualitas sebelum bursa transfer ditutup, sulit rasanya melihat mereka menjadi penantang gelar yang serius. Belum lagi mereka harus membagi fokus di Liga Champions, di mana mereka tidak bisa memainkan tim lapis dua di UCL seperti yang mereka lakukan di Liga Europa musim lalu.

Melihat sejumlah fakta tersebut, kami merasa United kemungkinan besar masih akan masuk empat besar musim depan, dengan peringkat tiga menjadi peringkat yang paling realistis untuk Setan Merah.

5 dari 5 halaman

Jadwal Lima Pertandingan Pertama MU di EPL

  • 19/09/20 Manchester United vs Crystal Palace
  • 26/09/20 Brighton vs Manchester United
  • 03/10/20 Manchester United vs Tottenham
  • 17/10/20 Newcastle United vs Manchester United
  • 24/10/20 Manchester United vs Chelsea

KOMENTAR