BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Premier League Lambat Bertindak, Wayne Rooney Geram Pemain Dianggap Kelinci Percobaan

16-03-2020 10:00 | Richard Andreas

Pemain kunci Derby County, Wayne Rooney (c) AP Photo Pemain kunci Derby County, Wayne Rooney (c) AP Photo

Bola.net - Wayne Rooney melayangkan kritik terhadap otoritas sepak bola Inggris yang butuh waktu lama untuk memutuskan menunda pertandingan karena pandemi virus corona. Pada akhirnya dia cukup senang karena penundaan adalah langkah yang tepat.

Premier League dan EFL menunda semua pertandingan sampai 4 April 2020 mendatang. Keputusan ini lahir lewat pertemuan darurat antara perwakilan klub, Jumat (13/3/2020) pekan lalu setelah kasus positif Covid-19 Mikel Arteta dan Callum Hudson-Odoi.

Hanya beberapa jam sebelumnya, Premier League sempat memutuskan untuk tetap melanjutkan pertandingan. Mereka mengikuti instruksi Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, yang jelas-jelas salah langkah.

Keputusan awal inilah yang sempat membuat Rooney geram. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Kelinci Percobaan

Rooney kesal karena Premier League butuh waktu lama untuk memutuskan menunda pertandingan. Dia melihat bagaimana Serie A dan La Liga lebih sigap menghadapi ancaman virus corona.

Mantan pemain Manchester United ini bahkan merasa pesepak bola Inggris sempat dianggap sebagai kelinci percobaan, para petinggi mungkin menilai pemain kebal terhadap ancaman virus corona.

"Setelah pertemuan darurat, setidaknya mereka membuat keputusan tepat. Sebelumnya, rasanya pesepak bola Inggris diperlakukan seperti kelinci percobaan," tegas Rooney kepada Sky Sports.

"Olahraga lain, mulai dari tenis, Fomula One, Rugby, Golf, sepak bola di negara-negara lain, dihentikan sementara, tapi kami diminta tetap bermain."

2 dari 3 halaman

Keputusan Tepat

Saat itu, Rooney dan rekan-rekannya di Derby County mengaku tidak percaya dengan keputusan Boris Johnson yang melanjutkan liga. Untungnya Premier League mengambil langkah sendiri dengan menghentikan pertandingan sementara.

"Di Derby County, kami duduk di sesi latihan hari Kamis, menunggu Boris Johnson berbicara. Orang-orang merasa khawatir," sambung Rooney.

"Untungnya sepak bola membuat keputusan tepat. Musim ini memang harus dihentikan sementara. Memang ada sebagian yang tidak senang, tapi pada kasus ini, sepak bola adalah nomor dua."

3 dari 3 halaman

Kesehatan Banyak Orang

Rooney meyakini tidak banyak yang bisa membantah pendapatnya. Nyawa manusia selalu jadi pertimbangan pertama, sepak bola hanyalah olahraga.

"Sepak bola itu olahraga, hanya olahraga. Jika nyawa banyak orang terancam, itu harus jadi pertimbangan utama," imbuh Rooney.

"Entah Anda bakal menjuarai liga, entah Anda akan menembus zona Eropa, entah Anda akan dipromosikan atau degradasi," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR